Mushola Al-Islah Jl leces no.7 Sonosari Kab.Malang kumpulan doa rezeki,kumpulan doa tasawuf,makrifat,bahasa arab,sejarah kerajaan islam,sejarah kerajaan indonesia,sejarah kebudayaan islam

Minggu, 10 Agustus 2025

Kisah Masa Kecil Nabi Muhammad SAW

 Kisah Masa Kecil Nabi Muhammad SAW

 Diriwayatkan       bahwa     beliau    pernah     mengingat     masa    kecilnya     di  Bani    Sa'ad   dan    beliau membanggakannya.   Beliau   menyebutkan   pengorbanan   mereka   dan   sikap   mereka  yang   baik. Beliau berkata:   "Aku   termasuk   dari   Bani   Sa'ad,   tanpa   bermaksud   menyombongkan   diri.   Jika mereka berhadapan atau menyaksikan salah seorang mereka lapar, maka mereka akan membagi makanan di antara mereka." Kemudian   Muhammad   bin   Abdillah   kembali   ke   Mekah   saat   usianya   lima   tahun.   Beliau   hidup beberapa hari bersama ibunya di mana si ibu merasakan kesedihan   yang dalam atas kepergian ayahnya.

Kisah Masa Kecil Nabi Muhammad SAW

   Sesuai   janji   untuk   mengingat   ayahnya   yang   telah   pergi,   Aminah   menetapkan   untuk mengunjungi kuburannya di Yatsrib. Jarak antara Mekah dan Yatsrib lebih dari lima ratus kilo meter     di  gurun    yang   kering    yang   jauh   dari   tanda-tanda    kehidupan.     Anak     itu  menempuh peijalanan   yang   berat.   Setelah   perjalanan   yang   berat   ini,   Muhammad   bin   Abdillah   tinggal   di tempat   paman-paman   dari   ibunya   di   Madinah   selama   satu   bulan.    

Muhammad   melihat   rumah yang di situ ayahnya meninggal sebelum ia dilahirkan. Ia berziarah bersama ibunya ke kuburan

yang   sederhana   yang   ayahnya   dikuburkan   di   dalamnya.   Mula-mula   pikirannya   terfokus   pada keadaan yatim sambil ia mulai memperhatikan linangan air mata ibunya yang diam. Selesailah     masa     satu  bulan    keberadaannya       di   sisi  paman-pamannya.         Kemudian      ibunya menemaninya untuk kembali ke Mekah. Kedua anak manusia itu sampai di pertengahan jalan. Muhammad   bin   Abdillah   tidak   mengetahui   rahasia   kepucatan   wajah   ibunya.   Lalu   malaikatul maut   turun   di   suatu   tempat   yang   yang   bernama   Abwa.   Di   situlah   Aminah   binti   Wahab   telah bertemu dengan kekasihnya, Allah SWT. Sang ibu meninggal dan meninggalkan anak satu-satunya bersama seorang pembantu. Pembantu itu menampakkan rasa kasihnya terhadap anak kecil yang kehilangan ayahnya saat masih janin dan kehilangan ibunya saat berusia enam tahun. Muhammad bin Abdillah kini menjadi sendiri dan    ia  dalam    keadaan    menangis.     Ia  mencapai     kematangan      setelah   ia  melewati    kesedihan kehidupan dan kerasnya kehidupan sebagai anak yatim. Rasulullah   saw   pernah      ditanya   setelah  masa   diutusnya:     "Bagaimana   pandanganmu?"   Beliau menjawab: "Pengetahuan adalah modalku. Akal adalah dasar agamaku. Cinta adalah pondasiku. Zikrullah adalah kesenanganku. Dan kesedihan adalah temanku." Allah    SWT     telah   menyiramkan      kepadanya      sungai-sungai     kesedihan    sehingga     beliau  dapat memberikan kepada manusia buah dari kegembiraan dan ketulusan. Anak   kecil   itu   kembali   ke   Mekah   dalam   keadaan   sedih   dan   ia   tampak   terpaku.   Lalu   Abdul Muthalib, kakeknya menampakkan cinta yang luar biasa dan penghormatan padanya. Setelah dua tahun   ketika   Muhammad   bin   Abdillah   berusia   delapan   tahun,   maka   meninggallah   salah   satu benteng yang terbaik yang menjaganya, yaitu kakeknya Abdul Muthalib. Kemudian anak kecil itu   kini   merenungi   kakeknya   laksana   orang   dewasa.   Ia   tampak   tegar   seperti   layaknya   orang dewasa. Kita tidak mengetahui mengapa terjadi demikian. Mengapa hikmah Allah SWT mencegah Nabi yang   terakhir   untuk   mendapatkan   kasih   sayang   seorang   ayah,   kasih   sayang   seorang   ibu,   dan bimbingan   seorang   kakek?   Apakah   Allah   SWT   ingin   memberi   Nabi   yang   terakhir   suatu   kasih sayang     dan   cinta   yang   semata-mata      bersumber     dari   sisi-Nya?    Apakah     Allah   SWT     ingin mendidiknya       dengan    kesedihan    dan   memberinya      perasaan-perasaan      yang   penuh    dengan penderitaan?     Apakah    Allah   SWT    ingin  membuat     hati  Rasul-Nya    hanya   tertuju  kepadanya? Dahulu   Allah   SWT   berkata   kepada   Musa:   "Dan   Aku   telah   memilihmu   untuk   diri-Ku."   (QS. Thaha:     41)  Dahulu    Allah   SWT memberi kabar   gembira   kepada    Musa    di  dalam    Taurat sebagaimana      Isa  memberi     kabar  gembira    di  dalam Injil  dengan   kedatangan    seorang    Nabi setelahnya yang bernama Ahmad.       Dan Nabi Musa meminta kepada Tuhannya agar memberinya dan    memberi     umatnya    puncak    keutamaan,     lalu  Allah   SWT    menjawab      bahwa    Dia  telah menetapkan keutamaan ini kepada Nabi yang terakhir Ahmad dan umatnya. Allah SWT telah memilih Musa untuk diri-Nya.Meskipun Demikian,   Dia tidak mencegahnya untuk   mendapatkan   kasih   sayang   seorang   ibu   dan   mendidiknya   di   tengah-tengah   keluarganya. Namun Dia berkehendak untuk menjadikan Nabi yang terakhir tercegah dari mendapatkan kasih sayang seorang manusia dan cinta seorang manusia, sehingga Nabi tersebut hanya mendapatkan kasih sayang Ilahi dan cinta Ilahi. Allah     SWT     berfirman    menceritakan      tentang   keadaan     Rasul   terakhir:   "Bukankah      Dia mendapatimu   sebagai   seorang   yatim,   lalu   Dia   melindungimu.   Dan   Dia   mendapatimu   sebagai seorang   yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang    kekurangan,     lalu  Dia   memberikan     kecukupan.     Adapun     terhadap   anak   yatim,   maka janganlah   kamu   berlaku   sewenang-wenang.   Dan   terhadap   orang        yang   meminta-minta,   maka janganlah     kamu    menghardiknya.      Dan   terhadap    nikmat    Tuhanmu     maha    hendaklah    kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur). " (QS. ad-Dhuha: 6-11) Makna ayat tersebut secara harfiah adalah bahwa beliau dalam keadaan yatim lalu Allah  SWT melindunginya;   beliau   dalam   keadaan   tersesat   lalu   Allah   SWT   memberinya   petunjuk;   beliau dalam   keadaan   fakir   lalu   Allah   SWT   memampukannya.   Allah   SWT   melindunginya   dengan mengasuhnya,   membimbingnya,   dan   mencukupinya.   Itu   adalah   derajat   keutamaan   yang   tidak pernah dicapai oleh seseorang pun di dunia. Setelah    kematian    kakeknya,    maka   pamannya      Abu   Thalib   mengasuhnya.     Allah   SWT     telah meletakkan kecintaan pada hati pamannya, sehingga pamannya mengutamakan Muhammad saw daripada     anak-anaknya      dan   memuliakannya       serta  menghormatinya,       bahkan    Abu    Thalib mendudukkannya di ranjangnya   yang biasa dibentangkannya di hadapan Ka'bah di mana tidak ada seorang pun yang duduk selainnya.

Muhammad         bin  Abdillah    hidup   di  jantung    gurun   Mekah     sebagai   seorang    yang   memiliki kesadaran   yang   tinggi   di   antara   kaum   yang   sedang   lalai   dan   kaum   yang   mabuk-mabukan   dan para   penyembah   berhala   serta   para   pedagang   minuman   keras   dan   para   syair   dan   orang-orang yang berperang dan tokoh-tokoh kabilah. Muhammad bin Abdillah seorang yang banyak diam dan ketika usianya semakin dewasa, maka ia bertambah banyak diam. Beliau tidak berbicara kecuali jika diajak seseorang berbicara; beliau tidak   terlibat   dalam   permainan   hura-hura   anak-anak   muda;   beliau   merasakan   kesedihan   yang dalam;    beliau   sering   menyendiri   dan   membuka       matanya   di  hamparan     pasir-pasir.   Mulutnya terdiam     dan  akalnya    berpikir.  Beliau    merenungkan      di  masa    kecilnya   bagaimana     kaumnya bersujud     terhadap    berhala   dan   terpukau    dengannya;     bagaimana     orang-orang      berakal   mau bersujud   kepada   batu-batu   yang   tidak   memberikan   mudharat   dan   manfaat   dan   tidak   berbicara serta   tidak   dapat   melakukan   apa-apa.   Beliau   mewarisi   dari   kekeknya   Ibrahim   kebencian   yang fitri terhadap dunia berhala dan patung. Di   dalam   dirinya   terdapat   penghinaan   yang   besar   terhadap   sembahan-sembahan   dari   batu   ini, suatu   penghinaan   yang   menjadikannya   tidak   mau   mendekat   selama-lamanya   terhadap   patung tersebut. Namun hatinya yang besar dipenuhi dengan kesedihan yang lebih hebat dari kesedihan kakeknya Ibrahim. Beliau sedih karena akal manusia menyembah batu dan emas, kesombongan serta kekuasaan penguasa; beliau mendengar apa yang dikatakan manusia dan mengamat-amati urusan kehidupan dan keadaan masyarakat; beliau juga menyaksikan betapa banyak pertentangan dan   perkelahian   di   antara   manusia   yang   justru   disebabkan   oleh   masalah-masalah   yang   sepele, sehingga     keheranan     beliau   semakin    bertambah     dan   sudah   barang    tentu  kesedihannya      pun semakin dalam. Tidakkah manusia mengetahui bahwa mereka akan mati seperti ayahnya, ibunya, dan   kakeknya?   Mengapa   mereka   menimbulkan   pertentangan   ini,   hingga   mereka   mendapatkan lebih banyak kejahatan? Ketika usianya semakin bertambah, maka bertambahlah kezuhudannya dalam hidup, dan sepak terjangnya   terus   bersinar   memenuhi   penjuru   Mekah.   Beliau   tidak   sama   dengan   seseorang   pun dari kalangan pemuda saat itu. Meskipun kami kira bahwa kesedihannya disebabkan oleh hal-hal yang umum, tetapi beliau tidak mengungkapkan kegelisahan hatinya pada seseorang pun. Beliau belum   bertujuan   untuk   memperbaiki   masyarakat   atau   kemanusiaan.   Benar   bahwa   pertanyaan- pertanyaan kritis timbul dalam benaknya dan ingin segera menemukan jawaban, tetapi akalnya sendiri tidak dapat menemukan jawaban atau jalan keluar. Inilah yang dimaksud dengan makna ayat:

"Dan   Dia   mendapatimu   sebagai   seorang   yang   bingung,   lalu   Dia   memberikan   petunjuk."   (QS. adh-Dhuha:       7)   Yang   dimaksud   ad-Dhalal   (kesesatan)   di       sini  ialah   kebingungan   akal     dalam menafsirkan kejahatan dan usaha melawannya karena ketiadaan senjata dan kecilnya usia.

 Semua itu   justru  menambah       sikap   diam    anak   kecil   itu  dan  menjauhkannya        dari  dunia    yang   akan mencemari       akal,   sehingga    akalnya    selamat    dari   segala   noda   dan   tetap   di  bawah     naungan kejernihannya.   Anak   kecil   itu   tetap   jauh   dari   dosa-dosa   yang   dilakukan   oleh   kaumnya   yang berupa kecenderungan untuk menyembah berhala dan cinta kekuasaan dan kebanggaan. Ia selalu mendekat dan lebih mendekat kepada hakikatnya yang suci; ia mampu mempengaruhi orang lain dengan     jiwanya     yang   bersih   dan   rahmatnya     atau   kasih   sayangnya     tertuju   kepada    manusia, bahkan   kepada   binatang   dan   burung.   Ketika   ia   duduk   akan   makan   lalu   ada   burung   merpati berkeliling di seputar makanannya rnaka ia meninggalkan makanannya untuk burung itu. Pada saat   orang-orang      memukul      anjing   yang   mendekat     kepada     makanan     mereka,    maka    ia  justru mencabut   suapan   yang   ada   di   mulutnya   dan   memberikannya   pada   anjing,   kucing,   anak-anak kecil,   dan   orang-orang   fakir.   Bahkan   seringkali   di   waktu   malam   ia   tidur   dalam   keadaan   lapar karena ia memberikan makanannya ke orang lain. Muhammad saw adalah seorang fakir yang harus bekerja agar dapat makan, maka beliau bekerja sebagai   pengembala   kambing,   seperti   Nabi   Daud,   Nabi   Musa,   dan   nabi-nabi   yang   lain   yang diutus oleh Allah SWT. Kemudian beliau melakukan perjalanan bersama kafilah pamannya Abu Thalib   menuju   Syam   saat   beliau   berusia   tiga   belas   tahun.   Beliau   menyaksikan   keadaan   umat- umat   yang   lain,   maka   keheranannya   semakin   bertambah   terhadap   masa   jahiliyah   ini. Ketika beliau   menyaksikan   orang-orang   tersesat,   maka   kesedihannya   semakin bertambah   dan   hatinya semakin tersentuh dan pikirannya semakin dalam.

0 comments:

Posting Komentar