Mushola Al-Islah Jl leces no.7 Sonosari Kab.Malang kumpulan doa rezeki,kumpulan doa tasawuf,makrifat,bahasa arab,sejarah kerajaan islam,sejarah kerajaan indonesia,sejarah kebudayaan islam

Kamis, 01 Mei 2025

Kisah Nabi Sulaiman As dengan semut

 Kisah Nabi Sulaiman dengan Semut

Kisah 1

Kerajaan   Nabi   Sulaiman   AS   dikala   itu   sedang   mengalami   musim   kering   yang

begitu

panjang. Lama sudah hujan tidak turun membasahi bumi. Kekeringan melanda

di   mana-mana.      Baginda    Sulaiman    AS  mulai   didatangi    oleh   umatnya    untuk

meminta      pertolongan     dan   memintanya      memohon      kepada    Allah  s.w.t   agar

menurunkan hujan untuk membasahi kebun-kebun dan sungai-sungai mereka.

Baginda      Sulaiman     AS   kemudian     memerintahkan        satu   rombongan       besar

pengikutnya yang terdiri dari bangsa jin dan manusia berkumpul di lapangan

untuk berdoa memohon kepada Allah s.w.t agar musim kering segera berakhir

dan hujan segera turun.

 


Sesampainya   mereka   di   lapangan   Baginda   Sulaiman   AS   melihat   seekor   semut

kecil

berada   di   atas   sebuah   batu.   Semut   itu   berbaring   kepanasan   dan   kehausan.

Baginda

Sulaiman AS kemudian mendengar sang semut mulai berdoa memohon kepada

Allah s.w.t penunai segala hajat seluruh makhluk-Nya. "Ya Allah pemilik segala

khazanah,   aku   berhajat   sepenuhnya   kepada-Mu,   Aku   berhajat   akan   air-Mu,

tanpa air-Mu ya Allah aku akan kehausan dan kami semua kekeringan. Ya Allah

aku berhajat sepenuhnya pada-Mu akan air- Mu, kabulkanlah permohonanku",

doa   sang   semut   kepada   Allah   s.w.t.   Mendengar   doa   si   semut   maka   Baginda

Sulaiman   AS   kemudian   segera   memerintahkan   rombongannya   untuk   kembali

pulang ke kerajaan sambil berkata pada mereka, "kita segera pulang, sebentar

lagi Allah s.w.t akan menurunkan hujan-Nya kepada kalian. Allah s.w.t telah

mengabulkan   permohonan   seekor   semut".   Kemudian   Baginda   Nabi   Sulaiman

dan rombongannya pulang kembali ke kerajaan.

 

Kisah 2

Suatu hari Baginda Sulaiman AS sedang berjalan-jalan. Ia melihat seekor semut

sedang berjalan sambil mengangkat sebutir buah kurma. Baginda Sulaiman AS

terus mengamatinya, kemudian beliau memanggil si semut dan menanyainya,

Hai semut kecil untuk apa kurma yang kau bawa itu?. Si semut menjawab, Ini

adalah kurma yang Allah s.w.t berikan kepada ku sebagai makananku selama

satu   tahun.   Baginda   Sulaiman   AS   kemudian   mengambil   sebuah   botol   lalu   ia

berkata kepada si semut, Wahai semut ke marilah engkau, masuklah ke dalam

botol ini aku telah membagi dua kurma ini dan akan aku berikan separuhnya

padamu sebagai makananmu selama satu tahun. Tahun depan aku akan datang

lagi untuk melihat keadaanmu. Si semut taat pada perintah Nabi Sulaiman AS.

Setahun telah berlalu. Baginda Sulaiman AS datang melihat keadaan si semut.

Ia melihat kurma yang diberikan kepada si semut itu tidak banyak berkurang.

