Mushola Al-Islah Jl leces no.7 Sonosari Kab.Malang kumpulan doa rezeki,kumpulan doa tasawuf,makrifat,bahasa arab,sejarah kerajaan islam,sejarah kerajaan indonesia,sejarah kebudayaan islam

Minggu, 18 Mei 2025

Kisah Nabi Muhammad Saw bag 3

 Dia   memberkahinya         dan   Dia menentukan padanya kadar makanan- makanan (penghuni)nya dalam empat masa.   (Penjelasan   itu   sebagai   jawapan)   bagi   orang-orang   yang   bertanya.

kisah nabi muhammad


 Kemudian       dia   menuju     kepada    penciptaan     langit   dan   langit   itu  masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: 'Datanglah kamu      keduanya     menurut     perintah-Ku      dengan    suka   hati   atau   terpaksa.' Keduanya        menjawab:       'Kami     datang     dengan     suka     hati.'   Maha     Dia menjadikannya   tujuh   langit   dalam   dua   masa   dan   Dia   mewahyukan   pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang- bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik- baiknya. Demikianlah       ketentuan     Yang    Maha    Perkasa    lagi  Maha    Mengetahui.      Jika mereka      berpaling,    maka     katakanlah:     'Aku   telah   memperingatkan        kamu dengan petir, seperti petir yang menimpa kaum 'Ad dan kaum Tsamud." (QS. Fushilat: 1-13) Rasulullah saw telah menjawab tawaran 'Utbah di mana beliau memilih untuk menghadapi   tawaran   dan   iming-iming   tersebut   dengan   membaca   sebahagian dari surah Fhusilat yang merupakan salah satu surah Al-Qur'an yang diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril. 'Utbah bangkit dari tempatnya ketika Rasulullah saw sampai pada firman-Nya: "Jika mereka berpaling, maka katakanlah: 'Aku telah memperingatkan kamu dengan   petir,   seperti   petir   yang   menimpa   kaum   "Ad   dan   kaum   Tsamud.   " (QS. Fushilat: 13) 'Utbah     berdiri   dalam    keadaan     takut   dan   segera    menuju     kaum    Quraisy. Bayang-bayang   azab   dunia   terngiang   di   telinganya.   Dan   ketika   ia   sampai   ke orang Quraisy, ia mengusulkan agar orang-orang Quraisy membiarkan apa saja yang dilakukan Muhammad. Gagallah perundingan dengan seorang Muslim yang pertama, yaitu Rasulullah saw. Gagalnya perundingan tersebut sebagai bentuk pemberitahuan tentang kembalinya tindak kekerasan dan penyeksaan terhadap sahabat-sahabat   Rasul   saw.   Kemudian   kaum   musyrik   semakin   meningkatkan penindasan   terhadap   kaum   Muslim.   Rasulullah   saw   sangat   menderita   melihat hal yang dirasakan para sahabatnya. Ketika kaum Muslim membayar harga yang paling   mahal   sebagai konsekuensi   dari   akidah   yang   mereka   anut   dan   mereka dengan   sabar   memikul   penderitaan   di   jalan   Allah   SWT,   maka   Rasulullah   saw mengisyaratkan        mereka     untuk    berhijrah.    Beliau   memberikan       izin  untuk berhijrah bagi orang yang ingin hijrah. Kemudian       Dimulailah    gelombang     hijrah.   Itu  terjadi   pada   lima   tahun   dari turunnya wahyu setelah dua tahun diumumkannya dakwah. Maka berhijrahlah ke    Habasyah    enam     belas  orang    Muslim.   Mereka     keluar   secara   rahsia   dan mereka menuju ke laut. Mereka berlayar meskipun orang- orang yang tinggal di gurun     sebenarnya     tidak   ingin  berlayar    kerana    mereka     takut   dari  laut  dan mereka yakin bahawa manusia yang berlayar di laut akan menjadi ulat di atas kayu-kayu yang berenang. Selanjutnya,   gelombang   hijrah   yang   kedua   pun   dimulai.

Kali   ini   diikuti   oleh delapan   puluh   tiga   orang   laki-laki   dan   sembilan   belas   perempuan.   Kemudian orang-orang      Quraisy    berusaha     untuk    mengirim     beberapa     orang    dan   tetap berusaha      menyeksa       dan   menyakiti      orang-orang      yang    berhijrah.    Mereka mengutus         ke     Najasyi,     Raja      Habasyah,       orang-orang        yang     dapat mempengaruhinya           untuk    menentang      orang-orang      yang    berhijrah.    Mereka menuduh kaum Muslim meninggalkan agama nenek moyang mereka di Mekah dan     mereka     juga   tidak   menganut      agama     Najasyi,    yaitu   agama     Kristen. Kemudian       orang-orang     Quraisy    tidak  lupa   mengirim     hadiah    kepada    Najasyi sebagai   bentuk   suapan   kepadanya.   Tampaknya   Najasyi   seorang   yang   berakal lalu   ia  mengutus      seseorang    kepada     kaum    muhajirin     dan   bertanya    kepada mereka   tentang   agama   baru   yang   mereka   anut.   Kemudian   kaum   muhajirin menceritakan kepadanya tentang Islam. Najasyi   bertanya   tentang   Isa   lalu   mereka   menjawab:   "Ia   adalah   hamba   Allah SWT   dan     rasul-Nya   dan    roh-Nya   serta    kalimat-Nya   yang   diletakkan      kepada Maryam,   wanita   yang   perawan   yang   suci."   Kemudian   Najasyi   mengambil  satu kayu   kecil   dari   bumi   dan   mengatakan:   "Penjelasan   tentang   Isa   yang   kalian katakan tidak lebih dari kayu kecil ini. Pergilah kalian dan kalian akan aman." Najasyi   mengembalikan   hadiah   kaum   Quraisy   dan   mengatakan:   "Allah   tidak mengambil suap dariku sehingga aku tidak mungkin mengambilnya dari kalian." Demikianlah   kaum   muhajirin   tinggal   di   negeri   yang   damai,   yaitu   Habasyah negeri yang dipimpin oleh seorang laki-laki yang diberi kematangan berfikir di mana ia cenderung mengimani karakter al-Masih sebagai seorang manusia. Dan salah   satu   keajaiban   kekuasaan   Ilahi   adalah   bahawa   masyarakat   Islam   yang berhijrah     tersebut     tidak   mengalami      kelemahan      dalam     akidahnya,     namun mereka justru merasakan kekuatan. Allah SWT memperkuat dakwah Islam dengan masuknya dua lelaki besar dalam Islam,   yaitu   Hamzah,   paman   Nabi   dan   Umar   bin   Khatab.   Kedua          orang   itu mempunyai keperibadian yang tangguh di Mekah di mana masing-masing dari mereka   terkenal   di   tengah-tengah   kaumnya.   Allah   SWT   berkehendak   untuk memberi   Islam   dua   orang   lelaki   yang   tangguh   di   Mekah   dan   Allah   SWT   telah meletakkan   rahmat   yang   terpancar   dalam   hati mereka.   Hamzah masuk  Islam kerana   dorongan   emosi,   fanatisme,   dan   rahmat   terhadap   orang-orang   yang tidak memberikan pembelaan kepada Muhammad saw. Salah seorang perempuan berkata kepada Hamzah: "Seandainya engkau melihat apa yang diperoleh oleh anak dari saudaramu, Muhammad dari Abil Hakam bin Hisyam   (Abu   Jahal). Sungguh   Abu  Jahal  telah   mencelanya   dan   menyakitinya, sedangkan      Muhammad        hanya    terdiam    dan   tidak    mengatakan      apa-apa." Mendengar pengaduan itu, darah mendidih berkobar dalam urat-urat Hamzah. Dengan     kemarahan      yang   sangat,   Hamzah     mencari-cari     Abu   Jahal   lalu  ia melihatnya       sedang     duduk-duduk      di   tengah-tengah       kaumnya.   

 Hamzah mengangkat       tangannya     lalu  memukulkannya       ke   kepala   Abu    Jahal   sambil berteriak: "Apakah engkau akan mengejek Muhammad, padahal aku berada di atas agamanya." Demikianlah permulaan keislaman Hamzah. Hamzah adalah seorang yang mulia di mana perasaannya berkobar ketika ia melihat anak saudaranya diseksa dan dianiayai   dan   dia   tidak   mendapati   seorang   pun   yang   membelanya.   Beginilah sebab-sebab pertama dari keislaman Hamzah, namun sebab yang paling dalam dan     yang    paling   menentukan       adalah    rahmat     Allah    SWT    yang    telah dianugerahkan       kepadanya,     meskipun     Hamzah     tidak   mengetahuinya,      yaitu rahmat yang mendorongnya untuk tidak membiarkan seseorang pun menyakiti lelaki yang berdakwah di jalan Allah SWT hanya kerana ia seorang yang lemah dan tidak mempunyai penolong. Jadi, Hamzah adalah penolongnya. Sedangkan Umar bin Khatab terkenal dengan ketangguhan sikap dan kekerasan perilaku.   Seringkali   kaum   Muslim   mendapat   seksaan   darinya   ketika   ia   masih menganut      jahiliah.   Dan   salah  seorang    yang   mendapatkan      seksaan   darinya adalah   Amir   bin   Rabi'ah   dan   isterinya.   Amir   berserta   isterinya   menetapkan untuk berhijrah ke Habasyah. Umar bin Khatab menemuinya lalu ia mendapati isteri Amir dan tidak menemukan suaminya. Umar melihat wanita itu sedang bersiap-siap untuk berhijrah lalu Umar berkata (saat itu sumber rahmat telah memancar   pada   dirinya):   "Apakah   engkau   akan   pergi   wahai   Ummu   Abdillah?" Dengan nada jengkel, wanita itu berkata: "Benar, demi Allah kami akan keluar dan menuju tanah Allah SWT. Engkau telah menyeksa kami dan telah memaksa kami untuk berhijrah. Kami akan pergi sehingga Allah SWT akan memberikan kelapangan       kepada    kami."    Umar     berkata:    "Mudah-mudahan        Allah   SWT menemanimu." Wanita itu melihat tanda-tanda kelembutan dan kesedihan pada wajah Umar. Dan   ketika   suaminya   kembali,   ia   menceritakan   kepadanya   bahawa   ia   sangat berharap kepada keislaman Umar. Lalu suaminya menjawab: "Ia tidak mungkin masuk Islam sampai keldai Umar masuk Islam." Ia mengatakan demikian kerana ia   melihat   betapa   bengisnya   dan   kejamnya   Umar.   Namun   perasaan   lembut wanita itu lebih kuat daripada pandangan fikiran lelaki itu dan keputusannya yang terlalu cepat kepada Umar. Belum     lama   mereka    berhijrah   sehingga    Umar   masuk    Islam.  Orang-orang muhajirin mengeluarkan penutup sumur rahmat dalam dirinya. Dan barangkali Umar   merasa   kebingungan   lalu   ia   menetapkan   untuk   membunuh   Rasul   saw. Dengan   menghunuskan   pedangnya,   ia   pergi   menuju   Rasul   saw.   Kemudian   ia bertemu dengan orang-orang yang memergokinya dalam keadaan kebingungan, lalu   mereka    bertanya   kepadanya,     hendak   ke   mana   ia  akan   pergi?  Umar menjawab:      "Aku   hendak   ke  Muhammad      aku   akan   membunuhnya      sehingga orang-orang     Arab   merasa    tenteram."    Dengan    nada   mengejek,     seseorang berkata:     "Tidakkah    engkau    memulai     dari   keluargamu     sebelum    engkau membunuh       Muhammad."      Dengan    nada   jengkel,   Umar   berkata:   "Apa   yang terjadi   pada   keluargaku?"   Lelaki   itu   menjawab:   "Saudara   perempuanmu   dan suaminya   telah   masuk   Islam,   sedangkan   engkau   tidak   mengetahuinya."   Umar segera    mencari    saudara   perempuannya      dan   suaminya     di  mana   saat   itu keduanya sedang membaca Al-Qur'an. Ketika    melihat   Umar,   mereka    menyembunyikan      Al-Qur'an.   Umar   bertanya: "Sepertinya     aku   mendengar      suara   bisikan    dari  luar."   Tetapi   saudara perempuannya       mengatakan:     "Tidak."  Kemudian    suaminya    ikut  campur    dan Umar     pun  tampak    marah    kepadanya.    Wanita   itu  bangkit   untuk   membela suaminya     lalu  Umar   memukulnya     sehingga   darah   segar  mengucur     darinya. Darah itu justru membangkitkan sumber rahmat dari diri Umar. Akhirnya, Umar mengambil   air   wuduk   agar   mereka   mengizinkan   untuk   membaca   Al-Qur'an. Umar   pun   membacanya.       Belum   lama   Umar   membacanya   sehingga      ia   pergi menemui Rasul saw. Tanpa ragu, Umar memilih untuk masuk Islam. Dan pedang yang dibawanya itu menjadi pedang yang paling kuat yang dengannya ia mempertahankan agama Muhammad   saw.   Kemudian   ia   mengetuk   pintu   untuk   menemui   Rasul   saw   di mana saat itu beliau bersama sahabatnya. Dari celah-celah pintu, sahabat Nabi melihat Umar bin Khatab sedang menghunuskan pedang. Kemudian sahabat itu kembali kepada Nabi dengan membawa berita yang sangat mengejutkan ini. Ia menduga bahawa Umar datang dengan maksud jahat. Rasulullah saw bangkit dan memerintahkan para sahabatnya agar membiarkan Umar. 

