Mushola Al-Islah Jl leces no.7 Sonosari Kab.Malang kumpulan doa rezeki,kumpulan doa tasawuf,makrifat,bahasa arab,sejarah kerajaan islam,sejarah kerajaan indonesia,sejarah kebudayaan islam

Sabtu, 13 Desember 2025

Kisah Munajat Nabi Musa AS

 Kisah Munajat Nabi Musa AS

Sebelum Nabi Musa naik untuk bertemu dengan Tuhannya, ia menjadikan saudaranya, Harun, sebagai khalifahnya untuk kaumnya. Harun diangkatnya sebagai wakilnya yang bertanggungjawab    untuk   mengurus    kaumnya.  Dan   Musa   pun   pergi   menuju Tuhannya. Allah s.w.t berfirman: "Dan telah Kami jadikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh   (malam   lagi),   maka   sempurnakanlah   waktu   yang   telah   ditentukan Tuhannya empat puluh malam. 

Kisah Munajat Nabi Musa AS


Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun:   'Gantikanlah   aku   dalam   (memimpin)   kaumku,   dan   perbaikilah,   dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerosakan'" (QS. al-A'raf: 142) Orang-orang dahulu mengatakan bahawa Nabi Musa berpuasa selama tiga puluh hari    sepanjang    malam     dan   siang   tanpa    mencecah      makanan     sedikit   pun kemudian Nabi Musa tidak ingin untuk berdialog kepada Tuhannya sementara mulutnya      dalam   keadaan     seperti   mulut   orang   yang   berpuasa.    Lalu   beliau memakan       sedikit  dari  tanaman     bumi   dan   beliau   mengunyahnya.      

Tuhannya berkata kepadanya: "Mengapa engkau berbuka?" Musa menjawab: "Ya Tuhanku, aku    tidak  ingin   berbicara   denganmu  kecuali   mulutku    dalam    keadaan    baik baunya."   Allah    s.w.t   menjawab:     "Tidakkah    engkau    mengetahui wahai   Musa bahawa   mulut   orang   yang   berpuasa   di   sisi-Ku   lebih   baik   daripada   bau   misik. Kembalilah   engkau    berpuasa     selama     sepuluh    hari   kemudian     datanglah kepada-Ku." Nabi Musa as pun melaksanakan perintah-Nya. Kami   tidak   mengetahui   secara   pasti,   mengapa   Nabi   Musa   berpuasa   selama empat   puluh   malam,   bukan   tiga   puluh   hari.   Yang   kita   ketahui   bahawa   Allah s.w.t menambah sepuluh hari yang lain. Setelah itu,

turunlah Taurat; turunlah kepadanya sepuluh wasiat:

1.Perintah     untuk    hanya    menyembah        kepada     Allah   s.w.t   dan    tidak menyekutukan-Nya.

 2. Larangan untuk bersumpah bohong atas nama Allah s.w.t

 3. Menjaga kehormatan pada hari Sabtu. Dengan pengertian, memfokuskan hari Sabtu sebagai hari ibadah.

4. Perintah untuk menghormati ayah dan ibu.

 5.menyedari bahawa Allah s.w.t yang dapat memberi dan membagi.

6. Janganlah engkau membunuh.

 7. Janganlah engkau berzina.

8. Janganlah engkau mencuri.

9. Janganlah memberikan kesaksian yang palsu.

10.   Jangan   engkau   merasa   tertipu   atau   terpikat   kepada   rumah   temanmu atau Isterinya atau budaknya atau sapinya atau keledainya.

Para    ulama    salaf  mengatakan     bahawa     kandungan     sepuluh   wasiat   ini  telah terdapat dalam dua ayat dalam Al-Quran, yaitu dalam firman-Nya:

"Katakanlah:      'Marilah   kubacakan     apa   yang   diharamkan     atas   kamu    oleh Tuhanmu,   yaitu:   Janganlah   kamu   mempersekutukan   sesuatu   dengan   Dia, berbuat   baiklah   terhadap   kedua   ibu   dan   bapakmu,   dan   janganlah   kamu membunuh anak-anak kamu kerana takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki    kepadamu      dan   kepada    mereka;     dan   janganlah    kamu    mendekati perbuatan-perbuatan   yang   keji,   baik   yang   tampak   di   antaranya   mahupun yang   tersembunyi,   dan   janganlah   kamu   membunuh   jiwa   yang   diharamkan Allah    (membunuhnya)        melainkan     dengan    sesuatu    (sebab)   yang    benar.' Demikian   itu   yang   diperintahkan   oleh   Tuhanmu   kepadamu   supaya   kamu memahaminya.   Dan   janganlah   kamu   mendekati   harta   anak   yatim,   kecuali dengan      cara yang   lebih   bermanfaat,      hingga   sampai     ia  dewasa.    Dan sempurnakan   takaran   dan   timbangan   dengan   adil.   Kami   tidak   memikulkan beban   kepada   seseorang   melainkan   dengan   kesanggupannya.   Dan   apabila kamu   berkata,   maka   hendaklah   kamu   berlaku   adil   kendatipun   dia   adalah kerabat(mu),   dan   penuhilah   janji   Allah.   Yang   demikian   itu   diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat. " (QS. al-An'am: 151- 152)

