Mushola Al-Islah Jl leces no.7 Sonosari Kab.Malang kumpulan doa rezeki,kumpulan doa tasawuf,makrifat,bahasa arab,sejarah kerajaan islam,sejarah kerajaan indonesia,sejarah kebudayaan islam

Jumat, 16 Mei 2025

Kisah Nabi Muhammad Saw bag 1

 KISAH NABI MUHAMMAD S.A.W

Ketika cahaya tauhid padam di muka bumi, maka kegelapan yang tebal hampir saja menyelimuti akal. Di sana tidak tersisa orang-orang yang bertauhid kecuali sedikit dari orang-orang yang masih mempertahankan nilai-nilai ajaran tauhid. Maka Allah SWT berkehendak dengan rahmat- Nya yang mulia untuk mengutus seorang   rasul   yang   membawa   ajaran   langit   untuk   mengakhiri   penderitaan   di tengah-tengah   kehidupan.   Dan   ketika   malam   mencekam,   datanglah   matahari para    nabi.   Kedatangan     Nabi   tersebut   sebagai    bukti  terkabulnya     doa   Nabi Ibrahim   as   kekasih   Allah   SWT,   dan   sebagai   bukti   kebenaran   berita   gembira yang disampaikan oleh Nabi Isa as. Allah SWT menyampaikan selawatnya kepada Nabi itu, sebagai bentuk rahmat dan keberkahan. Para malaikat pun menyampaikan selawat kepadanya sebagai bentuk     pujian   dan   permintaan      ampunan,     sedangkan     orang-orang     mukmin berselawat kepadanya sebagai bentuk penghormatan. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. al-Azhab: 56) Sebelumnya Allah SWT mengutus para nabi-Nya sebagai rahmat kepada kaum dan zaman mereka saja, namun Allah SWT mengutus beliau saw sebagai rahmat bagi    alam   semesta.   Beliau   Nabi   Muhammad   saw   datang   dengan        membawa rahmat yang mutlak untuk kaum di zamannya dan untuk seluruh zaman. Allah SWT berfirman, "Dan aku tidak mengutusmu kecuali sebagai rahmat bagi alam semesta." Hakikat dakwah para nabi sebelumnya adalah menyebarkan Islam, begitu juga ajaran   yang   dibawa   oleh Nabi yang   terakhir   adalah   Islam.   Beliau   saw adalah Muhammad   bin   Abdillah   bin   Abdul   Muthalib,   anak   seorang   wanita   Quraisy. Beliau    saw   adalah   pemimpin     anak-anak     Nabi   Adam    as.  Beliau  saw   adalah hamba   Allah   SWT   dan   Rasul-Nya,   serta   rahmat   Allah   SWT   yang   dihadiahkan kepada umat manusia. Beliau    saw   lahir  di  tanah   Arab.   Ketika   itu  malam     gelap,   tiba-tiba  Abdul Muthalib   membayangkan   bahawa   matahari   telah   terbit,   lalu   ia   bangun   dan ternyata mendapati dirinya di pertengahan malam, keheningan yang luar biasa menyelimuti        gurun     yang    terbentang.   

kisah nabi muhammad

  