Baginda   Sulaiman   AS   bertanya   kepada   si   semut,   hai   semut   mengapa   engkau

tidak    menghabiskan       kurmamu      Wahai     Nabiullah,    aku   selama     ini  hanya

menghisap      airnya   dan   aku   banyak    berpuasa.    Selama    ini  Allah  s.w.t   yang

memberikan   kepadaku   sebutir   kurma   setiap   tahunnya,   akan   tetapi   kali        ini

engkau memberiku separuh buah kurma. Aku takut tahun depan engkau tidak

memberiku kurma lagi kerana engkau bukan Allah Pemberi Rezeki (Ar-Rozak),

jawab si semut.

 

 

Tempat Ibadah Sulaiman

 

Tempat ibadah Sulaiman atau Haikal Sulaiman terletak di Ursyilim (Yarusalem).

Ia adalah sentral ibadah kaum Yahudi dan simbol sejarah kaum Yahudi serta

sebagai     kebanggaan      mereka.     Raja    Sulaiman     telah   membangunnya         dan

mengeluarkan        harta   yang   tidak   sedikit   untuk   mendirikannya.      Bahkan     ia

memerlukan seratus delapan puluh ribu pekerja. Sulaiman telah mendatangkan

emas dari Thirsis dan kayu dari Lebanon dan batu mulia dari Yaman. Setelah

tujuh tahun dari pembangunan yang terus-menerus, Haikal Sulaiman menjadi

sempurna. Saat itu ia menjadi kekaguman dan simbol kejayaan di dunia.

 

Berulang     kali  ada   usaha   untuk   menghancurkan       bangunan     tersebut.   Orang-

orang yang tamak dan para penyerang bertujuan untuk merampas harta benda

yang     bernilai   yang    terdapat    dalam     Haikal    Sulaiman.    Mereka     merosak

sebahagian   darinya   lalu   salah   seorang   raja   berusaha   memperbaikinya   kerana

saking cintanya kepada orang-orang Yahudi. Pada kali ini pembangunan tempat

beribadah itu membutuhkan waktu empat puluh enam tahun sehingga ia pun

menjadi   suatu   bangunan   yang   besar   yang   menakjubkan   yang   dikelilingi   oleh

tiga   pagar   besar.   Ia   terdiri   dari   dua   halaman   besar:   yaitu   halaman   luar   dan

 

halaman      dalam.   Halaman     dalam    dibangun    di  atas  tiang-tiang   ganda    yang

terbuat dari marmar. Sedangkan halaman luar dari tempat ibadah itu meliputi

gerbang-gerbang   besar   yang   ditutup   oleh   emas   dan   sepuluh   pintu   gerbang

dilapisi dengan tembaga Kurnusus. Para raja terus memberikan hadiah untuk

pembangunan dan penyempurnaan tempat ibadah itu sampai akhir zamannya,

sehingga   tempat   peribadatan   itu   memuat   perbendaharaan   harta   yang   tidak

ternilai.

 

 

Tujuan   utama   dari   pembangunan   Haikal   Sulaiman   adalah   untuk   menyembah

kepada   Allah   s.w.t   di   dalamnya.   Tempat   ibadah   itu   merupakan   masjid   bagi

orang-orang   yang   bertauhid   dan   orang-orang   mukmin.   Tentu   keindahan   dan

kebesarannya tidak dimaksudkan memalingkan manusia dari menyembah selain

Allah    s.w.t.   Dan   barangkali    kebesaran     bangunan     itu   merupakan     simbol

kekuatan   negara   dan   kekuatan   akidahnya.   Namun   sesuai   dengan   perjalanan

waktu,     mulailah   terjadi   perubahan     dan  penyimpangan.       Seharusnya    ibadah

hanya     ditujukan   kepada    Allah   s.w.t,  tiba-tiba   kaum    berpaling   dan   malah

mengagumi kulit dan meninggalkan hakikat.