Allah s.w.t menceritakan kepada kita bagaimana keadaan Musa ketika ia pergi untuk   menemui   janji   dengan   Tuhannya.  

Musa   ketika   berpuasa   selama   empat puluh malam bermaksud untuk lebih mendekat kepada Tuhannya. Ketika Allah s.w.t    berdialog    dengannya,     maka    Musa   merasakan      cinta  yang    semakin bergelora kepada Tuhannya. Kami tidak mengetahui perasaan apa yang ada di hati    Musa   ketika   ia  meminta     kepada    Tuhannya    agar   dapat   melihatnya. Seringkali cinta yang ada di dalam manusia mendorong dirinya untuk meminta sesuatu   yang   mustahil.   Lalu   bagaimana   bayangan   Anda   terhadap   cinta   yang berhubungan       dengan    cinta  kepada    Allah   s.w.t.  Ia  adalah   hakikat   cinta. Kedalaman   perasaan   Nabi   Musa   kepada   Tuhannya   dan   kecintaannya   kepada sang   Pencipta,   semua   ini   mendorongnya   untuk   meminta   kepada   Allah   s.w.t agar dapat melihatnya. Allah s.w.t berfirman: "Dan   tatkala   Musa   datang   untuk  (munajat   dengan   Kami)   pada   waktu   yang telah    Kami   tentukan    dan   Tuhan    telah   berfirman    (langsung)   kepadanya, berkatalah   Musa:   'Ya   Tuhanku,   tampakkanlah   (diri   Engkau)   kepadaku   agar aku dapat melihat kepada Engkau.'" (QS. al- A'raf: 143) Demikianlah      dorongan   cinta   dari  para  pencinta    sejati.

Read More

Jumat, 12 Desember 2025

Kisah bani israil di tanah palestina

 Kisah bani israil di tanah palestina

  ' Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (kerana takut   kepada   musuh)   maka   kamu   menjadi   orang-orang   yang   rugi.   Mereka berkata: 'Hai Musa, sesungguhnya di dalam negeri itu ada orang-orang yang gagah     perkasa,    sesungguhnya       kami    sekali-kali   tidak   akan   memasukinya sebelum   mereka   keluar   darinya.   Jika   mereka   keluar   darinya,   pasti   kami akan memasukinya.' Berkatalah dua orang di antara orang-orang yang takut (kepada   Allah)   yang   Allah   telah   memberi   nikmat   atas   keduanya:   'Serbulah mereka       dengan     melalui    pintu    gerbang     (kota)    itu,   maka     bila  kamu memasukinya         nescaya     kamu     akan    menang.  

alasan tanah palestina adalah tanah yang dijanjikan untuk israel


   Dan    hanya     kepada     Allah hendaklah   kamu   bertawakal,   jika   kamu   benar-benar   orang   yang   beriman.' Mereka       berkata:    'Hai   Musa,     kami     sekali-kali     tidak    memasukinya selama-lamanya   selagi   mereka   ada   di   dalamnya,   kerana   itu   pergilah   kamu bersama      Tuhanmu,      dan   berperanglah      kamu    berdua,     sesungguhnya      kami hanya   duduk   menanti   di   sini   saja.'   Berkata   Musa:   'Ya   Tuhanku,   aku   tidak menguasai       kecuali   diriku   sendiri   dan   saudaraku.     Sebab    itu   pisahkanlah antara     kami   dengan    orang-orang      yang   fasik  itu.  'Allah   berfirman:    '(Jika demikian),   maha  sesungguhnya negeri itu   diharamkan   atas   mereka  selama empat puluh tahun, (selama itu) mereka akan berputar-putar kebingungan di bumi (padang Tiih) itu. Maka janganlah kamu bersedih hati (memikirkan nasib) orang-orang yang fasik itu." (QS. al-Maidah: 20-26) Dimulailah      hari-hari   kesesatan.

Mereka     melewati     tempat     yang   tertutup. Mereka     memulai     dari  tempat    yang   mereka     akhiri  dan   sebaliknya.    Alhasil, mereka      berjalan   tanpa    tujuan    sepanjang    siang-malam,      pagi-sore.   Mereka memasuki daratan di daerah Saina'. Nabi Musa kembali ke tempat yang beliau bertemu   di   dalamnya   untuk   pertama   kalinya   dengan   kalimat-   kalimat   Allah s.w.t. Bani Israil turun dari at-Thur, dan Nabi Musa mendaki gunung sendirian. Di sana diturunkan Taurat dan Tuhannya berdialog dengannya. Sebelum Nabi Musa naik untuk bertemu dengan Tuhannya, ia menjadikan saudaranya, Harun, sebagai khalifahnya untuk kaumnya. Harun diangkatnya sebagai wakilnya yang bertanggungjawab    untuk   mengurus    kaumnya. 

Read More

Kamis, 11 Desember 2025

Kisah kemungkaran bani israil setelah melihat mukjizat nabi Musa AS

 Kisah kemungkaran bani israil setelah melihat mukjizat nabi Musa AS

 Pasir-pasir   laut yang   basah   masih   membekas   dan   masih   terdapat   dalam   sandal-   sandal   Bani Israil   ketika   mereka     lewat    di   depan    kaum    yang    menyembah       berhala. Seharusnya mereka menampakkan kemarahan mereka atas kelaliman terhadap akal,   dan   mereka   memuji   kepada   Allah   s.w.t   kerana   mereka   mendapatkan petunjuk pada jalan keimanan dan kebenaran.

Kisah kemungkaran bani israil setelah melihat mukjizat nabi Musa AS


Tetapi mereka justru menoleh kepada Musa dan meminta kepadanya agar menjadikan tuhan lain bagi mereka yang dapat mereka sembah seperti orang-orang itu. Mereka merasa cemburu ketika    melihat    orang-orang    yang   menyembah       berhala    itu  dan  mereka     pun menginginkan   hal   yang   sama.   Mereka   merasakan   kerinduan   kepada   hari-hari syirik   yang   lalu   yang   mereka   dapati   di   bawah   naungan   Fir'aun.   Nabi   Musa mengetahui betapa bodohnya mereka. Allah s.w.t berfirman: "Dan   Kami  seberangkan   Bani   Israil   ke   seberang   lautan   itu,   maka   setelah mereka   sampai   pada   suatu   kaum   yang   tetap   menyembah   berhala   mereka, Bani   Israil  berkata:   'Hai Musa,   buatlah   untuk   kami sebuah   tuhan   (berhala) sebagaimana         mereka      mempunyai        beberapa      tuhan     (berhala).'   

 Musa menjawab:   'Sesungguhnya   kamu   ini   adalah   kaum   yang   tidak   mengetahui (sifat-sifat     Tuhan).'      Sesungguhnya        mereka       itu    akan     dihancurkan kepercayaan        yang   dianutnya     dan    akan    batal   apa   yang    selalu   mereka kerjakan. Musa menjawab: 'Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain    daripada    Allah,   padahal    Dialah  yang   telah   melebihkan      kamu    atas segala   umat.     Dan   (ingatlah   hai   Bani  Israil),  ketika   Kami   menyelamatkan kamu dari (Fir'aun) dan kaumnya, yang mengazab kamu dengan azab yang sangat jahat, yaitu mereka membunuh anak-anak lelakimu dan membiarkan hidup wanita-wanitamu. Dan pada yang demikian itu cubaan yang besar dari Tuhanmu. " (QS. al-A'raf: 138-141) Musa berjalan bersama kaumnya di Saina', yaitu suatu gurun yang di dalamnya terdapat pohon yang dapat melindungi dari sengatan matahari dan di dalamnya terdapat makanan dan air. Kemudian rahmat Allah s.w.t turun kepada mereka di mana mereka mendapatkan al-Manna dan Salwa dan mereka dinaungi oleh awan.     Al-Manna     adalah    makanan     yang   rasanya    mendekati      manis   dan    ia dihasilkan     oleh    sebahagian     pohon-pohon       yang   berbuah     di   Bani   Israil   terbagi   menjadi   dua belas   cucu   maka   Allah   s.w.t   mengirim   air   tersebut   kepada   setiap   kelompok. Meskipun   mereka   mendapatkan   kemuliaan   dan   kehormatan   yang   sedemikian rupa, tetapi lagi-lagi jiwa mereka yang sakit tidak dapat menyedarkan mereka untuk mensyukuri nikmat-nikmat ini. Mereka justru mendebat Nabi Musa dan mengatakan      bahawa     mereka    bosan   dengan  makanan    ini  dan  mereka    ingin memiliki     bawang    merah    dan  bawang     putih  serta   kacang-kacangan.    