Rasulullah   saw   membukakan   pintu   Kemudian   ia   menyambut   Umar   bin Khatab     dan   bertanya   kepadanya     apa   yang   diinginkannya.    Umar    menjawab bahawa ia datang untuk mengucapkan dan bersaksi bahawa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya. Orang-orang      Quraisy    mulai    merasa    bahaya    akan    mereka     temui    setelah keislaman   Umar   dan   Hamzah. Para   tokoh-tokoh Mekah   dan   orang-orang   yang dihormati     telah   masuk    Islam.   Sebelum    Umar    masuk    Islam,   kaum    Muslim bertawaf di Ka'bah secara rahsia dan dengan malu-malu, namun ketika Umar masuk     Islam  ia  menampakkan       keislamannya     dan   ia  menantang     orang   yang mencegahnya   untuk   bertawaf,   bahkan   banyak   orang-orang   memberikan   jalan padanya saat tawaf. Mekah mengetahui bahawa ia menghadapi suatu dakwah yang akan dapat mengubah jazirah Arab. Rasa     ketakutan     mulai    menghantui      para   pemuka      Quraisy    dan   mereka menetapkan       metode     baru   untuk   menghadapi      kaum    Muslim.    Mereka    yang sebelumnya      menggunakan       metode    penghinaan     dan   pengejekan      kini  mulai mencuba untuk memblokade kaum Muslim secara ekonomi dan kemanusiaan. Kaum     musyrik    mengadakan      perkumpulan     dan   pertemuan     untuk   memboikot kaum      Muslim.    Mereka     mengadakan      pertemuan      itu   di   Ka'bah,   sebagai penghormatan kepadanya. Orang-orang musyrik menghormati Ka'bah meskipun mereka   memenuhinya   dengan   berbagai   macam   patung   yang   mereka   sembah dalam     rangka   mendekatkan       mereka    kepada    Allah.   Pasal   kesepakatan     itu menetapkan, hendaklah penduduk Mekah tidak menjual barang apapun kepada kaum     Muslim   dan   hendaklah     mereka    tidak  menikah    dengan    kaum    Muslim. Dengan   ketetapan   yang   kejam   tersebut,   mereka   ingin   menghancurkan   kaum Muslim dan membunuh perekonomian mereka. Rasulullah saw dan orang-orang yang   beriman   kepadanya   terpaksa   berlindung   di   dusun   Bani   Hasyim.   Mereka dilindungi    oleh   keturunan     Bani   Muthalib,    baik  mereka     orang-orang     kafir mahupun orang-orang beriman kecuali musuh Allah SWT, Abu Jahal di mana ia bersama orang-orang Quraisy menentang kaumnya. Kemudian   Dimulailah   blokade   ekonomi   terhadap   kaum   Muslim   di   mana   tidak ada makanan dan minuman yang datang kepada mereka, sehingga penderitaan yang sulit kini dialami oleh sahabat-sahabat Nabi. Ketika kafilah perdagangan datang   ke   Mekah   dan   salah   seorang   dari   sahabat   Nabi   menemui   mereka   di pasar untuk membeli makanan untuk keluarganya, maka Abu Lahab berdiri dan berkata   kepada   para   penjual,   wahai   para   pedagang,   mahalkanlah   dagangan kalian terhadap sahabat- sahabat Muhammad, sehingga mereka tidak mampu membelinya dan aku menjamin kerugian yang kalian alami, bahkan aku akan membeli apa saja yang ingin mereka beli dari kalian. Mendengar      hal   tersebut,   para   pedagang     pun   menjual    barang    dagangannya dengan   harga   yang   tidak   wajar,   sehingga   seorang   Muslim   kembali   ke   rumah keluarganya   tanpa   membawa   sedikit   pun   makanan.   Kemudian   pedagang   itu pergi ke Abu Lahab dan meminta kepadanya agar membeli barang yang ingin dibeli orang Muslim.

 Demikianlah peperangan tersebut terus terjadi sehingga kaum Muslim merasakan penderitaan yang sangat luar biasa di mana mereka dalam   keadaan   kelaparan   dan   kekurangan   pakaian   yang   layak.   Peperangan ekonomi      ini  terjadi  selama    tiga   tahun   penuh.    Saking    menderitanya      para sahabat   sampai-sampai   Sa'ad   bin   Abi   Waqas   pernah   keluar   pada   suatu   hari untuk memenuhi hajatnya, lalu ia mendengar suara gemerencing di bawah air kencing.     Tiba-tiba   ia  menemukan       sepotong    kulit  unta   yang   kering   lalu  ia mengambilnya dan membasuhnya. Kemudian ia membakarnya dan mencucinya dengan air sampai bersih lalu ia menjadikannya makanan selama tiga hari. Selama      tiga  tahun    tersebut    wahyu     tetap   turun   kepada     Rasul   saw    dan seakan-akan ia melupakan bencana yang keras ini. Allah SWT ingin mendidik para pengikut agama-Nya agar mereka mampu memikul segala penderitaan. Meskipun      kaum    Muslim     mendapatkan       berbagai    ujian   selama    tiga   tahun tersebut,   tetapi   aktiviti   dakwah   Islam   tidak   pernah   padam   dan   tidak   pernah surut. Kaum Muslim bertemu orang-orang selain mereka pada musim haji lalu mereka berbicara kepada orang-orang tersebut tentang keberadaan Allah SWT dan mereka meminta kepada para penghujung itu untuk mencari rahmat Allah SWT dan ampunan-Nya. Keteguhan kaum Muslim dan keberanian mereka telah memikat      banyak    orang   sehingga    mereka    masuk    Islam.   Bahkan    orang-orang musyrik   mulai   bertanya   kepada   diri   mereka   dan   mempertanyakan   kebenaran apa tindakan mereka. Lalu kecemburuan kepada kebenaran mulai menyerang hati. Kemudian Selesailah peperangan ekonomi terhadap kaum Muslim di mana kaum musyrik melihat itu tidak berdampak terlalu besar bagi kaum Muslim. Meskipun kaum Muslim menerima penderitaan dan kerugian namun jumlah mereka tetap bertambah       dan  keimanan     mereka     semakin    kuat   serta  kepercayaan      kepada Allah   SWT   pun   semakin   meningkat.   Lalu   datanglah   tahun   kesedihan   kepada Nabi.    Belum    lama    Rasulullah    saw   merasakan     dan   menghirup     udara    segar setelah tiga tahun masa blokade dan beliau ingin memulai kehidupan barunya dan dakwahnya, sehingga beliau dikejutkan dengan kematian isteri tercintanya Ummul   Mukminin   Khadijah   dan   kematian   bapa   saudaranya   yang   tercinta   Abu Thalib.

Abu     Thalib    adalah    seorang     yang    besar    yang    memiliki    kewibawaan       di tengah-tengah   kaum   Quraisy,   sehingga   usaha   kaum   Quraisy   untuk   menyakiti Nabi      menjadi      terbatas     ketika    mereka      berhadapan       dengan      "tembok perlindungan"       Abu     Thalib    kepada     kemenakannya.         Sedangkan      Khadijah merupakan tempat perlindungan dan kedamaian bagi Nabi. Ia adalah hati yang sangat     penyayang      yang   banyak     menghibur      Nabi   saat   beliau    berdakwah. Khadijah   adalah   sebaik-baik   teman   dan   sebaik-baik   isteri.   Begitu   juga,   bagi Khadijah      Rasulullah     saw    adalah    sebaik-baik     teman,     sebaik-baik     suami, sebaik-baik pembantu, dan sebaik-baik sahabat. Rasulullah      saw   sangat    sedih    ketika    kehilangan     dua   orang    yang    sangat berpengaruh       dalam    kehidupannya      itu,  bahkan     para   sejarawan     menamakan tahun     tersebut   dengan     tahun   kesedihan.     Sebaliknya,    orang-   orang    musyrik justru    bergembira      dengan    kesedihan     Rasul    saw   itu.  Mereka     menganggap bahawa Rasul saw tidak lagi memiliki seorang tua yang mampu melindunginya dan     tidak   lagi   memiliki    seorang     isteri  yang    dapat    meringankan       beban penderitaannya. Setelah     kematian    dua   orang    tersebut,   penindasan     dan   penganiayaan      kaum Quraisy     kepada    Nabi   semakin    meningkat     dan   orang-orang     musyrik   memilih waktu     yang    tepat    untuk    menyembelih       binatang     di  Mekah     lalu   mereka membawa   usus-usus   atau   jeroan   dari   unta   dan   mereka   melemparkannya   dan meletakkannya        di  atas  punggung     Nabi   saat   beliau   sujud.   Kemudian      berita memilukan itu sampai kepada puteri tercintanya, Fatimah az-Zahrah, sehingga ia segera datang dan berusaha membela ayahnya dan membersihkan kotoran yang ada di pundak ayahnya itu. Demikianlah kemuliaan Siti Fatimah az-Zahra yang senantiasa melindungi ayahnya. Betapa sedihnya Nabi saw ketika beliau melihat bahawa keadaan beliau sampai pada   batas   di   mana   anak   perempuan   beliau   pun   turut   membelanya.   Namun beliau   tetap   bersabar   dalam   berdakwah   di   jalan   Allah   SWT.   Pada   suatu   hari beliau berfikir untuk pergi ke Tha'if di mana di sana dihuni oleh kaum Tha'if. Barangkali beliau berkata dalam dirinya: jika di sini aku mendapati hati-hati yang    telah   membeku      dan   telah   berhubungan      mesra    dengan    kebatilan    lalu mengapa   aku   tidak   pergi   ke   Tsaqif.   Barangkali   Allah   SWT   akan   membukakan pintu dakwah di sana. Mungkin di sana masih terdapat hati yang akan terbuka guna menerima kebenaran.

Saat    itu  kaum     musyrik    memperlakukan        blokade    umum     atas   dakwah     yang dipimpin      oleh   Rasulullah     saw    sehingga    tekanan     kepada     beliau    semakin meningkat       sampai    pada    batas    di  mana     pergerakan      dakwah     tidak   dapat bergerak satu langkah pun. Keadaan demikian ini sangat menggelisahkan Nabi. Beliau     ingin   untuk    melepaskan      belenggu     yang    mengikatnya.      Lalu    beliau memutuskan   untuk   pergi   ke   Tha'if.   Jarak   antara   Mekah   dan   Tha'if   lebih   dari tujuh   puluh   kilo   meter.   Nabi   menempuh   perjalanan   itu   dengan   jalan   kaki, pergi dan pulang. Kita   tidak   mengetahui   pemikiran-pemikiran   apa   yang   terlintas   dalam   benak Rasulullah saw saat beliau pergi dan menemui kabilah yang kafir kepada Allah SWT     ini.  Yang    kita  ketahui    adalah    bahawa     beliau   pergi   ke   sana   dengan membawa   rahmat   dunia   dan   akhirat.   Tetapi   mereka   justru   membalas   sikap baik    Rasulullah    saw   itu   dengan    tindakan    Jahiliah.    Mereka    bersikap    buruk kepada   beliau   dan   mendustakannya.   Rasulullah   saw   tinggal   di   sana   selama sepuluh hari. Beliau mundar-mandir   dari   satu   rumah   ke   rumah   yang   lain   dan   dari   pasar   ke   pasar yang    lain   dan   dari  satu   jalan   ke  jalan   yang    lain.  Tak   seorang    pun   yang mendengar kedatangan beliau di sana; tak seorang pun yang mahu mendengar dakwah   beliau   dan   tak   seorang   pun   yang   mahu   beriman   kepada   ajakannya. Bahkan masyarakat di situ semakin menjadi-jadi dalam menyerang Rasulullah saw dan mengejeknya. Pada hari yang terakhir yang mana beliau telah menetapkan untuk kembali ke Mekah. Rasulullah saw berdiri di Tha'if dan mengharap kepada masyarakat di sana agar merahsiakan kunjungannya kepada mereka sehingga pencelaan yang beliau     terima    di  Mekah     terhadap     agama    yang    dibawanya      tidak   semakin menjadi-jadi. Tetapi penduduk Tha'if menolak permohonan yang terakhir ini. Mereka   tidak   cukup   melakukan   hal   itu   tetapi   mereka   melakukan   perbuatan terburuk yang dilakukan manusia terhadap sesama manusia. Mereka menahan keluarga orang-orang yang bodoh dan orang-orang biasa untuk membentuk dua barisan   dan   memerintahkan   mereka   untuk   melempari   Rasulullah   saw   dengan batu     dan   mengejeknya.       Nabi   keluar    dari  Tha'if   dan   beliau   mendapatkan lemparan bertubi-tubi dari keluarga Tha'if bahkan beliau merasakan kepedihan saat kakinya terkena lemparan batu itu sehingga darah suci mengucur dari kaki beliau. Kemudian   Rasulullah   saw   diusir   sehingga   beliau   sampai   di   suatu   kebun   yang dimiliki oleh dua orang dari orang-orang kaya Tha'if. Di sana beliau duduk di bawah   naungan   pohon   anggur.  

Dua   orang   pemilik   kebun   itu   merasa   kasihan melihat      keadaan     orang    yang    terusir   dan   terluka    itu.   Mereka    membawa kepadanya       setangkai    anggur    dengan     seorang    pembantu.      Pembantu      mereka adalah seorang Nasrani yang bernama Adas. Si pembantu meletakkan setangkai anggur   itu   depan   Rasul   saw   lalu   beliau   menghulurkan   tangannya   kepadanya sambil     berkata:    "Bismillahirahmanirrahim         (Dengan     nama     Allah   yang    Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Adas berkata kepada Nabi, perkataan ini tidak begitu dikenal oleh penduduk negeri ini. Nabi berkata: "Anda   dari   daerah   mana?"   Adas   menjawab:   "Aku   adalah   seorang   Nasrani   dari Nainawa." Nabi berkata: "Apakah engkau dari desa lelaki soleh Yunus bin Mata?" "Bagaimana engkau tahu tentang Yunus?, sambung lelaki itu. Nabi berkata: "Itu adalah saudaraku. Ia adalah seorang Nabi aku pun seorang Nabi." Mendengar   jawapan   Rasul   saw,   Adas   segera   merobohkan   tubuhnya   di   depan kedua      kaki   Rasul   saw    lalu   ia  menciuminya        sambil    menangis.     Akhirnya, pembantu       Nasrani    itu   masuk    Islam    sehingga    ia  menambah        barisan   kaum Muslim. Ia adalah seorang yang menjadi Muslim ketika Rasulullah saw berhijrah ke Tha'if.   Inilah harga   yang   harus  dibayar   Rasulullah   saw selama   dua   minggu saat   beliau   berada   di   Tha'if,   dan   kemudian   beliau   terkena   cubaan   dengan mengucurnya darah dari kaki beliau akibat lemparan batu penghuni Tha'if. Kemudian   Rasulullah   saw   kembali   ke   Mekah   beliau   kembali   dalam   keadaan ditolak oleh penduduk Tha'if dan kini beliau kembali menerima penolakan itu di   Mekah.   Meskipun   demikian,   beliau   merasakan   kesedihan   yang   mendalam melihat     sikap   kaumnya.      Namun     ketika    kebencian     semakin     deras   mengalir kepada beliau, hati beliau justru semakin bersemangat dan semakin dipenuhi dengan   rahmat   kemudian   datanglah   kepada   Nabi   masa   di   mana   tampak   di dalamnya       Islam   asing,   dan   tampak     di  dalamnya     Nabi    seorang    diri,  tanpa penolong. Pada saat demikian ini ketika manusia mulai meninggalkan Rasulullah saw lalu langit turut campur dan terjadilah peristiwa besar dan mukjizat terbesar pada diri   Nabi,   yaitu   Isra'   dan   Mi'raj.   Ia   adalah   mukjizat   yang   tidak   berhubungan dengan   dakwah   Islam;   ia   tidak   datang   untuk   memperkuat   dakwah   ini   atau menetapkannya tetapi ia datang semata- mata untuk memperkuat keteguhan Nabi    dan    sebagai    penghormatan       kepadanya.      Seakan-akan      Allah   SWT    ingin berkata      kepada     Nabi,   jika   saja   penduduk      bumi    tidak   memujimu,       maka penduduk   langit   mengenal   kedudukanmu   dan   memberikan   pujian   yang   layak kepadamu dan jika manusia menolak dakwahmu dan menolak keberadaanmu,

maka sesungguhnya Allah SWT memilihmu dan memuliakanmu. Untuk melihat tanda-tanda kebesaran-Nya, munculnya mukjizat Isra' dan Mi'raj dalam      sejarah     para     nabi    sebagai     mukjizat      satu-satunya      yang     tiada tandingannya       dibandingkan      dengan     kisah   nabi   yang   lain.   Kita  mengetahui bahawa   di   deretan   para   nabi   ada   nabi-nabi   yang   dinamakan   oleh   Allah   SWT sebagai     para   kekasih-Nya      dan   sebagai    para   pendamping-Nya,        seperti   Nabi Ibrahim.   Kita   juga   melihat   bahawa   di   antara   para   nabi   ada   seseorang   yang diajak   bicara   oleh   Allah   SWT   tanpa   perantara,   seperti   Nabi   Musa.   Kita   juga melihat di antara para nabi ada yang didukung oleh Allah SWT dengan Ruhul kudus, seperti Nabi Isa. Tetapi untuk pertama kalinya kita berada di hadapan seorang     nabi   yang    diajak   dan   dipanggil    oleh   Allah   SWT   untuk    menuju     ke sisi-Nya. Beliau     naik  bersama     Jibril  dengan     jasadnya    dan    rohaninya    sehingga     Jibril berdiri    di  suatu   tempat     dan   Nabi   maju    sendirian.    Itu  adalah    tingkat   dari tingkat kehormatan di mana pena terasa keluh untuk mengungkapkannya dan sejarawan   tidak   dapat   menulis   apa   yang   terjadi   saat   itu.   Kita   telah   melihat dalam     kisah   para   nabi   seorang    nabi   yang   meminta      kepada    Tuhannya      agar memperlihatkan   kepadanya   bagaimana   Dia   menghidupkan   orang-orang   yang mati. Allah SWT bertanya kepadanya, apakah ia belum beriman akan hal itu? Ibrahim menjawab: bahawa ia beriman tetapi ia ingin menenangkan hatinya. Kita   juga   melihat   dalam   kisah   para   nabi   seorang   nabi   yang   cintanya   kepada Allah   SWT   memancar   dalam   kalbunya   sehingga   ia   meminta:   "Ya   Tuhanku, nampakkanlah         (diri   Engkau)     kepadaku      agar    aku   dapat    melihat     kepada Engkau". (QS. al-A'raf: 143) Namun Allah SWT menjawab kepada Musa tentang kemustahilan melihat Allah SWT atas manusia. Nabi Musa memahami bahawa makhluk manapun tidak akan mampu menahan beban penampakan dari Zat sang Pencipta. Adapun      Muhammad        bin  Abdillah    ia  tidak   bertanya     kepada     Tuhannya     dan meminta   kepadanya   untuk   diberi   mukjizat   atau   kejadian   yang   luar   biasa;   ia tidak   meminta   kepada   Tuhannya   agar   dapat   melihat   Zat-Nya   dan   ia   tidak berusaha      mencari     ketenangan      dalam    hatinya.    Cintanya    kepada     Allah   SWT termasuk bentuk cinta yang sulit untuk difahami atau diselami kedalamannya oleh para tokoh pencinta dan cintanya tersebut bukan termasuk bentuk yang menimbulkan          berbagai     pertanyaan.       Cinta     beliau     melampaui       tingkat permintaan   menuju   ke   tingkat   penyerahan   dan   kepuasan   atau   ridha.   Segala sesuatu yang menggelisahkan Nabi adalah ridha Allah SWT.

 Rasulullah     saw   berkata    saat   beliau   dalam    keadaan     ditolak   dan   diusir   dan terluka   akibat   perbuatan   kaum   Tha'if:   "Jika   Engkau   tidak   murka   kepadaku, maka aku tidak peduli dengan mereka." Lihatlah      tingkat     cinta    yang    tinggi    itu:   bagaimana       tingkat     tersebut menyebabkan beliau merasa rendah diri sehingga beliau berkata, "jika Engkau tidak murka kepadaku ..." Seakan-akan beliau tidak menginginkan selain ridha Allah SWT dan yang beliau khuatirkan adalah kemarahan Allah SWT. Sungguh   adab   yang   diterapkan   Rasulullah   saw   kepada   Tuhannya   adalah   adab yang    paling   layak   dan   paling   tinggi   yang   sesuai   dengan     kedudukan     beliau sebagai orang Muslim yang paling sempurna. Demikianlah       mukjizat     Isra'  dan    Mi'raj.   Mukjizat     yang   tujuannya      adalah menghormati        keperibadian      Rasulullah    saw;    mukjizat    yang    membangkitkan peranan   akal   dan   hati   secara   bersama.   Para   nabi   tanpa   terkecuali   didukung oleh   berbagai   macam   mukjizat   yang   terjadi   di   muka   bumi   bahkan   para   nabi yang   diangkat   ke   langit   seperti   Nabi   Idris   dan   Nabi   Isa,   maka   pengangkatan mereka sebagai bentuk menyelamatkan mereka dari usaha pembunuhan atau penyaliban.   Mukjizat   mereka   saat   mereka   diangkat   ke   langit   adalah   bentuk akhir dari aktiviti mereka di muka bumi. Ini   adalah   kali   pertama   ketika   kita   mendapati   suatu   mukjizat   yang   tempat utamanya di langit; suatu mukjizat yang terwujud bersama seorang Nabi yang diangkat ke langit dengan jasadnya dan rohaninya saat beliau masih hidup. Di sana    Allah   SWT     memperlihatkan       kepadanya      tanda-    tanda    kekuasaan-Nya. Kemudian beliau kembali ke bumi di mana beliau akan mendapatkan berbagai macam       tantangan     dan   cubaan     yang   biasa   diterima    oleh   penduduk      bumi. Muhammad bin Abdillah adalah manusia yang pertama melewati planet bumi dan     beliau    menembus        bulan    dan    matahari     dan    bintang-bintang.       Kita menyaksikan   di   zaman   kita   manusia   pertama   atau   astronaut   pertama   yang mampu   menembus   ruang   angkasa.   Ruang   angkasa   itu   baru   dapat   ditembusi oleh manusia setelah empat belas abad dari turunnya risalah Muhammad saw, namun   sejak   empat   belas   abad   yang   lalu   Nabi   Islam   telah   dapat   menembus ruang     angkasa    itu,  bahkan    beliau    mencapai     Sidratul   Muntaha     dan   puncak al-Muntaha.