 

 

Akhirnya,     nasib    tempat    ibadah     itu  sama     dengan    nasib    yang   dialami

tempat-tempat       ibadah    lainnya.   Haikal  Sulaiman    adalah    simbol   tauhid   dan

penyembahan        kepada    Allah   s.w.t  yang    tiada  sekutu    bagi-Nya.    Kemudian

berlalulah     tahun    demi    tahun    sehingga    berubahlah      haikal   itu   menjadi

lempengan       emas     yang    mengkilat    yang    menyembunyikan         di   bawahnya

kepentingan agama Yahudi.

 

 

"Orang-orang       Yahudi   menodai     kesucian     tempat    ibadah    itu  dan   mereka

melecehkan   keindahannya   di   mana   mereka   menjadikannya   sebagai   pasar,

tempat     jual-beli.   Kemudian     tempat    itu  disesaki   oleh   para   penjual   sapi,

kambing,      dan   merpati     hingga   tempat     itu  menjadi    kotor    dan   berubah

menjadi kandang binatang. Di tempat itu terjadi kegaduhan dan kebisingan

di   mana   orang-orang   melakukan   transaksi   jual-beli   dan   menukar   wang   di

situ." (Injil Matta)

 

Ketika   tempat   ibadah   itu   kehilangan   hakikatnya   dan   menjadi   pasar   tempat

berdagang, Allah s.w.t mengutus orang-orang yang menghancurkan tempat itu.

Allah s.w.t berfirman:

"Dan     telah    Kami     tetapkan     terhadap      Bani   Israil   dalam     kitab    itu:

'Sesungguhnya kamu akan membuat kerosakan di muka bumi ini dua kali dan

pasti   kamu   akan   menyombongkan   diri   dengan   kesombongan   yang   besar.

Maka   apabila   datang   saat   hukuman   bagi   (kejahatan)   pertama   dari   kedua

(kejahatan)       itu,  Kami    datangkan      kepadamu       hamba-hamba        Kami    yang

mempunyai          kekuatan       yang     besar,      lalu    mereka       merajalela       di

kampung-kampung,   dan   itulah   ketetapan   yang   pasti   terlaksana.   Kemudian

Kami   berikan   kepadamu   giliran   untuk   mengalahkan   mereka   kembali   dan

Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan

kamu sekelompok yang lebih besar. Jika kamu berbuat baik (bererti) kamu

berbuat      baik   bagi  dirimu    sendiri    dan   jika  kamu     berbuat    jahat,   maka

(kejahatan)       yang    kedua,     (Kami     datangkan      orang-orang       lain)   untuk

menyuramkan         muka-    muka     kamu    dan   mereka     masuk    ke   dalam    masjid,

sebagaimana        musuh-     musuhmu       memasukinya        pada    kali   pertama     dan

membinasakan           sehabis-habisnya        apa     saja     yang     mereka       kuasai.

Mudah-mudahan   Tuhanmu   akan   melimpahkan   rahmat-Nya   kepadamu;   dan

kiranya     kamu     kembali     kepada     (kederhakaan),       nescaya     Kami    kembali

(mengazabmu) dan Kami jadikan neraka Jahanam penjara bagi orang- orang

yang tidak beriman." (QS. al-Isra': 4-8)

 

Ayat-ayat     tersebut    menunjukkan       tentang    hukum    azali   yang   tidak   pernah

berubah pada kehidupan bangsa dan umat di mana umat itu akan tampak kuat

selama     mereka     berpegangan      dengan    tali  Allah   s.w.t   dan   ketika   mereka

meninggalkan   hakikat   kekuatan.   iaitu   kekuatan   yang   bersandar   kepada   Allah

s.w.t    dan   mereka     memilih    menyembah       selain-Nya    dan   menjadikan     dunia

sebagai     tujuan   hidup    mereka,    maka    ketika   ini  terjadi,   Allah   s.w.t  akan

mengutus kepada mereka orang-orang yang menghancurkan mereka.