Ia   menuju      pintu    khemah,      lalu menyaksikan bintang-bintang bersinar di langit, dan dunia tampak di selimuti dengan   malam.   Ia   kembali   menutup   pintu   khemah   dan   tidur.   Belum   lama   ia dikuasai   oleh   rasa   kantuk   yang   amat   sangat,   sehingga   ia   kembali   bermimpi untuk  kedua   kalinya. Segala   sesuatunya   tampak  jela   s  kali   ini,   Sesungguhnya sesuatu yang besar memerintahnya untuk melaksanakan perintah yang sangat penting, "Galilah zamzam!" Dalam mimpinya Abdul Muthalib bertanya: "Apakah itu zamzam?" Kemudian untuk kedua kalinya perintah itu mengatakan bahawa ia diperintahkan untuk menggali zamzam. Belum lama Abdul Muthalib melihat sesuatu   yang   bersembunyi   itu,   sehingga   ia   berdiri   di   tempat   tidurnya   dan hatinya berdebar dengan keras. Abdul Muthalib bangkit, lalu ia membuka pintu khemah kemudian pergi ke gurun yang luas. Apakah erti zamzam? Tiba- tiba fikirannya     dipenuhi    dengan     cahaya    yang    datang    dari   jauh,   bahawa     pasti zamzam   adalah   sebuah   sumur,   tetapi   apa   yang   diinginkan   oleh   suara   yang datang   dalam   tidur   itu   agar   ia   menggali   sumur,   di   sana   tidak   ada   jawapan selain satu jawapan dari pertanyaan ini, yaitu agar orang- orang yang berhaji dan   berkeliling   di   sekitar   Ka'bah   dapat   meminumnya.   Tetapi   apa   nilai   dari sumur     itu   sendiri,   bukankah     di  sana   terdapat     banyak    sumur    yang    dapat diminum oleh orang-orang yang berhaji. Abdul Muthalib duduk di tengah-tengah pasir gurun pada pertengahan malam, ia memikirkan bintang-bintang sembari merenungkan cerita- cerita kuno yang mengatakan   tentang   sumur   yang   memancar   darinya   air   sebagai   akibat   dari pukulan kaki Nabi Ismail as, di sana juga ada cerita yang mengatakan bahawa sumur itu telah binasa sesuai dengan perjalanan zaman. Matahari   terbit   di   atas   gurun   Jazirah   Arab,   Abdul   Muthalib   keluar   menemui orang-orang,      dan    menceritakan      kepada     mereka    bahawa     ia   akan   menggali sebuah sumur di tempat tertentu, ia menunjukkan ke tempat yang di situ ia diberitahu      oleh   suara    yang   ada    dalam    mimpinya.      Orang-    orang    Quraisy menolaknya,       Sesungguhnya       tempat     yang   diisyaratkan     oleh   Abdul    Muthalib terletak di antara dua berhala dari berhala-berhala yang biasa disembah oleh masyarakat setempat, yaitu di antara berhala yang bernama Ashaf dan Nalah. Abdul Muthalib merasa bahawa usahanya sia- sia untuk meyakinkan kaumnya agar mengizinkannya untuk menggali sumur. Mereka mengetahui bahawa Abdul Muthalib tidak mempunyai sesuatu selain hanya seorang anak. bahawasanya ia tidak   memiliki   anak-   anak   yang   dapat   menolong   dan   memperkuatnya   serta melaksanakan keinginan-keinginannya.

Pada   saat   itu   di   kawasan   negeri   Arab   dipenuhi   dengan   kabilah-kabilah   yang terjalin   suatu   ikatan   fanatisme     atau   kesukuan   yang   kuat   dan   usaha   untuk melindungi      keluarga    yang   sangat   menonjol.     Akhirnya    Abdul   Muthalib    pergi dalam   keadaan   sedih,   lalu   ia   berdiri   di   hadapan   Ka'bah   dan   mengungkapkan suatu nazar kepada Allah SWT. Ia berkata: "Jika aku mendapat sepuluh anak laki-laki,    dan   mereka     menginjak      usia  dewasa,     sehingga    mereka     mampu melindungiku saat aku menggali sumur Zamzam, maka aku akan menyembelih salah seorang dari mereka di sisi Ka'bah sebagai bentuk korban." Pintu langit pun terbuka untuk doanya. Belum sampai berlangsung satu tahun, isterinya melahirkan anaknya yang kedua dan setiap tahun ia melahirkan anak laki-laki    sampai    pada    tahun   yang    ke  sembilan,     sehingga    Abdul    Muthalib mempunyai sepuluh anak laki-laki. Kemudian berlalulah zaman dan anak-anak Abdul Muthalib menjadi besar. Abdul     Muthalib    akhirnya     menjadi     seseorang    yang    memiliki     kemampuan. Kemudian   Abdul   Muthalib   berusaha   melakukan   rencananya   yang   diisyaratkan dalam   mimpinya   itu,   yaitu     ia   bersiap-siap   untuk   mengorbankan       salah   satu anaknya      sebagai   bentuk    pelaksanaannya      dari   nazarnya.    Maka    dilakukanlah undian   atas   sepuluh   anaknya,   lalu   keluarlah   nama   anaknya   yang   paling   kecil yaitu Abdullah. Ketika nama anak itu keluar dalam undian, maka orang-orang yang   ada   disekitarnya   berusaha   memberontak,   mereka   mengatakan   bahawa mereka tidak akan membiarkan Abdullah disembelih. Abdullah saat itu terkenal sebagai seseorang yang bersih di kawasan Arab, ia telah    dapat    menarik     simpati   masyarakat      di  sekitarnya.    Ia   tidak   pernah menyakiti seseorang pun. Bahkan ia tidak pernah meninggikan suaranya lebih dari   orang    lain.  Senyuman     khas   Abdullah    terkenal    sebagai   senyuman     yang paling lembut di kawasan Jazirah Arab. Muatan rohaninya demikian jernih, dan hatinya yang mulia menyerupai sebuah kebun di tengah-tengah gurun hati-hati yang keras, oleh kerana itu semua manusia datang kepadanya dan menentang usaha   penyembelihannya.   Para   pembesar   Quraisy   berkata,   "Lebih   baik   kami menyembelih   anak-anak   kami   daripada   ia   harus   disembelih,   dan   menjadikan anak-anak      kami    sebagai    tebusan     baginya.    Kami    tidak   akan    menemukan seseorang     pun   yang   lebih   baik   dari  dia  seandainya     kami   menyembelihnya, pertimbangkanlah   kembali   masalah   itu,   dan   biarkan   kami   bertanya   kepada dukun." Abdul     Muthalib    tampak     tidak    mampu      menghadapi      tekanan     ini,  lalu   ia mempertimbangkan kembali apa yang telah ditetapkannya. Kemudian mereka mendatangi seorang dukun. Si dukun berkata: "Berapakah taruhan yang kalian miliki?"    Mereka      menjawab:       "Sepuluh     ekor    unta."    Dukun      itu   berkata: "Datangkanlah sepuluh unta, lalu lakukanlah kembali undian atasnya dan atas nama   Abdullah,   jika   undian   datang   padanya,   maka   tambahlah   sepuluh   ekor unta   lagi,   lalu   ulangilah   terus   undian   tersebut,   demikian   hingga   tidak   keluar lagi nama Abdullah." Kemudian dilakukanlah undian atas nama Abdullah dan atas sepuluh ekor unta yang besar. Undian itu pun mengeluarkan terus nama Abdullah, hingga Abdul Muthalib   menambah   sepuluh   ekor   unta   lagi,   kemudian   lagi-   lagi   yang   keluar nama Abdullah sehingga mereka pun menambah sepuluh ekor unta lagi sampai jumlah unta itu telah mencapai seratus ekor unta. Setelah itu, datanglah nama unta     tersebut.    Maka    saat   itu,  masyarakat      demikian     gembiranya      sehingga berlinangan      air  mata,    kegembiraan       dari  mereka     kerana    melihat    Abdullah berhasil     diselamatkan.      Kemudian      disembelihlah      seratus   ekor    unta   di  sisi Ka'bah, dan mereka membiarkannya di situ sehingga korban itu tidak disentuh oleh seseorang pun dan juga disentuh oleh binatang-binatang buas. Abdul   Muthalib   sangat   gembira   atas   keselamatan   anaknya,   Abdullah.   Lalu   ia menetapkan        untuk    menikahkannya       dengan     gadis   terbaik    di  Jazirah   Arab, kemudian ia keluar dengannya pada suatu hari dari Ka'bah ke rumah Wahab, dan   di   sana   ia   meminang   untuknya   Aminah   binti   Wahab.   Kemudian   Aminah binti   Wahab   menikah   dengan   Abdullah   bin   Abdul   Muthalib,   seorang   pemuda yang paling mulia dan paling dicintai oleh orang-orang Quraisy. Dinyalakanlah   api-api   di   gunung-gunung   Mekah,   agar   para   musafir   dan   para tamu mengetahui tempat diadakannya acara tersebut, yaitu acara pernikahan antara Abdullah dan Aminah. Lalu disembelihlah haiwan- haiwan korban, dan manusia   dari   kalangan   orang-orang   fakir   bahkan   binatang-binatang   buas   dan burung makan darinya. Abdullah tinggal bersama isterinya dua bulan di rumah pernikahan, hingga suatu hari ada khabar bahawa kafilah akan berangkat, lalu Abdullah   pun   mengikuti   kafilah   tersebut   dan   melakukan   perjalanan   bersama kafilah perdagangan Quraisy menuju   Syam,   itu   adalah   kesempatan   terakhir   yang   diperoleh   Aminah   binti Wahab       bersamanya.       Wajah      Abdullah     yang     mulai    tampak      berseri-seri mengucapkan selamat tinggal kepada Aminah, lalu setelah itu bayang- bayang wajahnya tersembunyi bersama kafilah dan mereka pun hilang. Aminah tidak mengetahui bahawa itu adalah kesempatan terakhirnya setelah dua bulan dari perkawinannya.        Abdullah    mengunjungi      paman-   pamannya   dari       kabilah    bani Najar    di  Madinah,     dan   di  sana   ia  meletakkan      jasadnya    di  muka    bumi,    ia meninggal dunia.