 Beliau   sampai   pada   batas   yang   di   situlah   alam   makhluk   diakhiri   dan   beliau menembus   alam        ghaib.   Bukankah     syurga   bahagian     dari  alam   ghaib?    Beliau sampai   di syurga.   Allah   SWT  menamakannya   dengan   Jannatul   Ma'wah. Beliau sampai     pada    batas   terputusnya     ilmu   manusia    dan    tiada  yang    mengetahui hakikat     ilmu  tersebut    kecuali   Allah   SWT.    Mukjizat    Isra'  bukanlah   mukjizat Mi'raj, meskipun kedua-duanya terjadi di satu malam. Peristiwa Isra' dan Mi'raj dikutip   oleh   dua   surah   yang   berbeza   dalam   Al-   Qur'an   al-Karim.   Allah   SWT berfirman tentang mukjizat Isra': "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkali sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebahagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.   Sesungguhnya   Dia   adalah   Maha   Mendengar   lagi   Maha   Mengetahui." (QS. al-Isra': 1) Sedangkan berkaitan dengan mukjizat Mi'raj, Allah SWT berfirman: "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli)   pada   waktu   yang   lain,   (yaitu)   di   Sidratul   Muntaha.   Di   dekatnya   ada syurga tempat tinggal. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi   oleh   sesuatu   yang   meliputinya.   Penglihatannya   (Muhammad)   tidak berpaling      dari    yang    dilihatnya     itu   dan    tidak    (pula)    melampauinya. Sesungguhnya         dia   telah    melihat     sebahagian      tanda-tanda       (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar." (QS. an-Najm: 13-18) Pada malam Isra' dan Mi'raj, Nabi Muhammad berkeliling di sekitar Ka'bah dan berdoa kepada Allah SWT. Beliau dalam keadaan pucat wajahnya dan kedua air matanya      mengucur;      beliau   tidak   bertawaf    bersama     seseorang    pun;    beliau tawaf   sendirian   lalu   orang-orang   kafir   dan   orang-orang   musyrik   memandang beliau   dengan   pandangan   kebencian   saat   beliau   bertawaf   dan   berdoa.   Allah SWT     melihat     hamba-Nya      yang    khusyuk     itu  lalu   Allah   SWT    menurunkan perintah-Nya       kepada     Ruhul    Amin    yaitu    malaikat     Jibril  agar    menemani hamba-Nya dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha Kemudian membawanya naik ke langit agar dia dapat melihat tanda-tanda kebesaran Tuhannya. Di   suatu   rumah    yang   mulia   dan    sederhana   dari    rumah-rumah   yang   ada   di Mekah, Nabi saw sedang tidur dan datanglah waktu pertengahan malam. Jibril turun dan memasuki rumah sang Rasul saw. Jibril as berdiri di sisi kepala sang Nabi dan ia melihat kepadanya dengan pandangan cinta.

Pandangan Jibril itu membangunkan          Rasul   saw   kemudian     beliau   membuka       kedua    matanya     dan bangkit dari tempat tidurnya. Jibril berkata kepada Nabi saw, salam kepadamu wahai Nabi yang mulia. Allah SWT   ingin   agar   engkau   melihat   sebahagian   tanda-tanda   kebesaran-   Nya   di alam. Kemudian Jibril berjalan bersama Nabi saw. Mereka keluar dari rumah dan   beliau   menyaksikan   Buraq   yaitu   makhluk   yang   menyerupai   burung   dan mempunyai   sayap   seperti   burung   garuda;   makhluk   yang   terbuat   dari   kilat. kerana itu, ia dinamakan dengan Buraq. Kilat adalah listrik dan listrik adalah cahaya. Cahaya adalah makhluk yang tercepat yang kita kenal di bumi. Kilauan cahaya pada satu detik saja   mencapai      186   ribu  mil.   Kita  tidak   akan  terlibat   terlalu   jauh   tentang kenderaan luar angkasa yang digunakan dalam perjalanan itu; kita tidak akan bertanya      bagaimana     Nabi    saw   menembus       alam   ruang    angkasa    tanpa    ada latihan sebelumnya dan berapa lama waktu yang beliau gunakan untuk pulang pergi;   kami   juga   tidak   akan   bertanya   tentang   kecepatan   Buraq;   kami   tidak hairan   dengan   usaha   penembusan   luar   angkasa   ini;   kita   tidak   akan   bertanya tentang semua itu kerana kita mempunyai satu jawapan dari semuanya: Allah SWT berkehendak agar hal itu terjadi dan untuk itu Allah SWT mengatakan kun jadilah, maka jadilah. Para ulama berselisih pendapat tentang apakah Isra' dan Mi'raj terjadi dengan roh   saja   atau   dengan   rohani   dan   jasad   sekaligus.   Ahli   hakikat   mengatakan bahawa itu terjadi dengan roh dan jasad. Tentu perselisihan itu berakibat pada perselisihan     akal   dan   terjerumus     dalam    perangkap     kaifa   (bagaimana)      dan bertanya tentang kekuasaan Allah SWT dan usaha untuk menundukkan masalah ini terhadap sebab-sebab yang biasa atau hukum-hukum kita yang alami atau logik   kemanusiaan.   Allah   Maha   Suci   dan   Maha   Tinggi   dari   semua   itu.   Apakah seseorang   akan   bertanya,   bagaimana   Rasulullah   saw   naik   berserta   roh   dan fiziknya ke puncak segala puncak di langit kemudian beliau kembali sebelum tempat      tidurnya   dingin?    Mukjizat    apa   yang   terjadi   di  sini  yang   melebihi mukjizat berubahnya air mani menjadi manusia dan berubahnya benih menjadi pohon atau mukjizat air yang menghidupkan tanah, atau ia mampu memuaskan kehausan   si   dahaga   atau   mukjizat   cinta   yang   mengikat   dua   hati   yang   belum pernah mengenal? Sementara itu, Buraq menundukkan badannya kepada Nabi saw kemudian Nabi saw menungganginya bersama Jibril dan Buraq pergi bagaikan anak panah dari cahaya     di   atas   gunung    Mekah     dan   pasir-pasir    menuju     ke   utara.   Jibril mengisyaratkan agar menuju arah gunung Saina' lalu Buraq itu berhenti. Jibril berkata   di   tempat   yang   diberkati   ini,   Allah   SWT   berdialog   dengan   Musa   as. Kemudian Buraq kembali pergi ke Baitul Maqdis, Nabi saw turun dari pesawat ini yang berjalan lebih cepat dari cahaya dan jutaan kali lebih cepat darinya dan ia tidak berubah dari cahaya. Nabi   berjalan   bersama   Jibril   dan   memasuki   Baitul   Maqdis.   Beliau   memasuki masjid dan beliau mendapati semua nabi sedang menunggunya di sana. Allah SWT membangkitkan gambar para nabi-Nya dari kematian dan mengumpulkan mereka   di   Masjid   Aqsha.     Para  malaikat   memberinya   suatu   bejana   yang   di dalamnya      terdapat    susu  dan   bejana    yang   lain  yang   di  dalamnya     terdapat khamer.   Lalu   beliau   memilih   susu   dan   meminumnya.   Dikatakan   pada   beliau, sesungguhnya engkau telah memilih fitrah dan umatmu akan memilih fitrah.

 Para nabi mengitari Rasul saw dan datanglah waktu solat. Para nabi bertanya di   antara   sesama   mereka, siapa   di antara   mereka   yang   menjadi imam   solat, apakah      itu  Adam,    Nuh,    Ibrahim,    Musa    atau   Isa?  Jibril  berkata    kepada Muhammad        saw,    sesungguhnya      Allah   SWT    memerintahkanmu         untuk   solat bersama para nabi. Rasulullah saw berdiri dan solat bersama para nabi. Mereka semua adalah orang-orang Muslim dan beliau adalah orang-orang Muslim yang pertama.      Secara   logik  bahawa     beliau   layak  menjadi     imam    dari  para   nabi sebagaimana kitabnya dijadikan kitab yang terbaik daripada kitab-kitab yang mendahuluinya.        Beliau   membacakan       Al-Qur'an    kepada    mereka     dan   beliau menangis saat membacanya. Kekhusyukan beliau saat membacanya membuat para nabi pun menangis. Dan ketika para nabi sujud di belakang imam mereka, pohon-pohon dan bintang-bintang pun turut bersujud. Selesailah waktu solat dan para nabi membubarkan diri. Setiap nabi kembali ke langit yang mereka tinggal di dalamnya. Nabi keluar dari masjid bersama Jibril dan    mereka    kembali    menunggang      Buraq    seperti   panah   dari  cahaya.    Buraq semakin meninggi dan ia melewati langit pertama lalu beliau menyaksikan Nabi Adam. Kemudian ada panggilan dari Allah SWT: "Hendaklah hamba-Ku semakin meninggi dan menjauh." Kemudian hamba Allah SWT Muhammad bin Abdillah semakin terbang menjauh ia melampaui langit demi langit. Beliau melampaui tempat materi dan mulai menjangkau tempat rohani dan melewatinya. Beliau bersiap berdiri di haribaan Ilahi; beliau semakin tinggi dan jauh di tingkat dan di puncak rohani dalam kecepatan yang tidak kurang dari kecepatan kilat.

Beliau   melampaui   kedudukan   Nabi   Adam   di   langit   pertama   dan   melampaui kedudukan       Nabi   Yahya    dan   Nabi   Isa  di  langit  kedua.    Lalu   Tuhan    pemilik kemuliaan      memanggil,      "hendaklah     hamba-Ku      lebih   tinggi   lagi."  Kemudian hamba Allah SWT dan Nabi-Nya yang mulia mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi. Beliau melampaui langit yang ketiga, keempat, kelima, keenam, dan ke tujuh. Beliau melampaui alam materi semuanya dan melampaui alam rohani. Akhirnya,   beliau   sampai   ke   Sidratul   Muntaha.   Beliau   sampai   di   tempat   yang suci yang Allah SWT menamakannya dengan sebutan Sidratul Muntaha dan di sana Nabi melihat dan menyaksikan Jannatul Ma'wa. Beliau menyaksikan yang kita      tidak      mampu        mengetahuinya          dan      memahaminya           bahkan membayangkannya: "(Muhammad   melihat   Jibril)   ketika   Sidratul   Muntaha   diliputi   oleh   sesuatu yang   meliputinya.   Penglihatannya   (Muhammad)   tidak   berpaling   dari   yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya." (QS. an-Najm: 16-17) Sungguh      terjadilah   pada    tempat    itu  apa   yang    terjadi  dengannya.      Dengan kebesaran yang misteri ini, Allah SWT memberitahu kita bahawa terjadilah hal penting di sana meskipun hakikat hal tersebut tersembunyi dari kita. Sesuatu yang Allah SWT sembunyikan dari kita tersebut disaksikan oleh Rasul saw. Itu adalah     mukjizat    yang   khusus    baginya;   itu  adalah    tingkat   cinta   yang   tidak tersingkap   tabirnya   kerana   ketinggiannya   yang   tidak   mampu   ditangkap   oleh pengetahuan manusia biasa. Kemudian Tuhan pemilik syurga dan neraka memanggil, "hendaklah hamba-Ku lebih tinggi lagi." Hamba Allah SWT Muhammad bin Abdillah menaik ke tempat yang   tinggi.   Kali   ini   beliau   melihat   Jibril   yang   berada   di   belakangnya   lalu beliau mendapatinya dalam keadaan bertasbih kepada Allah SWT. Jibril tidak berada   dalam   wujud   manusia   seperti        yang   Nabi   saksikan   ketika   berada   di dunia. Jibril as kembali ke dalam wujud malaikatnya. Nabi melihat Jibril dan ia merupakan tanda kebesaran Allah SWT yang Allah SWT janjikan untuk di perlihatkan kepadanya: Penglihatannya   (Muhammad)   tidak   berpaling   dari   yang   dilihatnya   itu   dan tidak (pula) melampauinya." (QS. an-Najm: 17) Pemandangan         itu  terjadi   dengan    hati  dan   mata    serta   panca    indera   yang dikenal   dan   yang   tidak   dikenal.   Pemandangan   itu   benar-benar   jelas.   Di   sana bukan mimpi, bukan khayalan, dan bukan gambaran. Rasul saw melihat semua itu dengan jasadnya dan rohaninya: "Penglihatannya   (Muhammad)   tidak   berpaling   dari   yang   dilihatnya   itu   dan tidak (pula) melampauinya." (QS. an-Najm: 17) Kemudian Rasulullah saw menuju ke tempat yang tinggi dan lebih tinggi lagi. Beliau   semakin   naik   ke   tingkat   yang   makin   tinggi   sampai   beliau   berdiri   di hadapan   Tuhan   Pencipta   langit   dan   bumi   dan   Penebar   kasih   sayang   di   dunia dan   di   akhirat.

  Orang   Muslim   yang   paling   sempurna   itu   bersujud   di   hadapan Tuhan Sang Pencipta sambil berkata: "Sungguh penghormatan dan keberkatan serta    selawat     yang   baik    tertuju   hanya     kepada    Allah    SWT."    Allah   SWT membalasnya:        "Salam    kepadamu      wahai    Nabi   dan   rahmat    Allah   SWT    serta berkat-Nya   juga   tercurah   kepadamu."   Para   malaikat   pun   ketika   mendengar ucapan      itu  bertasbih    dan    mengatakan:       "Salam    kepada    kita   dan   kepada hamba-hamba Allah SWT yang soleh." Ungkapan-ungkapan   tersebut   merupakan   permulaan   tahiyat   (penghormatan) yang    diucapkan     orang-orang     Muslim    saat   mereka    melaksanakan       solat  pada setiap   hari.   Solat   telah   diwajibkan   atas   kaum   Muslim   pada   kesempatan   yang besar ini. Hal popular di kalangan umumnya kaum Muslim adalah, bahawa Allah SWT mewajibkan atas Nabi mula-mula lima puluh solat sehari. Kemudian Nabi turun    dari   langit  lalu  beliau    menemui     Nabi    Musa.   Selanjutnya     Nabi   Musa bertanya kepadanya tentang jumlah solat yang diwajibkan Allah SWT kepada umatnya. Nabi menceritakan bahawa Allah SWT telah menentukan lima puluh kali    solat.  Nabi    Musa    berkata    sungguh     umatmu      tidak   akan    kuat   untuk melakukan       solat   itu,   maka    kembalilah      kepada    Tuhanmu       dan   mohonlah kepadanya   agar      Dia   meringankan      bagi  umatmu.      Lalu  Nabi   kembali    kepada Tuhan-Nya sehingga Allah SWT meringankan solat hingga sepuluh kali. Setelah itu,    Nabi    kembali     bertemu      dengan      Nabi    Musa.    Lagi-lagi    Nabi    Musa memperingatkannya. Kemudian Nabi kembali lagi kepada Allah SWT sehingga sampai diturunkan solat dari lima puluh kali menjadi lima kali sehari. Namun solat yang lima kali itu pahalanya sama dengan solat yang lima puluh kali. Menurut hemat kami, kisah tersebut tidak memiliki sandaran dalam kitab-kitab ulama     yang    benar-benar     teliti.  Kami    kira,  kisah   itu   tersebut    merupakan rekayasa      orang-orang     Yahudi    di  mana     mereka     masuk    Islam    dan   mereka memenuhi         kitab-kitab     dengan     dongeng-dongeng         khurafat     dan    mereka menisbatkannya   kepada   Rasul.   Prasangka   tersebut   didukung   oleh   pemilihan Musa sebagai seorang Nabi yang mengusulkan kepada Rasul saw agar meminta keringanan atas umatnya sehingga terkesan Nabi Musa menjadi seseorang yang lebih   mengetahui   sesuatu   yang   tidak   diketahui   oleh   Nabi   Muhammad.   Kami sendiri   cenderung   untuk   menolak   kisah   tersebut   dengan   keyakinan   bahawa pertemuan        Nabi   dengan     Allah    SWT    menimbulkan        rasa   kebesaran      dan kewibawaan   yang   luar   biasa   sehingga   ketika   Nabi   telah   pergi,   maka   sangat berat baginya untuk kembali lagi. Nabi menyaksikan dan melihat hal-hal yang tidak mampu diungkap oleh lisan dan   tidak   mampu   ditulis   dengan   pena.   Beliau   berada   di   suatu   keadaan   yang tidak   dapat   difahami   oleh   manusia   biasa.   Al-Qur'an   al-   Karim   sengaja   tidak menyebutkan   apa   saja   yang   di   lihat   oleh   Nabi   kerana   itu   merupakan   rahsia antara     Nabi   dan   Tuhannya     dan   mukjizat    yang   khusus    yang   diperuntukkan baginya sebagai bentuk penghormatan kepadanya. Jadi Al-Qur'an sengaja tidak menyebutkan itu semua untuk menegaskan bahawa beliau melihat tanda dari tanda-tanda kebesaran Tuhannya.

Kami   tidak   mengetahui   apa   yang   di   lihat   oleh   Nabi.   Hal   yang   dapat   kami bayangkan       adalah,    bahawa      Nabi   bersujud     dengan     khusyuk    di   hadapan Tuhannya dan beliau menangis kerana gembira. Kesedihan hatinya telah hilang selamanya. Setelah Nabi melihat rahsia dan setelah penghormatan yang besar ini, beliau kembali menemani Buraq dan pergi bersama Jibril untuk kembali ke bumi. Beliau kembali dan mendapati tempat tidurnya masih dingin. Bagaimana beliau   pergi   dan   kembali   sementara   tempat   tidurnya   belum   dingin?   Berapa lama   waktu   yang   diperlukannya   saat   melakukan   perjalanan   tersebut?   Hanya Allah    SWT    semata    yang    mengetahui.      Yang   kita   ketahui    adalah,    bahawa Rasulullah saw kembali ke tempat tidurnya setelah Isra' dan Mi'raj dan hatinya dipenuhi dengan kegembiraan serta dadanya dipenuhi dengan ketenangan dan kepuasan serta kefanaan dalam cinta kepada Allah SWT. Kemudian        datanglah     waktu     pagi.    Nabi    menceritakan       perjalanan      dan pengalaman       tersebut    kepada     sahabat-sahabatnya       dan   orang-orang     Musyrik sehingga     berimanlah     orang-orang     yang   beriman     padanya    dan   mendustakan kepadanya       orang-orang     yang   mendustakannya.        Namun     beliau   tidak   peduli dengan   semua   itu.   Nabi   terus   melangsungkan   perjuangannya   dengan   penuh kesabaran. Akhirnya, datanglah suatu masa di mana Nabi saw mengetahui bahawa dakwah Islam di Mekah telah mengalami penekanan yang luar biasa sehingga keadaan sangat   tidak   mendukung   bagi   kaum   Muslim.   Rasulullah   saw   bergerak   dengan dakwahnya.       Lalu    Allah   SWT    mewahyukan       kepadanya      agar    ia  berhijrah.

Kemudian mulalah Nabi berhijrah di jalan Allah SWT setelah tiga belas tahun beliau di Mekah. Islam ingin membangun negaranya dan ingin menghilangkan pengepungan       dan   serangan    kaum    musyrik.    Mula-mula    terjadilah    perubahan sedikit dalam keadaan kaum Muslim. Rasulullah     saw   keluar   dalam   musim     haji  untuk   menunjukkan       dirinya  pada kabilah-kabilah   Arab   sebagaimana   yang   beliau   lakukan   pada   setiap   musim. Beliau   berada   di   tempat   yang   bernama   'Aqabah,   lalu   beliau   bertemu   dengan jemaah   dari   Khazraj.   Rasulullah   saw   berkata   kepada   mereka,   "siapa   kalian?" Mereka     menjawab:      "Kami   berasal   dari   kelompok     Khazraj."   Beliau   berkata. "apakah kalian termasuk pembantu kaum Yahudi?" Mereka menjawab, "benar." Beliau   berkata,   "maukah   kalian   duduk   bersama   aku   kerana   aku   ingin   sedikit berbicara dengan kalian." Mereka menjawab: "Boleh." Kemudian mereka duduk bersama Nabi lalu beliau mengajak mereka untuk mengikuti agama Allah SWT. Rasulullah   saw   sedikit   menceritakan   Islam   kepada   mereka   dan   membacakan Al-Qur'an.   Enam   orang   mendengarkan   apa   yang   disampaikan   oleh   Nabi   saw. Setelah    beliau   selesai   dari  pembicaraannya,       mereka    membenarkannya         dan beriman kepadanya. Kemudian mereka menceritakan kepada Nabi saw bahawa mereka meninggalkan kaumnya kerana kaum mereka terlibat peperangan dan kebencian.      Mudah-     mudahan      Allah   SWT     mengumpulkan        mereka     dengan kedatangan   Nabi   saw   yang   mulia   ini.   Mereka   memberitahu   Nabi   saw   bahawa mereka akan menceritakan kepada kaumnya apa yang mereka dengar dari Nabi saw dan akan mengajak mereka untuk memenuhi dakwah Nabi. Keenam   lelaki   itu   kembali   ke   kota   Madinah   yang   berubah   namanya   menjadi Madinah   Munawarah   yang   sebelumnya   ia   bernama   Yatsrib   di   zaman   jahiliah. Allah   SWT    berkehendak      untuk   meneranginya      dengan    Islam.   Para   lelaki  itu kembali     ke   Madinah   dan   mereka   membawa   Islam   di   hati      mereka   sehingga banyak orang yang masuk Islam. Kemudian   datanglah   musim   haji   dan   keluarlah   dari   Madinah   dua   belas   orang lelaki   dari   orang-orang   yang   beriman   yang   di   antara   mereka   terdapat   enam orang yang Rasulullah saw telah berdakwah kepada mereka pada musim yang dulu   dan   Nabi   saw   menemui   mereka   di   'Aqabah.   Kemudian   Nabi   melakukan solat   pada    mereka    agar   mereka    mempertahankan        keimanan     dan   membela dakwah kebenaran serta kemanusiaan.

Kaum lelaki itu kembali ke Madinah disertai salah seorang yang terpercaya dari tokoh Islam yaitu Mus'ab bin Umair di mana ia menjadi utusan Rasulullah saw di Madinah   dan   ia   mengajari   manusia   tentang   agama   mereka   dan   membacakan kepada mereka Al-Qur'an dan menyerukan kebenaran kepada manusia sehingga tersebarlah     Islam    di  Madinah.     Penduduk     Madinah     mulai   bertanya-tanya, mengapa   saudara-   saudara   kita   kaum   Muslim   Mekah   ditindas?   Mengapa   Rasul saw    keluar   untuk   berdakwah     dan   menebarkan      rahmat    tetapi  beliau   justru mendapatkan angin kebencian? Sampai kapan kita akan membiarkan Rasulullah saw teraniaya dan terusir di Mekah? Demikianlah,   pergilah   tujuh   puluh   orang   ke   Mekah,   tujuh   puluh   orang   dari penduduk      Madinah     Munawarah.      Mereka    pergi   ke  'Aqabah    dalam    keadaan sendirian     dan    berkelompok-kelompok.          Islam    telah    menghasilkan      buah pertamanya   dalam   hati   mereka   sehingga   hati   mereka   dipenuhi   cinta   kepada Allah SWT dan Rasul-Nya serta kaum Muslim. Penderitaan yang dialami kaum Muslim mempengaruhi jiwa mereka dan mencegah mereka dari mendapatkan kenikmatan       tidur   dan    nikmatnya     memakan       dan    nikmatnya     kehidupan. Orang-orang      yang    baik  itu  datang    dan   berniat    kepada    Rasul   saw   untuk membela      beliau   menolongnya      dan   melindunginya     serta   siap  untuk   mati   di jalannya. Mereka   datang   setelah hati mereka   diliputi oleh Islam   dan   mereka memberikan segala sesuatu untuk dakwah yang baru; mereka datang sebagai pencinta-pencinta kebenaran. Kitab-kitab hadis yang suci meriwayatkan apa yang terjadi pada baiat 'Aqabah al-Kubra. Dalam kitab tersebut dikatakan bahawa Abbas Ibnu Abdul Muthalib datang bersama Nabi dan saat itu ia masih berada dalam agama kaumnya. Ia ingin menyelesaikan urusan anak pamannya. Ketika ia duduk dan berbicara, ia mengatakan   suatu   pernyataan   yang   mengisyaratkan   bahawa   Muhammad   saw mendapatkan   kemuliaan   dari   kaumnya   dan   kekuatan   di   negerinya   tetapi   ia enggan     dan    memilih    untuk    bergabung      bersama    kalian    wahai    penduduk Madinah. Jika kalian memenuhi janjinya dan melindunginya, maka ambillah ia, namun jika kalian khawatir jika suatu saat nanti akan mengkhianatinya, maka mulai dari sekarang biarkanlah ia di negerinya. Kata-kata   Abbas   tersebut   berasal   dari   fanatisme   kesukuan   dan   ikatan   darah keluarga namun penduduk Madinah tidak begitu peduli dengan kalimat Abbas itu   kerana   ia   bukan   termasuk   dari   agama   mereka   dan   ia   tidak   mengetahui tingkat cinta kepada Rasul saw yang mereka capai. Abbas bin Abdul Muthalib menunggu jawapan dari penduduk Madinah. Lalu mereka berkata kepadanya, "Kami    telah   mendengar      apa   yang   engkau    katakan,    maka    berbicaralah    ya Rasulullah, ambillah untuk dirimu dan Tuhanmu apa saja yang engkau sukai." Kita ingin mengamati jawapan sekelompok orang yang mukmin dari penduduk Madinah ini sehingga Rasulullah saw berbicara. Jawapan yang dicari oleh Abbas bin   Abu   Muthalib   tersembunyi   dalam   pernyataan   Nabi.   Demikianlah   setelah Rasulullah   saw   mengucapkan   kalimatnya,   maka   tidak   keluar   penyataan   apa pun. Cukup hanya Nabi yang berbicara dan mereka hanya menaatinya. Mereka meminta kepada beliau agar mengambil pada dirinya dan Tuhannya apa saja yang beliau sukai; mereka merasa tidak memiliki apa-apa dan tidak memiliki keputusan.   Nabi   berbicara   lalu   beliau   membaca   Al-Qur'an   dan   mengajak   ke jalan    Allah   SWT.    Kemudian      beliau   berbicara    tentang    Islam   dan    beliau membaiat      mereka     agar   membantu      beliau  sehingga    mereka    pun   membaiat kepadanya. Demikianlah terjadinya baiat 'Aqabah al-Kubra. Orang-orang yang terpilih oleh Allah SWT itu mengetahui bahawa sebentar lagi mereka      akan    diajak    untuk   mengangkat       senjata:    mereka     diajak   untuk mendapatkan        kematian    di   bawah    naungan    pedang.     Mereka    menenangkan Rasulullah saw bahawa beliau akan mendapati orang-orang yang sudah terlatih dalam peperangan kerana mereka mewarisi dari datuk-datuk mereka. Salah seorang dari tujuh puluh orang itu menyebutkan masalah yang penting. Abul    Haitsyam    berkata:    "sesungguhnya     di  antara   orang-orang    Madinah     dan Yahudi      terdapat     suatu    tali  ikatan,    maka     mereka      boleh    jadi   akan memutuskannya lalu, apakah sikap yang harus kita ambil jika mereka lakukan hal itu dan memusuhi orang-orang Yahudi," kemudian Allah SWT menolong Nabi dan    memenangkan        atas   kaumnya,      lalu  ia  kembali    kepada     mereka     dan meninggalkan mereka di bawah kasih sayang orang-orang Yahudi. Perhatikanlah   bahawa   pertanyaan   tersebut   berkisar   pada   kecintaan   kepada Nabi   dan   keinginan   agar   Nabi   tetap   bersama   mereka   selama   perjalanan   hari dan bulan. Masalah yang dituntut oleh Abbas bin Abdul Muthalib secara jelas adalah masalah perlindungan mereka kepada Nabi, di mana hal tersebut tidak lagi   diperdebatkan     oleh   orang-orang    yang   terpilih  dari   penduduk    Madinah. Namun masalah yang mereka inginkan adalah masalah perlindungan Nabi dan keberadaan Nabi bersama mereka di Madinah. Nabi     tersenyum      dan    beliau    mengatakan       kalimat-kalimat      yang    justru menekankan   bahawa   ikatan   akidah   lebih   kuat   daripada   ikatan   darah.   Beliau berkata: "Tetapi darah adalah darah dan kehancuran adalah kehancuran. Aku dari   kalian   dan   kalian   dariku   aku   akan   memerangi   orang-orang   yang   kalian perangi   dan   aku   akan   berdamai   dengan   orang-   orang   yang   kalian   berdamai dengan mereka." Akhirnya, penduduk Madinah pergi dan kembali ke negeri mereka. Kemudian berita tentang baiat ini sampai ke telinga orang-orang Mekah dan para tokoh musyrik, lalu mereka justru menambah penekanan kepada Rasulullah saw dan kaum Muslim. Para   preman   Mekah   berkumpul   di   Darul   Nadwah.   Mereka   menetapkan   akan mengambil   sesuatu   keputusan   penting   berkaitan   dengan   Nabi.   Salah   seorang dari mereka mengusulkan agar beliau dibelenggu dengan besi lalu dibuang di penjara   sehingga   beliau   mati   kelaparan.   Sebahagian   lagi   mengusulkan   agar beliau   dibuang   dari   Mekah   dan   diusir.   Abu   Jahal   mengusulkan   agar   mereka mengambil       dari   setiap   keluarga    dari  keluarga-    keluarga    Quraisy    seorang pemuda yang kuat, kemudian setiap dari mereka diberi pedang yang terhunus dan   hendaklah   mereka   memukulkan   pedang   itu   ke   tubuh   Nabi.   Jika   mereka berhasil    membunuhnya        nescaya    semua    kabilah   bertanggungjawab       terhadap darah sang Nabi dan Bani Hasyim tidak akan mampu menuntut dan memerangi orang   Arab   semuanya   dan   mereka   akan   menerima   diat   sebagai   tebusan   dari pembunuhan itu. Demikianlah persekongkolan itu digelar dan mereka sepakat untuk      melaksanakan       hal   itu.    Namun      Al-Qur'an    al-Karim     menyingkap persekongkolan yang dilakukan orang-orang kafir itu dalam firman-Nya: "Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir memikirkan tipu daya terhadapmu untuk      menangkap        dan    memenjarakanmu           atau    membunuhmu,           atau mengusirmu.        Mereka     memikirkan      tipu   daya   itu.   Dan   Allah   sebaik-baih Pembalas tipu daya." (QS. al-Anfal: 30) Allah   SWT   mewahyukan   kepada   Nabi-Nya   agar   ia   berhijrah.   Lalu   Nabi   mulai menyiapkan       sarana-sarana   untuk   hijrahnya.     Beliau   menyembunyikan        urusan tersebut bahkan beliau tidak memberitahu sahabat yang akan menemaninya. Rasulullah     saw   menyewa      seorang    penunjuk     jalan   yang   pengalaman       yang mengenal       padang     gurun    seperti    mengenal     garis-garis    tangannya.     Yang menghairankan penunjuk jalan itu adalah seorang musyrik. Demikianlah Nabi meminta bantuan kepada orang yang ahli tanpa memperhatikan keyakinannya. Kemudian       datanglah     malam     pelaksanaan      kejahatan     itu.  Rasulullah     saw memerintahkan   Ali   bin   Abi   Thalib   untuk   tidur   di   tempat   tidumya   di   malam tersebut.   Datanglah   pertengahan   malam   dan   Rasulullah   saw   pun   keluar   dari rumahnya.       Para   pemuda     Mekah     mengepung      rumah.  

 Mereka    menghunuskan pedangnya.   Nabi   menggenggam   tanah   lalu   beliau   melemparkannya   ke   arah kaum sehingga mereka pun merasa kantuk sehingga Nabi saw dapat menembus kepungan   mereka.   Beliau   keluar   dari   Mekah   dan   berhijrah.   Dengan   langkah yang diberkati ini, kaum Muslim menanggali tahun-tahun mereka. Tahun   dalam   Islam   adalah   tahun   Hijrah,   sedangkan   kaum   Masihi   menanggali tahun     mereka    dengan     kelahiran    Isa  dan   ini  disebut   dengan     tahun   Masihi. Adapun tahun-tahun Islam, maka ia ditanggali pertama kalinya saat Rasulullah saw   keluar   berhijrah   di   jalan   Allah   SWT.   Hijrah   Rasul   bukan   hanya   lari   dari penindasan       tetapi   lari  dari   kebekuan;     hijrah   tersebut     bukan    keluar   dari keamanan        tetapi    keluar     dari   bahaya.      Islam    di   Mekah     hanya     dapat mempertahankan            dirinya     tetapi    ketika     ia    keluar     ke    Madinah       ia mempertahankan dirinya ketika menyerang. Dan selama beberapa tahun masa yang   dihabiskan   di   Mekah,   tak   seorang   dari   kaum   Muslim   yang   mengangkat senjata.   Ketika   mereka   keluar   ke   Madinah,   mereka   mulai   membawa   senjata dan     mulai   menyalakan       obor   peperangan.      Islam    mulai   membawa        senjata sebagaimana        luka   akan    sembuh      dengan     syarat    jika   diubati.   Nabi    saw mengetahui       bahawa     Islam    tidak   akan   menghabiskan       usianya    hanya    untuk melawan   serangan   pada   dirinya; Islam   ingin  tersebar; Islam   ingin  mendirikan negaranya   yang   pertama   yaitu   suatu   negara   yang   belum   pernah   dikenal   di muka bumi negara seperti itu. Negara yang mencapai keadilan, kasih sayang, dan idealisme yang begitu luar biasa di mana hukum Allah SWT ditegakkan dan kehormatan manusia benar-benar dijaga. Inilah    kedalaman      hijrah   yang    mengesankan       yaitu   pendirian     negara    Islam setelah   sebelumnya   membangun   individu   masyarakat   Muslim.   Setelah   Rasul saw    membangun        masyarakat     Muslim    dan   membangun        masjid,   maka    beliau membangun suatu negara Islam. Selanjutnya, sayap-sayap dakwah mengepak. Kami   kira   pembaca   tidak   akan   bertanya,   apa   gunanya   pembangunan   masjid ditingkatkan      sementara     Islam   masih    mengalami      penindasan     di  muka    bumi. Kami kira pembaca lebih pintar daripada orang yang tidak mengetahui bahawa masjid yang dibangun Rasulullah saw di Madinah bukan tempat peristirahatan dari keletihan, tetapi masjid merupakan pusat dari kepemimpinan pergerakan Islam dan kepemimpinan menuju peperangan Islam.