 

 

Para    mufasir    menyebutkan       bagaimana      terjadinya    peristiwa   penghancuran

Haikal Sulaiman dan penghancuran Baitul Maqdis. Mereka mengatakan: "Allah

s.w.t   mewahyukan   kepada   salah   seorang   nabi   dari   kalangan   Bani   Israil   yang

bernama       Armiya    ketika   muncul     berbagai     kemaksiatan     di   tengah-tengah

mereka,   hendaklah   engkau   menyampaikan   kepada   kaummu   dan   beritahukan

kepada   mereka   bahawa   mereka   memiliki   hati   tetapi   mereka   tidak   mengerti;

mereka   memiliki      mata   tetapi   mereka   tidak   melihat;     dan  mereka   memiliki

telinga tetapi mereka tidak mendengar.

 

Kemudian      nabi   itu  menerima     wahyu     dan  ia  diperintahkan     untuk   bertanya

kepada     Bani   Israil,  apakah    salah   seorang    mereka    merasa    gembira     ketika

bermaksiat kepada Allah s.w.t, dan apakah seseorang merasa sedih dan gelisah

ketika taat kepada Allah s.w.t. Haiwan biasanya ingat kepada tempat asalnya

 

dan kembali kepadanya, sedangkan kaum itu justru meninggalkan asal-muasal

mereka yang hakiki, yaitu hakikat tauhid. Jadi, sebenarnya mereka lebih jahat

dari binatang."

 

 

Demikianlah kalimat-kalimat Ilahi disampaikan di tengah-tengah para pendeta

dan   para   penguasa,   namun   para   pendeta   justru   membuat   tuhan   lain   selain

Allah    s.w.t   dan   mereka     menggiring     manusia     untuk   menyembah       sesama

manusia.   Adapun   para   penguasa,   mereka   membangkang   pada   nikmat   Allah

s.w.t dan merasa tenang dengan azab Allah s.w.t yang dahsyat. Mereka tertipu

dengan     dunia.    Mereka    mencampakkan        Kitab   Allah   s.w.t   dan   melupakan

janji-Nya.     Mereka     mengubah-ubah        Kitab    Allah   s.w.t   (Taurat).     Mereka

menciptakan kebohongan kepada para rasul-Nya dan membunuh mereka tanpa

alasan yang benar.

 

 

Sedangkan para fuqaha dan orang-orang cerdik, mereka mempelajari sesuatu

sesuai dengan kepentingan mereka. Mereka mengambil sebahagian Kitab dan

meninggalkan   sebahagiannya.   Mereka   mendukung   para   penguasa   yang   lalim

yang membuat penyelewengan dalam agama. Mereka justru mentaati penguasa

itu meskipun benar-benar bermaksiat kepada Allah s.w.t. Mereka membatalkan

perjanjian dengan Allah s.w.t.

 

 

Sementara itu, anak-anak nabi, maka mereka menjadi orang-orang yang kalah.

mereka berharap agar Allah s.w.t menolong mereka seperti ayah- ayah mereka

ditolong.   Mereka   tidak   ingat   bagaimana   sikap   wara'   ayah-   ayah   mereka   dan

bagaimana       mereka     mencurahkan       usaha    mereka,     bahkan    darah    mereka

tertumpah tetapi mereka sabar dan mereka tetap percaya kepada janji Allah

s.w.t, sehingga Dia memuliakan agamanya dan memenangkan mereka.

 

 

Demikianlah       Armiya     terus   menyiarkan       berita   tentang     kebenaran      dan

mengingatkan       kaumnya     dan    memberi     mereka    kesempatan      terakhir   untuk

bangkit     dan   kembali    pada   agama     tauhid.   Kalau   tidak,   Allah   s.w.t   akan

mengutus kepada mereka seorang penguasa yang bengis di mana pasukannya

bagaikan sekawanan awan yang akan menghancurkan bangunan-bangunan yang

mereka bangun dan akan meninggalkan desa yang mereka huni dalam keadaan

yang   mengerikan.   Ibnu   Katsir   berkata   dengan   menukil   apa   yang   dinyatakan

oleh Ibnu Asakir:

"Duhai     Ilya   dan     penghuninya,      bagaimana       mereka     dihinakan     dengan

pembunuhan        dan   mereka     menjadi    tawanan-tawanan        yang    hina,   tempat-

 tempat istana mereka yang mengagumkan menjadi tempat-tempat tinggalnya

haiwan-haiwan buas. Aku akan menghancurkan mereka dengan berbagai azab.