Abdullah bin Abdul Muthalib kini telah meninggal. Saat itu ia berusia dua puluh lima tahun. Khabar kematiannya tiba-tiba tersebar dan sangat memilukan hati orang-orang      yang   mendengarnya,      sehingga    khabar    itu  sampai   ke   isterinya. Aminah      tampak     menangis      tersedu-sedu      dan   ia   tampak     menyampaikan pertanyaan-pertanyaan          pada    dirinya   dan    tidak   mengetahui      jawapannya, mengapa       Allah  SWT    menebusnya      dengan     seratus   unta   jika  kemudian     Dia menetapkan kematian baginya. Tidak lama kemudian, lalu bergeraklah dirahimnya janin dengan gerakan yang sedikit,    ia  tampak     mulai   mengetahui      bahawa     ia   sedang    hamil.   Aminah menangis  dua   kali,   pertama   ia   menangis  untuk  dirinya   sendiri dan   kali ini   ia menangis      untuk    anak    yang   ditinggal    mati   ayahnya     sebelum     ia  sempat dilahirkan.   Aminah   tidak   pernah   mengetahui   sebelumnya   bahawa   janin   yang dikandungnya akan menjadi anak yatim, ayahnya meninggal saat ia dilahirkan. Anak   yatim   ini   harus   menanggung   beban   anak-anak   yatim   dan   orang-   orang fakir serta orang-orang yang sedih di muka bumi. Ia akan menjadi Nabi yang terakhir     dan   rasul-Nya    kepada     manusia.    Ia   akan   menjadi     rahmat    yang dihadiahkan kepada manusia dan tidak akan mengetahui makna rahmat kecuali orang    yang   merasakan      penderitaan     dan   kepahitan.    Inilah  anak   kecil  yang sebelum   dilahirkan   telah   menelan   kesedihan.   Dan   berlalulah   hari   demi   hari, lalu   hilanglah   tangisan   penderitaan   dan   mata   Aminah   pun   telah   mengering, namun kesedihannya tampak menyerupai sebuah pohon yang tumbuh bersama kehausan. Kemudian kesedihannya hari demi hari semakin ia rasakan tetapi kesedihannya itu    mulai    tidak    tampak     ketika    ia   mendapatkan       bahawa      janin   yang dikandungnya       tidaklah    memberatkannya,        sebaliknya    ia  merasakan      betapa ringannya      janin  yang    dikandungnya      bagaikan    merpati    yang   berkeliling    di seputar Ka'bah, dan seandainya kesedihannya yang selalu mengitarinya, maka tidak ada wanita yang lebih bahagia darinya dengan kehamilan yang ringan ini. Janin itu adalah manusia yang mulia di sisi Tuhan, kemudian semakin dekatlah hari kelahirannya. Sementara itu, pasukan Abrahah mendekati Mekah. Abrahah     adalah    seorang    penguasa    Yaman,     yaitu  pada    saat  Yaman     tunduk kepada   Habasyah   setelah   penguasa   Persia   diusir.   Di   Yaman   ia   membangun suatu     gereja   yang    menunjukkan       bangunan      yang   menakjubkan.     

 Abrahah membangunnya dengan niat agar orang-orang Arab berpaling dari Baitul Haram di   Mekah.    Ia  melihat    betapa    orang-   orang    Yaman    tertarik   dengan    rumah tersebut. Dan ketika ia tidak melihat gereja yang dibangunnya memiliki daya tarik   seperti   itu   dan   tidak   mampu   menarik   hati   orang-orang   Arab,   maka   ia berkeinginan   kuat   untuk   menghancurkan   Ka'bah,   sehingga   orang-orang   tidak menuju      ke   Ka'bah   lagi  melainkan     ke   gerejanya.    Demikianlah      akhirnya    ia menyiapkan       pasukan     yang   besar   yang   dipenuhi     dengan    berbagai    senjata, kemudian pasukan itu menuju Ka'bah. Pasukan   Abrahah   terdiri   dari   kelompok   gajah   yang   besar   yang   digunakannya untuk   menghancurkan   Ka'bah.   Gajah-gajah   itu   bagaikan   tank-tank   yang   kita gunakan saat ini. Orang-orang Arab pun mendengar rencana tersebut. Memang orang-orang      Arab   saat   itu  terkenal   sebagai    penyembah      berhala,    meskipun demikian       mereka     sangat     memberikan       penghargaan       dan    penghormatan terhadap   Ka'bah,   kerana   mereka   meyakini   bahawa   mereka   adalah   anak-anak Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as pemelihara Ka'bah. Perjalanan   pasukan   tiba-tiba   dihadang   oleh   seorang   lelaki   yang   mulia   dari penduduk      Yaman     yang   bernama     Dunaher.     Ia  mengajak     kaumnya     dan   dari kalangan orang-orang Arab untuk memerangi Abrahah, sehingga ada beberapa orang yang mengikutinya. Abrahah berhadapan dengan tentera tersebut tetapi pasukan   yang   sedikit   itu   dapat   dengan   mudah dipatahkan   oleh pasukan   kafir yang besar itu. Kemudian Dunaher pun kalah dan menjadi tawanan Abrahah. Pasukan      Abrahah    tersebut    juga   sempat    ditentang    oleh   Nufail   bin   Hubaid al-Aslami,     namun     Abrahah     pun   dapat    mengalahkan      mereka     dan    berhasil menawan Nufail. Kemudian       ketika   Abrahah     melewati     kota   Taif,   menghadaplah       kepadanya beberapa orang tokoh setempat, dan mereka tampak gementar ketakutan dan berkata kepadanya bahawa sesungguhnya 'rumah' yang ditujunya tidak berada di tempat mereka, tetapi berada di Mekah. Hal itu mereka sampaikan dengan maksud   untuk   memalingkannya   dari rumah   berhala   mereka, di   mana   mereka membangun        di   dalamnya     berhala    yang   bernama     Latha    kemudian     mereka mengutus   seseorang   yang   akan   menunjukkan   kepada   Abrahah   letak   Ka'bah. Ketika     Abrahah    berada    di   antara   Taif   dan   Mekah,    ia   mengutus     seorang pemimpin       pasukannya      sehingga    ia   melihat    keadaan     Mekah.     Di  sana    ia merampas banyak harta dari kaum Quraisy dan selain mereka, dan di antara yang dirampasnya adalah dua ratus unta milik Abdul Muthalib bin Hasyim. Saat itu   Abdul   Muthalib    adalah    salah   seorang   pembesar      Quraisy   dan   pemimpin mereka, serta pengawas sumur Zamzam.