Manusia mandi di masjid dengan cahaya Allah SWT setelah itu mereka mandi di kancah peperangan dengan darah mereka. Pertanyaannya adalah, siapakah di antara   mereka   yang   akan   terbunuh   di   jalan   Allah   SWT   sebelum   saudaranya? Demikianlah   perlumbaan   dalam   perbaikan   terjadi   di   antara   mereka.   Dengan cara demikianlah Islam tersebar. Sementara   itu,   Nabi   berlindung   di   suatu   gua;   di   gunung   yang   bernama   Tsur. Beliau   masuk   ke   gua   itu   bersama   sahabatnya   Abu   Bakar.   Dan   orang-   orang musyrik pergi menyusul beliau dengan membawa pedang mereka. Lalu mereka sampai   ke   gunung   itu.   Abu   Bakar   berkata   kepada   Rasul   saw   dengan   keadaan gelisah, "seandainya salah seorang mereka melihat di bawah kakinya nescaya mereka akan melihat kita." Dengan   tenang,   Rasulullah   saw   menepis   kegelisahan   Abu   Bakar   dan   berkata: "Wahai Abu Bakar apa yang kamu kira dengan dua orang yang ada di tempat yang   sepi   sementara   Allah   SWT   menjadi   ketiga   di   antara   mereka?"   Sebelum Rasulullah   saw   mengakhiri   kalimatnya,   terdapat   laba-   laba   yang   selesai   dari menenun rumahnya di atas pintu gua. Kitab-kitab sejarah mengatakan bahawa kaum   musyrik   mengikuti   jejak   sang   Nabi   sehingga   mereka   sampai   di   gunung Tsur lalu di situlah mereka mengalami kebingungan. Mereka mendaki gunung dan   mendaki   gua   itu.   Lalu   mereka   melihat   di   atas   pintu   gua   itu   terdapat tenunan      laba-laba.     Mereka     mengatakan,       seandainya      seseorang     masuk     di dalamnya   nescaya   tidak   akan   terdapat   tenunan   laba-laba   di   atas   pintunya. Beliau tinggal di gua itu selama tiga malam. Demikianlah       keimanan      tenunan     laba-laba    yang    lembut     dimenangkan       atas ketajaman       pedang     kaum    musyrik     sehingga    Nabi   bersama      sahabatnya     pun selamat. Kini, kedua orang itu menuju Madinah. Dan Madinah pun menyambut mereka. Ketika Rasulullah saw dan sahabatnya memasuki Madinah, mula-mula masyarakat tidak mengenal siapa di antara mereka yang menjadi Rasul kerana saking   baiknya   sikap   Rasul   terhadap   sahabatnya.   Akhirnya,   Nabi   menerangi kota    Madinah.     Beliau   membangun        masjid    dan   mendirikan     negaranya      serta memerangi musuh-musuhnya dan tersebarlah Islam dan Mekah pun ditaklukkan dan Baitul Haram disucikan. Beliau menanamkan dalam akal dan hati suatu cahaya yang tidak akan pernah padam. Kemudian berlangsunglah sepuluh tahun yang dilewatinya di Madinah di   mana     beliau   tidak   menggunakannya         untuk   berleha-leha.      Demikian     juga selama   masa   tiga   belas   tahun   yang   beliau   lalui   di   Mekah,   beliau   pun   tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Semua kehidupan beliau hanya untuk Allah SWT   dan   hanya   untuk   Islam.   Beban   berat   yang   dipikul   oleh   punggung   beliau yang mulia lebih berat dari beban yang dipikul oleh gunung. Meskipun beliau seorang   diri,   tetapi   beliau   mampu   memikul   amanat   yang   pernah   Allah   SWT tawarkan   kepada   langit   dan   bumi   serta   gunung   namun   mereka   pun   enggan untuk     memikulnya.      kerana   mereka     menyedari     bahawa     mereka     tidak  akan mampu   memikulnya.   Lalu   datanglah   beliau   dan   beliau   pun   mampu   memikul amanat      itu  dan   melaksanakannya        secara    sempurna.   

 Yaitu   amanat     untuk menyampaikan agama Allah SWT; amanat untuk menyucikan akal manusia dari polusi khayalisme dan khurafatisme: amanat   yang   mewarnai kehidupan   dengan   hanya   sujud kepada Allah SWT. Kemudian mengalirlah dalam memori Nabi saw suatu arus dari gambar- gambar hidup:   bagaimana   saat   beliau   memasuki   Madinah.   Lewatlah   di   hadapan   akal beberapa      memori     dan   nostalgia:   bagaimana      wahyu    yang   turun   kepadanya dengan   membawa   risalah   di   gua   Hira,   kemudian   berubahlah   pandangan   dan bertiuplah angin kebencian kepadanya, bahkan angin itu membawa pasir-pasir tuduhan-tuduhan yang dilemparkan ke wajah suci beliau. Beliau berdiri sambil tersenyum      dan   hatinya    dipenuhi    dengan    kesedihan    di  hadapan     gelombang gurun dan kesendirian serta badai kesengsaraan. "Wahai manusia, tiada Tuhan selain Allah SWT. Demikianlah kalimat yang beliau katakan. Meskipun kalimat itu    tampak     sederhana      namun      ia   mampu      membangkitkan        dunia.    Dan bergeraklah patung-patung yang begitu banyak yang memenuhi kehidupan dan mereka membekali dirinya dengan kegelapan dan kebencian yang dialamatkan kepada      sang   Nabi.    Para   pembesar.      para   penguasa,     wang,     emas,    serta kebencian      dan   kedengkian     syaitan   yang   klasik   dan   banyaknya     orang-orang munafik,      semua     ini  menjadi     musuh    nyata    sang   Nabi    pada    saat   beliau mengatakan "tiada Tuhan selain Allah SWT." Nabi mengingat kembali Waraqah bin    Nofel  ketika   menceritakan      kepadanya      apa   yang   terjadi   dan   apa  yang dialami     beliau   di  gua   Hira.   Tidakkah     ia  mengatakan      kepadanya      bahawa kaumnya akan mengusirnya? Hari-hari    hijrah   sangat   panjang     dan   berat.   Matahari    sangat   dekat   dengan kepala   dan   rasa   panas   sangat   mencekik  tenggorokan   dan   rasa   pusing-   pusing pun    semakin     meningkat.     Setelah    hijrah,   Nabi   memasuki      Madinah.     Beliau disambut      oleh   kaum    Anshar    dengan     sambutan     luar   biasa.   Beliau   datang sendirian   lalu   mereka   menolongnya;   beliau   datang   dalam   keadaan   takut   lalu mereka   mengamankannya;   beliau   datang   dalam   keadaan   lapar   lalu   mereka memberinya        makanan;     beliau   datang    dalam    keadaan     terusir   lalu  mereka memberikan perlindungan.

Bangunan      Islam   mulai   ditancapkan     di  Madinah.     Beliau   mulai   membangun negaranya      setelah    beliau   membangun       sumber    daya    manusia     Islam   yang tangguh. Yang pertama kali dibangunnya adalah sumber daya Islam, setelah itu beliau baru membangun negara. Tidak ada nilai yang bererti dari satu sistem yang   hanya   berdasarkan   prinsip-prinsip   besar   yang   tidak   lebih   dari   sekadar tinta di atas kertas. Penerapan prinsip-prinsip adalah tolok ukur final dari nilai apa pun yang diperlakukan di dunia. Dan Islam telah berhasil menerapkan pada masa-masa       pertamanya      suatu   sistem    yang   belum    pernah    dikenal    dalam kehidupan   manusia   suatu   sistem   seperti   itu.   Yaitu   sistem   yang   menunjukkan keadilan,     persaudaraan,     dan    kasih  sayang    yang   mengagumkan.        Hal   yang pertama kali dilakukan Rasulullah saw adalah membangun masjid di mana di situlah    unta   yang   ditungganginya     berhenti.    Masjid   itu  tampak    sederhana. Tikarnya     terdiri   dari   pasir-pasir   dan    batu-batu.     Tiangnya    terbuat    dari batang-batang kurma. Barangkali ketika turun hujan, maka tanahnya akan menjadi lumpur kerana mendapat siraman air hujan. Mungkin ketika angin bertiup dengan kencang, maka ia akan mencabut sebahagian dari atapnya. Di bangunan yang sederhana ini, Rasulullah saw mendidik generasi Islam yang tangguh yang dapat menghancurkan orang-orang yang lalim dan para penguasa yang bejat dan mereka mampu mengembalikan kebenaran ke singgahsananya yang terusir dan terampas. Mereka mampu menyebarkan Islam di muka bumi. Masjid    itu  tampak     kecil  dan   sederhana     sekali  tetapi   ia  dipenuhi   dengan kebesaran; masjid itu tidak menunjukkan kemewahan sama sekali. Di dalamnya Al-Qur'an   dibaca   lalu   orang-orang   yang   mendengarnya   menganggap   bahawa mereka      benar   dan   mendapatkan       perintah    harian   untuk   menerapkan       dan melaksanakan apa- apa yang mereka dengar. Al-Qur'an   dibaca   di   masjid   bukan   seperti   nyanyian   yang   orang-orang   duduk akan merasa terpengaruh dengan keindahan nyanyian dan suara pembaca. Dan masjid   di   dalam   Islam   bukanlah   tempat   satu-satunya   untuk   ibadah.   Menurut kaum      Muslim    semua    bumi    adalah    masjid    namun     masjid    adalah   simbol peradaban   yang   beriman   kepada   Allah   SWT   dan   hari   akhir,   sebagaimana   ia menyuarakan ilmu, kebebasan dan persaudaraan. Semua Nabi berbicara tentang persaudaraan dan mengajak kepadanya dengan ribuan   kata-kata.   Sedangkan   Rasulullah   saw   telah   mewujudkan   persaudaraan itu   secara   praktis,   yakni   ketika   karakter   masyarakat   saat   itu   mencerminkan Al-Qur'an. Nabi mulai mempersaudarakan kaum muhajirin dan Anshar di mana sahabat   Anshar   Sa'ad   bin   Rabi',   seorang   kaya   dari   Madinah   dipersaudarakan dengan     Abdul   Rahman     bin  'Auf,  seorang   yang   berhijrah   dari  Mekah.    Sa'ad berkata kepada Abdul Rahman: "Sesungguhnya, tanpa bermaksud sombong, aku memang       memiliki   harta   yang   banyak    daripada   kamu.

 Aku   telah   membagi hartaku menjadi dua bahagian dan sebahagiannya aku peruntukan bagimu. Lalu aku mempunyai dua orang wanita, maka lihatlah siapa di antara mereka yang mampu       memikatmu       sehingga     aku   menceraikannya        lalu   engkau    dapat menikahinya." Abdul Rahman bin 'Auf menjawab: "Mudah-mudahan Allah SWT memberkatimu,        keluargamu,   dan     hartamu.   Di   manakah    pasar   yang   engkau berdagang di dalamnya?" Abdul Rahman bin 'Auf keluar menuju ke pasar untuk bekerja. Ia kembali dan membawa   sesuatu   yang   dapat   dimakannya.   Ia   menolak   dengan   lembut   sikap baik  Sa'ad   dan   kedermawanannya.   Ia   bersandar   pada   keimanan   kepada   Allah SWT dan lebih memilih untuk bekerja dan membanting tulang. Tidak berlalu hari demi hari kecuali ia tetap bekerja sehingga ia mampu untuk membekali dirinya dan melaksanakan pernikahan. Demikianlah       masyarakat     Islam   terbentuk     dan    menampakkan       identitinya berdasarkan   cinta,   kebebasan,   musyawarah,   dan   jihad.   Pekerjaan   menurut Islam bukan suatu penderitaan untuk mendapatkan roti atau potongan daging sebagaimana      dikatakan    peradaban     kita  masa   kini,  tetapi   pekerjaan    dalam Islam melebihi ruang lingkup materi ini dan menuju puncak yang lebih tinggi: "Dan     katakanlah:     'Bekerjalah    kamu,     maka    Allah    dan   Rasul-Nya     serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu. " (QS. at-Taubah: 105) Kesedaran      bahawa    apa   yang   kita  kerjakan    akan   di  lihat  oleh   Allah  SWT menjadikan pekerjaan itu mendapat cita rasa yang lain. Yaitu suatu rasa yang melampaui   nikmatnya   memakan   roti   dan   daging.   Setelah   bekerja,   datanglah cinta. Cinta dalam Islam bukan hanya perasaan yang menetap dalam hati dan tidak diwujudkan oleh suatu perbuatan; cinta dalam Islam merupakan langkah harian yang akan mengubah bentuk kehidupan di sekitar manusia menuju yang lebih tinggi dan mulia. Seorang   Muslim   mencintai   Tuhannya   Pencipta   alam   semesta   dan   mencintai Rasulullah   saw   dan   mencintai   kaum   Muslim   dan   orang-orang   yang   berdamai dengan orang-orang Muslim, meskipun keyakinan mereka berbeza dengannya. Bahkan   seorang   Muslim   mencintai   makhluk   secara   keseluruhan:   ia   mencintai

anak-anak,   haiwan,   bunga,   pasir   dan   gunung   bahkan   benda-benda   mati   pun mendapat   cinta   dari   seorang   Muslim.   Seorang   Muslim   jika   dia   benar-benar seorang   Muslim   akan   merasakan   cinta   yang   dialami oleh Nabi Daud   terhadap alam    dan   lingkungan     di  sekitarnya.   Ini  adalah   perasaan    sufi  yang   tinggi. Seorang Muslim akan mewarisi cinta yang sebenarnya seperti yang diwarisi Nabi Isa terhadap lingkungan yang baik yang ada di sekitarnya di mana ketika Nabi Isa   melihat    tubuh   anjing   yang   mati,   maka    Nabi   Isa  tidak   melihat   selain keputihan giginya. Demikianlah cinta yang tersebar dalam kehidupan kaum Muslim di mana cinta itu   pun   tertuju   kepada   binatang   dan   benda-benda   mati.   Cinta   demikian   ini tidak   akan   terwujud   dengan   suatu   keputusan   dan   tidak   ditetapkan   dengan suatu undang-undang, tetapi cinta itu datang biasanya akibat dari kepuasaan akal    dan   hati  dengan     adanya    kepemimpinan       besar   yang   hati   cenderung kepadanya       dan    akal   mengambil      darinya.    Dan    yang    dimaksud      dengan kepemimpinan   besar   tersebut   adalah   keberadaan   sang   Nabi.   Beliau   adalah cermin terbesar dari tingkat cinta yang tertinggi. Beliau adalah seorang yang paling   banyak   berbuat   demi   Islam   dan   paling   banyak   sedikit   mengharapkan balasan darinya. Meskipun beliau seorang pemimpin namun beliau hidup dalam kesederhanaan. Beliau adalah seorang tentera yang paling sederhana. Tempat tidurnya   bersih   tetapi   kasar,   dan   rumahnya   tidak   menampakkan   kesibukan yang     di  dalamnya      memasak      berbagai     macam     hidangan.     Beliau    justru menyiapkan   hidangan   yang   sangat   sederhana.   Makanan   utama   beliau   adalah roti   kering   yang   dicampur     dengan    minyak.   Keinginan    besar   beliau   adalah tersebarnya dakwah Islam. Kaum     Muslim    menyedari     bahawa    kesempurnaan      Islam   tidak  akan   terwujud kecuali ketika cinta Allah SWT dan Rasul- Nya lebih didahulukan daripada cinta diri sendiri, cinta kepada wanita, cinta kepada anak, kepentingan, kekuasaan, kehidupan, dan apa saja yang tidak ada hubungannya dengan Allah SWT dan Rasul-Nya. Demikianlah kaum Muslim sangat mencintai pemimpin mereka lebih dari   kehidupan   peribadi   mereka.   Di   samping   pekerjaan   dan   cinta   tersebut, didirikanlah pemerintahan Islam yang berdasarkan kaedah-kaedah kebebasan, musyawarah dan jihad. Kebebasan dalam Islam bukan sekadar perhiasan yang dilekatkan kepada tubuh Islam tetapi ia merupakan tenunan dari sel-sel yang hidup itu. Allah SWT telah membebaskan         kaum    Muslim    dari   penyembahan       selain   dari-Nya.    Dengan demikian,     runtuhlah    semua   belenggu   yang   hinggap   di   atas   akal,   hati,   dan masyarakat. 

 Seorang   Muslim   memiliki   -   dalam   Islam   -   suatu   kebebasan   yang diberikan   kepadanya   agar   ia   melihat   sesuatu   dengan   akalnya   dan   mendebat segala sesuatu dengan akalnya. Dan hendaklah ia merasa puas dengan sesuatu yang dapat menenteramkan hatinya. Kebebasan dalam Islam bukan kebebasan mutlak   yang   menjurus   kepada   anarkisme   dan   diskriminasi   tetapi   kebebasan dalam Islam adalah kebebasan yang bertanggungjawab. Dalam   ruang   lingkup   nas-nas   yang   pasti   yang   terdapat   dalam   Al-Qur'an   atau sunah   tidak   ada   kebebasan   di   hadapan   orang   Muslim   selain   kebebasan   untuk berlumba-lumba        untuk    menerapkan      apa   yang   mereka     fahami.    Selain   itu, seorang bebas sampai tidak terbatas, dan pintu ijtihad tetap terbuka sampai tidak ada batasnya, kerana pintu ijtihad adalah akal dan menutup pintu ijtihad yakni   menutup   akal   dan   itu   bererti   akan   membawa   kematian   baginya.   Islam tidak menerima orang-orang yang mati akalnya atau mengalami kemunduran; Islam pada hakikatnya memperlakukan manusia dari sisi akal dan hati. "Adalah      untukmu,       sedang     kamu     menginginkan        bahawa      yang     tidak mempunyai        kekuatan     senjatalah    yang   untukmu,      dan   Allah   menghendaki untuk   membenarkan   yang   benar   dengan   ayat-ayat-Nya   dan   memusnahkan orang-orang kafir." (QS. al-Anfal: 7) Orang-orang      Islam   kerana    kekafiran    mereka    dan   kebutuhan     mereka     serta situasi ekonomi yang memburuk, mereka ingin bertemu dengan pasukan yang tidak    bersenjata;    mereka    ingin   bertemu    dengan    kafilah   yang   kaya,   bukan pasukan     yang   bersenjata;    mereka     membutuhkan       harta   untuk   menyebarkan dakwah. Namun Allah SWT menginginkan mereka dengan keadaan seperti itu agar    mereka    berhadapan      dengan    pasukan     kafir  dan   agar   mereka    mampu memutus tali kekuatan orang-orang kafir sehingga kebenaran akan menang. Keluarlah orang-orang Muslim dalam peperangan Badar dengan membayangkan bahawa mereka akan mendapatkan keuntungan dan kesenangan dengan banyak mengambil   ganimah.   Namun   Allah   SWT   menginginkan   terjadinya   peperangan yang berat, di mana itu berakibat pada jatuhnya tokoh-tokoh kaum kafir Mekah sebagai   korban   darinya   dan   agar   Madinah   dapat   menahan   penderitaan   dan kefakiran   yang   dialaminya.   Seharusnya   pengikut   Islam   tidak   membayangkan untuk mengambil keuntungan tetapi ia justru harus memberi kepadanya. Nabi mengetahui sebagai pemimpin pasukan ia harus mengingatkan pasukannya bahwa mereka akan menemui kesulitan dan penderitaan, dan bukan masalah sepele     seperti    yang    mereka     bayangkan.      Nabi    bermusyawarah        dengan sahabat-sahabat. 

 Beliau   berbincang-bincang   dengan   Abu   Bakar   Shidiq,   Umar bin   Khattab,   dan   Miqdad   bin   Amr.   Lalu   mereka   semua   sepakat   untuk   terus melakukan peperangan apa pun hasilnya dan apa pun pengorbanan yang harus dilakukan. Kemudian      Rasulullah    saw   berkata:    "Wahai   para   sahabat,    tunjukkanlah     diri kalian."   Rasulullah   saw   mengisyaratkan   kepada   kaum   Anshar.   Rasulullah   saw khawatir jika mereka memahami bahawa baiat yang terjadi di antara mereka yang berisi agar mereka melindungi beliau jika beliau diserang di Madinah saja, dan   memang   pasal-pasal   dari   baiat   itu   mendukung   hal   itu.   Tidakkah   mereka mengatakan kepada beliau: "Ya Rasulullah, kami tidak akan bertanggungjawab kepadamu       sehingga   engkau    sampai    di  negeri   kami.   Jika   engkau   sampai    di negeri kami, maka kami akan bertanggungjawab untuk melindungimu." Majoriti   pasukan   terdiri   dari   orang-orang   Anshar,   maka   Rasulullah   saw   ingin mengetahui keputusan majoriti tentera sebelum dimulainya peperangan. Kaum Anshar     mengetahui      bahawa     Rasul   saw   ingin   mengetahui     pendapat     kaum Anshar.   Oleh   kerana   itu,   Sa'ad   bin   'Auf   berkata:   "Demi  Allah,   seakan-akan engkau menginginkan kami ya Rasulullah." Nabi menjawab, "benar." Kemudian kaum Anshar menyatakan apa yang mereka rasakan. Mendengar   pernyataan   kaum   Anshar   itu   hilanglah   kekhuatiran   dan   ketakutan Nabi,   bahkan   beliau   bergembira   dan   wajahnya   berseri-seri.   Rasulullah         saw telah mendidik mereka berdasarkan Islam dan Islam tidak mengenal pasal-pasal perjanjian namun ia justru tenggelam dalam esensinya dan kedalamannya yang jauh.   Kaum   Anshar   meyakinkan   Nabi   bahawa   mereka   benar-benar   beriman kepadanya,       mencintainya     dan    akan   mendengarkan       apa    saja  yang    beliau katakan serta akan benar-benar mentaati beliau. Sa'ad bin Mu'ad berkata: "Ya Rasulullah, lakukanlah apa yang engkau inginkan dan   kami   akan   bersamamu.   Demi   Zat   yang   mengutusmu   dengan   kebenaran, seandainya      engkau    membelah      lautan   lalu   engkau    menyelam      di  dalamnya nescaya   kami   akan   menyelam   bersamamu   dan   tidak   ada   seseorang   pun   di antara kami yang akan meninggalkanmu." Demikianlah keteguhan kaum Anshar. Kalimat tersebut menetapkan peperangan paling penting dan paling berbahaya dalam sejarah Islam.

Perasaan kaum Anshar dan Muhajirin dalam pasukan Rasul saw sangat berbeza dengan   perasaan   Nabi   Musa   ketika   mereka   mengatakan   kepadanya,   "pergilah engkau wahai Musa bersama Tuhanmu dan berperanglah, sesungguhnya kami di sini   hanya    duduk-duduk     saja."   Namun    kaum     Muslim   menyatakan      bahawa seandainya   Rasul   saw   memerintahkan   mereka   untuk   melalui   lautan   dengan berjalan    kaki   di  atas  ombaknya     nescaya    mereka    akan    melakukan     hal  itu walaupun berakibat pada tenggelamnya mereka dan kematian mereka dan tak seorang pun yang akan menentang perintah Rasul saw tersebut. Akhirnya, kaum   Muslim   bersiap-siap   untuk   memasuki kancah peperangan   lalu mereka       membuat       khemah-khemah        yang     di   situ   ditentukan      tempat peristirahatan dan pergerakan tentera Islam. Tempat itu ditentukan oleh Rasul saw. 

0 comments:

Posting Komentar