Jika langit menurunkan hujan di atas bumi, maka bumi tidak akan tumbuh. Bila

tumbuh suatu tumbuhan di bumi, maka itu adalah sebagai rahmat-Ku terhadap

binatang-binatang.       Jika  mereka    menanam      sesuatu,    maka    tanaman    mereka

akan dikuasai oleh hama dan jika ada tumbuhan yang selamat darinya, maka

Aku akan cabut darinya keberkahan, dan jika mereka berdoa Aku tidak akan

mengabulkan   dan   jika   mereka   meminta,   maka   Aku   tidak   akan   memberi   dan

jika   mereka   menangis,   maka   aku   tidak   akan   menyayangi,   dan   jika   mereka

berusaha   bersikap   rendah   diri,   maka   Aku   akan   memalingkan   wajah-Ku   dari

mereka."

 

 

Ilya   menyampaikan       kepada    kaumnya     tentang    azab   Allah   s.w.t  yang    akan

meliputi   segala   sesuatu,   namun   orang-orang   Yahudi   menyambut   dakwahnya

dengan      kebohongan      dan   kemaksiatan      dan    mereka     menuduhnya       dengan

kebohongan.

 

 

Mereka     berkata    kepadanya,      "Bagaimana     engkau    berbohong     dan   mengaku

bahawa Allah s.w.t akan menghancurkan bumi-Nya dan masjid-masjid- Nya lalu

siapa yang akan menyembah-Nya jika tidak ada seorang pun di muka bumi yang

menyembah-Nya, juga tidak ada masjid dan tidak ada Kitab. Sungguh engkau

telah gila wahai Ilya." Akhirnya pertentangan antara Ilya dan kaumnya berakhir

pada   pemenjaraannya.   Pada   saat   yang   sama,   datanglah   pasukan   Bakhtansir

menuju   mereka.   Orang-orang   Yahudi   terkejut   ketika   mendengar   suara   derap

kaki kuda dan suara panah-panah yang melayang dan bau kebakaran. Pasukan

itu memasuki desa-desa dan kota-kota. Mereka mengelilingi segenap penjuru

kota    dan   desa.   Pemimpin     pasukan    itu  menyerbu     orang-orang     Yahudi    dan

menghancurkan        mereka:     sepertiga   dibunuh,    sepertiga    ditawan,    sementara

wanita-wanita tua dan lelaki-lelaki tua dibiarkan hidup.

 

Baitul   Maqdis   dihancurkan   dan   tempat   ibadah   itu   pun   hancur.   Orang-   orang

laki-laki    dibunuh      dan    benteng-benteng        kukuh     pun    dibakar,     bahkan

ulama-ulamanya dan fuqaha-fuqahanya dibunuh dan tak seorang pun hidup di

antara mereka. Rumah-rumah orang-orang Yahudi tidak lagi dihuni kecuali oleh

burung hantu dan binatang buas. Lalu sebahagian orang-orang Yahudi dari Bani

Israil  meninggalkan      tempat    itu  dan   tempat    itu  pun  menjadi     tempat    yang

tandus     untuk   waktu    yang   lama   sehingga    Allah   s.w.t  mengizinkan      kepada

sebahagian cucu dari kaum itu untuk kembali dan mereka pun kembali.

 

Selama     terjadi   peristiwa   yang    berdarah    tersebut,    Uzair  tidur   dan   dialah satu-satunya yang menjaga Taurat.

 

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar