Mushola Al-Islah Jl leces no.7 Sonosari Kab.Malang kumpulan doa rezeki,kumpulan doa tasawuf,makrifat,bahasa arab,sejarah kerajaan islam,sejarah kerajaan indonesia,sejarah kebudayaan islam

Jumat, 11 Juli 2025

membaca aksara jawa bagian 4

 1.

Kedandangan wedaring mamanis // Labet saking wus manjing sarira // Suka-suka karemene // Barubah temahipun // nawung wingit ing saben wanci // hing ngungkih panalangsa // napak Darma Gandul //  jumanane lumuntura // sahistane sinaroja hawit dening // labaning Suksma nasa.

꧇꧑꧇꧉

꧋ꦏꦼꦣꦤ꧀ꦝꦔꦤ꧀ꦮꦼꦣꦫꦶꦁꦩꦩꦤꦶꦱ꧀//ꦭꦧꦺꦠ꧀ꦱꦏꦶꦁꦮꦸꦱ꧀ꦩꦚ꧀ꦗꦶꦁꦱꦫꦶꦫ//ꦱꦸꦏꦱꦸꦏꦏꦫꦺꦩꦺꦤꦺ//ꦧꦫꦸꦧꦃꦠꦼꦩꦲꦶꦥꦸꦤ꧀//ꦤꦮꦸꦁꦮꦶꦔꦶꦠ꧀ꦆꦁꦱꦧꦼꦤ꧀ꦮꦚ꧀ꦕꦶ//ꦲꦶꦁꦔꦸꦁꦏꦶꦃꦥꦤꦭꦁꦱ//ꦤꦥꦏ꧀ꦝꦂꦩꦒꦤ꧀ꦝꦸꦭ꧀//ꦗꦸꦩꦤꦤꦺꦭꦸꦩꦸꦤ꧀ꦠꦸꦫ//ꦱꦲꦶꦱ꧀ꦠꦤꦺꦱꦶꦤꦫꦺꦴꦗꦲꦮꦶꦠ꧀ꦝꦼꦤꦶꦁ//ꦭꦧꦤꦶꦁꦱꦸꦏ꧀ꦱ꧀ꦩꦤꦱ꧉

membaca aksara jawa bagian 4


2.
Naham mangkya bubukaning kawi // maha dibya ingkang halul tapa // Kalamwadi jejuluke // kang dadya garwanipun //  Arum – Marum Dyah Perjiwati // asrameng sonya pringga // sajuga ri nudju // sang wiku neng pacrabakan // ingkang ngadep siswa sawiji kang Mursit // putus sakeng guna.

꧇꧒꧇꧉
꧋ꦤꦲꦩ꧀ꦩꦁꦏꦾꦧꦸꦧꦸꦏꦤꦶꦁꦏꦮꦶ//ꦩꦲꦣꦶꦧꦾꦆꦁꦏꦁꦲꦭꦸꦭ꧀ꦠꦥ//ꦏꦭꦩ꧀ꦮꦣꦶꦗꦼꦗꦸꦭꦸꦏꦺ//ꦏꦁꦣꦝꦾꦒꦂꦮꦤꦶꦥꦸꦤ꧀//ꦄꦫꦸꦩ꧀–ꦩꦫꦸꦩ꧀ꦝꦾꦃꦥꦼꦂꦗꦶꦮꦠꦶ//ꦄꦱꦿꦩꦺꦁꦱꦺꦴꦚꦥꦿꦶꦁꦒ//ꦱꦗꦸꦒꦫꦶꦤꦸꦣ꧀ꦗꦸ//ꦱꦁꦮꦶꦏꦸꦤꦺꦁꦥꦕꦿꦧꦏꦤ꧀//ꦆꦁꦏꦁꦔꦣꦺꦥ꧀ꦱꦶꦱ꧀ꦮꦱꦮꦶꦗꦶꦏꦁꦩꦸꦂꦱꦶꦠ꧀//ꦥꦸꦠꦸꦱ꧀ꦱꦏꦺꦁꦒꦸꦤ꧉

Inilah sebagai pembuka ilmu // ada seorang yang sangat sakti ahli bertapa // Yang bernama Kalamwadi// mempunyai isteri yang bernama / Arum-Marum Dyah Perjiwati // bertempat tinggal di Sonyapringga // pada suatu hari // Sang pertapa sedang duduk di ruang pertemuan // yang menghadapnya adalah satu-satunya murid yang sangat cerdas // dan menguasai berbagai keahlian.

꧋ꦆꦤꦶꦭꦃꦱꦼꦧꦒꦻꦥꦼꦩ꧀ꦧꦸꦏꦆꦭ꧀ꦩꦸ//ꦄꦣꦱꦼꦎꦫꦁꦪꦁꦱꦔꦠ꧀ꦱꦏ꧀ꦠꦶꦄꦃꦭꦶꦧꦼꦂꦠꦥ//ꦪꦁꦧꦼꦂꦤꦩꦏꦭꦩ꧀ꦮꦣꦶ//ꦩꦼꦩ꧀ꦥꦸꦚꦻꦆꦱ꧀ꦠꦺꦫꦶꦪꦁꦧꦼꦂꦤꦩ/ꦄꦫꦸꦩ꧀ꦩꦫꦸꦩ꧀ꦝꦾꦃꦥꦼꦂꦗꦶꦮꦠꦶ//ꦧꦼꦂꦠꦼꦩ꧀ꦥꦠ꧀ꦠꦶꦁꦒꦭ꧀ꦝꦶꦱꦺꦴꦚꦥꦿꦶꦁꦒ//ꦥꦣꦱꦸꦮꦠꦸꦲꦫꦶ//ꦱꦁꦥꦼꦂꦠꦥꦱꦼꦣꦁꦣꦸꦣꦸꦏ꧀ꦝꦶꦫꦸꦮꦁꦥꦼꦂꦠꦼꦩꦸꦮꦤ꧀//ꦪꦁꦩꦼꦁꦲꦣꦥ꧀ꦚꦄꦣꦭꦃꦱꦠꦸꦱꦠꦸꦚꦩꦸꦫꦶꦣ꧀ꦪꦁꦱꦔꦠ꧀ꦕꦼꦂꦣꦱ꧀//ꦣꦤ꧀ꦩꦼꦔꦸꦮꦱꦻꦧꦼꦂꦧꦒꦻꦏꦼꦄꦃꦭꦶꦪꦤ꧀꧈

3.
Darmagandul pepabarabireki // nala wingit limpat  grahitanya // lan sang dwija meh tan pae // marma kasok sihipun // wus prasasat joga pribadi // rinten ratri datan sah // neng ngarsa sang wiku // samana sang siswa tama // lagya ana kang dadya ribenging galih // lon matur mring sang tapa.

꧇꧓꧇꧉
꧋ꦣꦂꦩꦒꦤ꧀ꦝꦸꦭ꧀ꦥꦼꦥꦧꦫꦧꦶꦫꦺꦏꦶ//ꦤꦭꦮꦶꦔꦶꦠ꧀ꦭꦶꦩ꧀ꦥꦠ꧀ꦒꦿꦲꦶꦠꦚ//ꦭꦤ꧀ꦱꦁꦣ꧀ꦮꦶꦗꦩꦼꦃꦠꦤ꧀ꦥꦌ//ꦩꦂꦩꦏꦱꦺꦴꦏ꧀ꦱꦶꦲꦶꦥꦸꦤ꧀//ꦮꦸꦱ꧀ꦥꦿꦱꦱꦠ꧀ꦗꦺꦴꦒꦥꦿꦶꦧꦣꦶ//ꦫꦶꦤ꧀ꦠꦺꦤ꧀ꦫꦠꦿꦶꦣꦠꦤ꧀ꦱꦃ//ꦤꦺꦁꦔꦂꦱꦱꦁꦮꦶꦏꦸ//ꦱꦩꦤꦱꦁꦱꦶꦱ꧀ꦮꦠꦩ//ꦭꦒꦾꦄꦤꦏꦁꦣꦝꦾꦫꦶꦧꦺꦔꦶꦁꦒꦭꦶꦃ//ꦭꦺꦴꦤ꧀ꦩꦠꦸꦂꦩꦿꦶꦁꦱꦁꦠꦥ꧉

Darmagandul itu namanya // berotak cerdas ahli nalar // dengan Sang pertapa hampir tidak pernah terpisah // hingga turtumpahlah kasih sayangnya kepadanya // dikisahkan pada saat itu sang siswa // sedang memikirkan sesuatu // dan menyampaikan yang dipikirnya dengan lembut kepada Sang Pertapa gurunya,

꧋ꦣꦂꦩꦒꦤ꧀ꦝꦸꦭ꧀ꦆꦠꦸꦤꦩꦚ//ꦧꦼꦫꦺꦴꦠꦏ꧀ꦕꦼꦂꦣꦱ꧀ꦄꦃꦭꦶꦤꦭꦂ//ꦣꦼꦔꦤ꧀ꦱꦁꦥꦼꦂꦠꦥꦲꦩ꧀ꦥꦶꦂꦠꦶꦣꦏ꧀ꦥꦼꦂꦤꦃꦠꦼꦂꦥꦶꦱꦃ//ꦲꦶꦁꦒꦠꦸꦂꦠꦸꦩ꧀ꦥꦃꦭꦃꦏꦱꦶꦃꦱꦪꦁꦚꦏꦼꦥꦣꦚ//ꦣꦶꦏꦶꦱꦃꦏꦤ꧀ꦥꦣꦱꦄꦠ꧀ꦆꦠꦸꦱꦁꦱꦶꦱ꧀ꦮ//ꦱꦼꦣꦁꦩꦼꦩꦶꦏꦶꦂꦏꦤ꧀ꦱꦼꦱꦸꦮꦠꦸ//ꦣꦤ꧀ꦩꦼꦚꦩ꧀ꦥꦻꦏꦤ꧀ꦪꦁꦣꦶꦥꦶꦏꦶꦂꦚꦣꦼꦔꦤ꧀ꦊꦩ꧀ꦧꦸꦠ꧀ꦏꦼꦥꦣꦱꦁꦥꦼꦂꦠꦥꦒꦸꦫꦸꦚ꧈

4.
Duh sang dwija kang jwanjana murti // ingkang mugi linepatna duka // kawula nyuwun pitaken // kang dadya purwanipun // tiyang Jawi santun Agami // nilar Agami Buda // ngrasuk Sarak Rasul // punika sebab punapa // kados pundi bubukane nguni-uni// sang wiku rum ngandika.

꧇꧔꧇꧉
꧋ꦣꦸꦃꦱꦁꦣ꧀ꦮꦶꦗꦏꦁꦗ꧀ꦮꦚ꧀ꦗꦤꦩꦸꦂꦠꦶ//ꦆꦁꦏꦁꦩꦸꦒꦶꦭꦶꦤꦺꦥꦠ꧀ꦤꦣꦸꦏ//ꦏꦮꦸꦭꦚꦸꦮꦸꦤ꧀ꦥꦶꦠꦏꦺꦤ꧀//ꦏꦁꦣꦝꦾꦥꦸꦂꦮꦤꦶꦥꦸꦤ꧀//ꦠꦶꦪꦁꦗꦮꦶꦱꦤ꧀ꦠꦸꦤ꧀ꦄꦒꦩꦶ//ꦤꦶꦭꦂꦄꦒꦩꦶꦧꦸꦣ//ꦔꦿꦱꦸꦏ꧀ꦱꦫꦏ꧀ꦫꦱꦸꦭ꧀//ꦥꦸꦤꦶꦏꦱꦼꦧꦧ꧀ꦥꦸꦤꦥ//ꦏꦣꦺꦴꦱ꧀ꦥꦸꦤ꧀ꦝꦶꦧꦸꦧꦸꦏꦤꦺꦔꦸꦤꦶꦈꦤꦶ//ꦱꦁꦮꦶꦏꦸꦫꦸꦩ꧀ꦔꦤ꧀ꦝꦶꦏ꧉

Wahai sang tapa yang mumpuni // semoga hamba dijauhkan dari amarah sang Tapa // Hamba mohon bertanya //  apa yang menjdi penyebab // Bangsa Jawa berganti aturan hukum // meninggalkan aturan hukum Budi (Agama Hakikat) // memilih hukum Syariat // itu apa sebabnya // bagai manakah awal mula ceritanya // Sang Tapa pelan berkata .

꧋ꦮꦲꦻꦱꦁꦠꦥꦪꦁꦩꦸꦩ꧀ꦥꦸꦤꦶ//ꦱꦼꦩꦺꦴꦒꦲꦩ꧀ꦧꦣꦶꦗꦻꦴꦃꦏꦤ꧀ꦝꦫꦶꦄꦩꦫꦃꦱꦁꦠꦥ//ꦲꦩ꧀ꦧꦩꦺꦴꦲꦺꦴꦤ꧀ꦧꦼꦂꦠꦚ//ꦄꦥꦪꦁꦩꦼꦚ꧀ꦗ꧀ꦝꦶꦥꦼꦚꦼꦧꦧ꧀//ꦧꦁꦱꦗꦮꦧꦼꦂꦒꦤ꧀ꦠꦶꦄꦠꦸꦫꦤ꧀ꦲꦸꦏꦸꦩ꧀//ꦩꦼꦤꦶꦁꦒꦭ꧀ꦏꦤ꧀ꦄꦠꦸꦫꦤ꧀ꦲꦸꦏꦸꦩ꧀ꦧꦸꦣꦶ(ꦄꦒꦩꦲꦏꦶꦏꦠ꧀)//ꦩꦼꦩꦶꦭꦶꦃꦲꦸꦏꦸꦩ꧀ꦱꦾꦫꦶꦪꦠ꧀//ꦆꦠꦸꦄꦥꦱꦼꦧꦧ꧀ꦚ//ꦧꦒꦻꦩꦤꦏꦃꦄꦮꦭ꧀ꦩꦸꦭꦕꦼꦫꦶꦠꦚ//ꦱꦁꦠꦥꦥꦼꦭꦤ꧀ꦧꦼꦂꦏꦠ꧉









0 comments:

Posting Komentar