Semua makanan   ini   adalah   makanan   tradisional   Mesir.   Bani   Israil   meminta   kepada Nabi   mereka   untuk   berdoa   kepada   Allah   s.w.t   dan   mengeluarkan   dari   bumi makanan-   makanan   ini.   Nabi   Musa   melihat   bahwa mereka   menganiaya   diri mereka sendiri, dan Nabi Musa menyedari betapa mereka merindukan kehinaan mereka     saat   mereka    bersama     Fir'aun.  Mereka    berani   menolak     makanan- makanan yang baik dan makanan-makanan yang mulia, dan sebagai gantinya, mereka   malah   menginginkan   makanan-makanan   yang   rendah   mutunya.   Allah s.w.t berfirman: "Dan ingatlah ketika kamu berkata: 'Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan   satu   macam   makanan   saja.

  Sebab   itu,  mohon-kanlah   untuk   kami kepada      Tuhanmu,      agar   Dia   mengeluarkan       bagi   kami    dari   apa   yang ditumbuhkan   bumi,   yaitu:   'Sayur-sayuran,   ketimunnya,   bawang   putihnya, kacang     adasnya,    dan   bawang   merahnya.'     Musa   berkata:    'Maukah     kamu mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu   ke   suatu   kota,   pasti   kamu   memperoleh   apa   yang   kamu   minta.'   Lalu ditimpakanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan   dari   Allah.   Hal   itu   (terjadi)   kerana   mereka   selalu   mengingkari ayat-ayat   Allah   dan   membunuh   para   nabi   yang   memang   tidak   dibenarkan. Demikianlah       itu  (terjadi)   kerana    mereka     selalu   berbuat    derhaka     dan melampaui batas. " (QS. al-Baqarah: 61) Nabi    Musa   berjalan    bersama    kaumnya     menuju    Baitul   Maqdis.   Nabi   Musa memerintahkan   kaumnya   untuk  memasukinya   dan   memerangi siapa   pun   yang ada   di  dalamnya   serta    berusaha   menguasai     tempat    itu.  Demikianlah   telah datang   ujian   terakhir   kepada   mereka   setelah   mereka   menyaksikan   mukjizat dan ayat-ayat Allah s.w.t serta hal-hal yang luar biasa. Telah datang saat ujian kepada mereka untuk berperang - kerana mereka sebagai orang-orang mukmin - melawan kaum penyembah berhala. Namun kaum Nabi Musa menolak untuk memasuki      tanah    suci.  Nabi   Musa   berusaha    menyedarkan      mereka     dengan menceritakan       bagaimana     nikmat   Allah   s.w.t  yang    turun   kepada    mereka; bagaimana   Allah   s.w.t   menjadikan   di   tengah-tengah   mereka   para   nabi   dan menjadikan mereka raja-raja yang mewarisi kerajaan Fir'aun; dan bagaimana mereka diberi suatu kekayaan dan anugerah yang tidak dapat didapatkan oleh seseorang pun di dalam dunia.mana     angin membawa kepada mereka rasa demikian ini dari daun-daun pohon. Allah s.w.t juga mengirim kepada mereka as-Salwa, yaitu salah satu burung yang bernama as-Saman. Ketika mereka merasakan kehausan yang sangat saat di Saina' tidak ada setitis air pun maka Nabi Musa memukulkan dengan tongkatnya kepada batu sehingga batu   itu   memancarkan   dua   belas   mata   air.

Kaum Nabi Musa takut kepada peperangan dan beralasan bahawa di dalamnya terdapat   kaum   yang   perkasa      dan   mereka   tidak   akan   masuk   ke   tanah    suci sehingga      orang-orang     yang    kuat    itu   keluar    darinya.    Kitab-kitab    kuno mengatakan bahawa mereka keluar dalam jumlah enam ratus ribu. Nabi Musa tidak dapat mendapatkan seseorang pun di antara mereka yang siap melakukan peperangan kecuali dua orang. Kedua orang ini berusaha untuk menyedarkan kaum   agar   mereka   memasuki   tanah   suci   itu   dan   berperang.   Mereka   berdua berkata: "Sungguh hanya sekadar kalian memasuki pintu darinya maka kalian akan   mendapatkan   kemenangan."   Tetapi   Bani   Israil   menampakkan   ketakutan dan tubuh mereka tampak gementar. Pada     kali  yang  lain  -  sesuai   dengan    tabiat   mereka    -  mereka    merindukan menyembah berhala    ketika   melihat    ada   kaum    yang   menyembah       berhala. Mereka   telah   rosak   dan   mereka   telah   kalah   dari   dalam   diri   mereka;   mereka telah biasa mendapatkan kehinaan sehingga mereka tidak mampu berperang. Yang tersisa hanyalah, mereka mampu untuk bersikap tidak sopan pada Nabi Musa   as   dan   kepada   Tuhannya.  

Kaum   Nabi   Musa   berkata   kepadanya   dalam kalimat yang terkenal: "Pergilah     kamu     bersama      Tuhanmu,       dan    berperanglah      kamu     berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja." (QS. al-Maidah: 24) Mereka mengucapkan kata-kata tersebut dengan lantang dan jelas serta tanpa rasa malu. Nabi Musa mengetahui bahawa kaumnya sangat jauh dari kebaikan. Fir'aun   telah   mati   tetapi   pengaruhnya   tetap   tertanam   dalam   jiwa   mereka   di mana untuk mengubatinya memerlukan waktu yang lama. Nabi Musa kembali kepada Tuhannya dan memberitahu-Nya bahawa ia tidak memiliki sesuatu pun kecuali dirinya dan saudaranya. Nabi Musa berdoa buruk kepada kaumnya agar Allah   s.w.t   memisahkan   antara   dirinya   dan   mereka.   Allah   s.w.t   menurunkan keputusan-Nya kepada generasi ini yang telah rosak fitrahnya. Yaitu keputusan yang berupa: mereka disesatkan selama empat puluh tahun sehingga generasi ini   mati atau   mereka   mencapai   usia   senja   dan   kemudian   akan   lahir   generasi yang    baru;   generasi    yang    belum    rosak   jiwanya    dan   mereka     akan   dapat berperang dan memperoleh kemenangan. Allah s.w.t berfirman: "Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya: 'Hai kaumku, ingatlah nikmat   Allah   atasmu   ketika   Dia   mengangkat   nabi-nabi   di   antaramu,   dan dijadikan-Nya kamu orang-orang merdeka, dan diberikannya kepadamu apa yang     belum     pernah     diberikan-Nya      kepada seseorang     pun    di   antara umat-umat yang lain

Read More

Rabu, 10 Desember 2025

Kisah Azab kepada firaun dan bala tentaranya

 Kisah Azab kepada firaun dan bala tentaranya

Allah   s.w.t   telah  menetapkan      untuk   membuat      suatu keputusan   hukum   terhadap   Fir'aun.   Allah   s.w.t   memerintahkan   kepada   Musa untuk keluar dan mengizinkan Bani Israil untuk pergi. Mereka bersiap-bersiap untuk keluar dan pergi bersama Musa. Mereka membawa perhiasan-perhiasan mereka   lalu   datanglah   malam   kepada   mereka.   Nabi   Musa   berjalan   bersama mereka dan menyeberangi Laut Merah dan menuju ke negeri Syam.

Kisah Azab kepada firaun dan bala tentaranya


 Sementara itu, utusan Fir'aun dan intelejennya bergerak. Sampailah berita kepada Fir'aun bahawa Musa telah pergi beserta kaumnya. Fir'aun mengeluarkan perintahnya di   segenap    penjuru    kota   agar   pasukan    yang    besar   berkumpul.

  Fir'aun menyampaikan        alasan    yang    aneh    di  balik   pengumpulan       tentera    itu sebagaimana disampaikan oleh Al-Quran: "Dan    sesungguhnya     mereka     membuat     hal-hal  yang   menimbulkan      amarah kita. " (QS. asy-Syu'ara': 55) Fir'aun telah naik pitam melihat aksi Musa. "Secara peribadi aku telah marah padanya.     Jumlah   mereka    sedikit  namun    kemarahan    kita  terhadap    mereka sungguh banyak. Kalau demikian, ini adalah peperangan." Fir'aun benar-benar seorang penjahat kelas kakap. Ia tidak berusaha menyembunyikan niatnya di balik   kata-kata   besarnya.   Misalnya,   secara   diplomasi   ia  dapat  mengatakan bahawa   keamanan   kerajaan   terancam   atau   sistem   ekonomi   akan   hancur   jika para pekerja ini yang digaji dengan sangat murah ini akan keluar. Fir'aun tidak mengatakan semua itu tetapi ia hanya menyatakan bahawa ia sedang emosi. Nabi Musa   membuatnya   naik  pitam   dan   ini   sudah   cukup   untuk  mengeluarkan perintah    agar   para   tentera   dikumpulkan.    Manusia    membenarkan      tindakan Fir'aun   untuk   seribu   kalinya   setelah   membohongkannya.  

Tiada   seorang   pun yang   menentangnya   dan   tidak   ada   seorang   pun   yang   mempersoalkan   sebab kenapa di balik pengumpulan tentera itu. Akhirnya,   bergeraklah     tentera   Fir'aun  dengan   membawa   persenjataan yang lengkap    dan   mereka    berusaha   mengejar    Nabi   Musa.   Fir'aun  duduk   di  atas kenderaan perangnya dan mengawasi tentera di sekitamya sambil tersenyum. Barangkali     ia  membayangkan,      jika  sejak   semula    ia  melakukan    itu  maka gerak-geri    Musa   akan    dapat   dipatahkannya     dan   ia  dapat   membunuhnya. Alhasil, ia sekarang berada di jalan untuk menangkap Musa dan membunuhnya dan menyelesaikan masalah seluruhnya. Nabi Musa berdiri di depan Laut Merah. Tampak dari kejauhan bahawa debu yang ditebarkan oleh tentera Fir'aun mulai mendekat.

Lalu setelah itu tampak panji-panji   tentera.   Melihat   hal   itu,   kaum   Nabi   Musa   merasakan   ketakutan. Mereka menghadapi situasi sangat sulit dan berbahaya: di depan mereka ada laut    sementara      di  belakang     mereka     ada    musuh.    Mereka     tidak   memiliki kesempatan        sedikit   pun   untuk    berperang     dengan     pasukan  Fir'aun  kerana mereka   hanya   terdiri   dari   wanita-wanita,   anak-anak   kecil,   dan   orang-orang lelaki yang tidak bersenjata. Fir'aun akan menyembelih mereka semuanya. Tiba-tiba terdengarlah teriakan dari kaum Nabi Musa: "Fir'aun akan menyusul kita   dan   menangkap   kita."   Nabi   Musa   berusaha   menenangkan   mereka   sambil berkata:      "Tidak.    Sesungguhnya       Tuhanku      bersamaku      dan    Dia   pun    akan membimbingiku."   Kita   tidak   mengetahui   bagaimana   perasaan   Nabi   Musa   saat itu   atau   apa   yang   difikirkannya.   Yang   jelas,   ia   tidak   mendapat   kepercayaan seperti     ini  kecuali    setelah    Allah   s.w.t   mewahyukan        kepadanya      agar    ia memukulkan tongkatnya ke lautan itu. Kemudian Nabi Musa pun memukulkan tongkat yang dibawanya kepada lautan itu. Demikianlah   bahawa   kehendak   Allah   s.w.t   pasti   terlaksana   meskipun   harus bertentangan dengan logik manusia. Allah s.w.t ingin menunjukkan mukjizat, kemudian Allah s.w.t mewahyukan kepada Musa untuk memukulkan tongkatnya kepada lautan.

Pemukulan tongkat terhadap lautan hanya sekadar sebab yang kemudian       diikuti   dengan     terbelahnya      lautan.    Belum     sampai    Nabi    Musa mengangkat tongkatnya sehingga malaikat Jibril turun ke bumi lalu Nabi Musa memukulkan   tongkatnya   ke   lautan.   Tiba-tiba   laut   itu   terbelah   menjadi   dua bahagian: satu bahagian menjadi kering kontang di mana di sebelah kanannya terdapat     ombak     dan   di   sebelah    kirinya   juga   terdapat    ombak.     Nabi   Musa bersama kaumnya berjalan sehingga mereka dapat melewati lautan. Ini adalah mukjizat   yang   sangat   besar.   Ombak   bergelombang:   meninggi   dan   menurun sehingga     tampak     ada   tangan    tersembunyi      yang   mencegahnya        agar   jangan sampai menenggelamkan Nabi Musa atau bahkan membasahinya sekalipun. Demikianlah Nabi Musa dan kaumnya berhasil melewati lautan. Sementara itu, Fir'aun    sampai    ke   lautan.   Ia  menyaksikan      mukjizat     ini.  Ia  melihat   lautan terdapat jalan kering yang terbelah menjadi dua. Fir'aun saat itu merasakan ketakutan       tetapi    lagi-lagi   keras    kepalanya     dan    pembangkangnya         tetap menyalakan   api   peperangan   sehingga   ia   menyuruh   pasukannya   untuk   maju. Ketika   Musa   selesai   menyeberangi   lautan,   ia   menoleh   ke   lautan   dan   ia   ingin memukulkan     dengan     tongkatnya      sehingga    kembali    sebagaimana       mestinya, tetapi Allah s.w.t mewahyukan kepadanya agar ia membiarkan lautan seperti semula.  

Seandainya   ia   memukulkan   tongkatnya   kepada   lautan   dan   laut   itu kembali seperti semula nescaya Nabi Musa akan selamat dan Fir'aun pun akan selamat,     sedangkan     Allah  s.w.t   telah  berkehendak      untuk   menenggelamkan Fir'aun. Oleh kerana itu, Musa diperintahkan untuk membiarkan lautan seperti semula. Allah s.w.t mewahyukan kepadanya: "Dan   biarlah  laut   itu   tetap  terbelah.   Sesungguhnya mereka adalah  tentera yang akan ditenggelamkan." (QS. ad-Dukhan: 24)

Fir'aun    bersama     tenteranya    sampai    di  tengah    lautan.   Ia  sudah    melewati separuhnya      dan   ia  akan   sampai    ke   tepi  yang   lain.  Kemudian     Allah   s.w.t memerintahkan kepada Jibril. Lalu Jibril menggerakkan ombak sehingga ombak itu menerpa Fir'aun dan menenggelamkannya beserta tenteranya. Fir'aun dan tenteranya      tenggelam.    Pembangkang       telah   tenggelam     sedangkan     keimanan kepada Allah s.w.t telah selamat. Ketika tenggelam, Fir'aun melihat tempatnya di neraka. Kini. ia sedar dan tabir telah terkuak di depannya. Fir'aun telah menjemput sakaratul maut.

 Ia telah menyedari       bahawa      Musa     adalah    seorang     yang    benar     dan    ia   telah menyia-nyiakan   dirinya  dengan   menentangnya   dan   berusaha   memeranginya. Fir'aun berusaha menunjukkan keimanannya. "Hingga   bila   Fir'aun   itu   hampir   tenggelam   berkatalah   dia:   'Saya   percaya bahawa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan   saya   termasuk   orang-orang   yang   berserah   diri   (kepada   Allah).'"   (QS. Yunus: 90) Taubat      Fir'aun   tidak   berguna     dan   tidak    diterima;    taubat    yang    justru disampaikan ketika ia menyaksikan azab dan akan memasuki pintu kematian. Jibril berkata kepadanya: "Apakah     sekarang    (baru   kamu    percaya),    padahal   sesungguhnya      kamu    telah derhaka      sejak   dahulu,     dan   kamu     termasuk     orang-orang      yang    berbuat kerosakan." (QS. Yunus: 91) Yakni,   tidak   ada   taubat   bagimu.   Sungguh   telah   selesai   waktu   taubat   bagimu dan engkau    telah   binasa.  

Selesailah    urusan   ini  dan   tiadalah   keselamatan bagimu.   Yang   selamat   hanyalah   tubuhmu   dan   engkau   akan   dilemparkan   oleh ombak   ke   tepi   sehingga   tubuhmu   sebagai   bukti   kebesaran   Allah   s.w.t   bagi orang-orang yang hidup sesudahmu: "Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi peringatan      bagi   orang-orang     yang   datang    sesudahmu      dan   sesungguhnya kebanyakan   dari   manusia   lengah   dari   tanda-tanda   kekuasaan   Kami."   (QS. Yunus: 92) Apa   yang   terjadi pada   Fir'aun   merupakan   sunatullah   yang   abadi   yang   terjadi sebagai pelajaran bagi hamba-hamba Allah s.w.t. Allah s.w.t berfirman: "Maka   tatkala   mereka   melihat   azab   Kami,   mereka   berkata:   'Kami   beriman hepada   Allah   saja   dan   kami   kafir   kepada   sembahan-   sembahan   yang  telah kami persekutukan dengan Allah.'" (QS. al- Mu'min: 84) Allah s.w.t menceritakan sikap Fir'aun bersama Musa dalam firman-Nya: "Dan   Kami   wahyukan   (perintahkan)   kepada   Musa:   'Pergilah   di   malam   hari dengan membawa hamba-hamba-Ku (Bani Israil), kerana sesungguhnya kamu sekalian      akan    disusuli. Kemudian      Fir'aun    mengirimkan        orang    yang mengumpulkan (tenteranya) ke kota-kota. (Fir'aun berkata): 'Sesungguhnya mereka   (Bani   Israil)   benar-benar  golongan   kecil-kecil,   dan   sesungguhnya mereka membuat hal-hal yang menimbulkan amarah kita, dan sesungguhnya kita   benar-benar   golongan   yang   selalu   berjaga-jaga.'   Maka  Kami   keluarkan Fir'aun     dari   kaumnya       dari   taman-taman       dan    mata     air,  dan    (dari) perbendaharaan   dan   kedudukan   yang mulia, demikianlah  halnya dan   Kami anugerahkan       semuanya      (itu)  kepada    Bani   Israil.  Maka    Fir'aun   dan   bala tenteranya dapat menyusuli mereka di waktu matahari terbit. Maka setelah kedua     golongan    itu  saling   melihat,   berkatalah     pengikut-    pengikut    Musa: 'Sesungguhnya kita benar-benar akan disusul.' Musa menjawab: 'Sekali-kali kita tidak akan tersusul; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku.' Dan di sanalah Kami dekatkan golongan yang lain.    Dan    Kami    selamatkan       Musa    dan    orang-orang      yang    besertanya semuanya.   Dan   Kami   tenggelamkan   golongan   yang   lain   itu.   Sesungguhnya pada   yang   demikian   itu   benar-benar   merupakan   suatu   tanda   yang   besar (mukji-zat)  dan   tetapi   adalah   kebanyakan      mereka     tidak   beriman.    Dan sesungguhnya   Tuhanmu   benar-benar   Dialah   Yang   Maha   Perkasa   lagi   Maha Penyayang." (QS. asy-Syu'ara': 52-68) Tersingkaplah      kejahatan    dan   kelaliman    Fir'aun. 

Ombak     lautan   menggiring tubuhnya   ke   tepi.   Kami   tidak   mengetahui   tepi   mana   yang   dimaksud,   yang menggiring   tubuh   seseorang   yang   mengaku   dirinya   sebagai   tuhan;   seseorang yang tidak ada seorang pun yang berani menentangnya. Diduga kuat bahawa ombak   menggiring   jasadnya   ke   tepi   barat   lalu   orang-orang   Mesir   melihatnya dan   mengetahui   bahawa   tuhan   mereka   yang   mereka   sembah,   yang   mereka taati adalah sekadar seseorang yang tidak mampu menjauhkan kematian dari lehernya. Setelah     itu,  orang-orang     Mesir   mengetahui      kebenaran     secara    sempurna. Al-Quran   al-Karim   tidak   menceritakan   kepada   kita   apa   yang   mereka   perbuat setelah   jatuhnya   rejim   Fir'aun   dan   setelah   tenteranya   tenggelam;   Al-Quran tidak menceritakan kepada kita bagaimana reaksi mereka setelah Allah s.w.t menghancurkan   apa   yang   diperbuat   oleh   Fir'aun   dan   kaumnya   dan   apa   yang mereka      bangun;    Al-Quran    tidak   menyinggung      semua    itu;  Al-Quran    justru memfokuskan keadaan Musa dan Harun dan bagaimana peristiwa yang dialami Bani Israil bersama kedua nabi itu. Fir'aun Mesir telah mati. Ia tenggelam di hadapan mata orang-orang Mesir dan Bani Israil. Meskipun ia telah mati, tetapi pengaruhnya tetap membekas pada jiwa     orang-orang     Mesir    dan    Bani   Israil.  Sungguh     sangat     sulit  untuk menghilangkan        pengaruh     kehinaan    yang    sekian   lama    atau   sekian   tahun tertanam     dalam    jiwa   dan  kemudian     jiwa   itu  menjadi    mulia. 

Fir'aun  telah menanamkan        pada    jiwa   Bani   Israil  sesuatu   yang   akan   kita   ketahui   dari ayat-ayat   Al-Quran.   Fir'aun   telah   membiasakan   mereka   untuk   mendapatkan kehinaan. Fir'aun telah menghancurkan jiwa mereka dari dalam. Fir'aun telah merosak     suasana    rohani   mereka    yang   bersih.   Fir'aun  telah   merosak    fitrah mereka   sehingga   mereka   menyeksa   Musa   dan   menyakiti   Musa   dengan   sikap penentangan dan kebodohan. Mukjizat   pembelahan   lautan   masih   segar   di   fikiran   mereka.   Pasir-pasir   laut yang   basah   masih   membekas   dan   masih   terdapat   dalam   sandal- sandal   Bani Israil   ketika   mereka     lewat    di   depan    kaum    yang    menyembah  berhala.

Read More