Kedatangan       utusan    Abrahah    di   Mekah    telah   menimbulkan       gejolak   pada kabilah-kabilah. Akhirnya kaum Quraisy bergerak, begitu juga kaum Khananah. Kemudian      mereka     mengetahui     bahawa    mereka     tidak  memiliki    kemampuan untuk melawan Abrahah, sehingga mereka membiarkannya, lalu tersebarlah di Jazirah   Arab   berita   tentang   datangnya   pasukan   yang   kuat   yang   sulit   untuk ditandingi.      Dalam     surat   yang     dibawa     oleh    utusannya     itu,   Abrahah menyampaikan   bahawa   ia   tidak   datang   untuk   memerangi   mereka,   namun   ia datang hanya untuk menghancurkan Ka'bah. Jika mereka tidak menentangnya, maka darah mereka tidak akan ditumpahkan. Lalu utusan itu menemui Abdul Muthalib, ia menceritakan tentang keinginan Abrahah. Abdul Muthalib berkata: "Kami tidak ingin memeranginya kerana kami tidak memiliki kekuatan. Ka'bah adalah rumah Allah SWT yang mulia dan suci, dan rumah kekasih-Nya Ibrahim. Jika Ia mencegahnya, maka itu adalah rumah-Nya dan tempat suci-Nya, namun jika Ia membiarkannya, maka demi Allah kami tidak memiliki kekuatan untuk mempertahankannya."          Kemudian     utusan    itu  pergi  bersama     Abdul   Muthalib menuju Abrahah. Abdul Muthalib adalah seseorang yang sangat terpandang dan sangat mulia. Ia memiliki   kewibawaan   dan   kehormatan   yang   mengagumkan.   Ketika   Abrahah melihatnya,       Abrahah     menampakkan        penghormatan       kepadanya.      Abrahah memuliakannya   dan   mendudukannya   di   bawahnya,   ia   tidak   suka   bahawa   ia duduk   bersamanya   di   kursi   kekuasaannya.   Lalu   Abrahah   turun   dari   kerusinya dan   duduk   di   atas   sebuah   permaidani   dan   mendudukkan   Abdul   Muthalib   di sisinya.   Kemudian   ia   berkata   kepada   penerjemahnya:   "Katakan   padanya   apa kebutuhannya?"   Abdul   Muthalib   berkata:   "Kebutuhanku   adalah   agar   Abrahah mengembalikan        dua   ratus   ekor  unta   yang   diambilnya    dariku"   Ketika  Abdul Muthalib     mengatakan      demikian,    wajah    Abrahah    berubah,     lalu  ia  berkata kepada penerjemahnya: "Katakan padanya sungguh aku merasa kagum ketika melihatnya, kemudian aku merasakan kehati-hatian saat berbicara dengannya, apakah engkau berbicara denganku tentang dua ratus ekor unta yang telah aku ambil, lalu engkau membiarkan rumah yang merupakan simbol agamanya dan datuk-datuknya,       yang   aku   datang   untuk    menghancurkannya        dan   dia  tidak menyinggungnya   sama   sekali"  Abdul  Muthalib  menjawab:   "Aku   adalah   pemilik unta, sedangkan pemilik rumah itu adalah Tuhan yang melindunginya." Abrahah berkata:     "Dia   tidak  akan    mampu     melindunginya      dariku."   Abdul    Muthalib menjawab: "Lihat saja nanti!" Selesailah     dialog    antara    Abdul     Muthalib    dan    Abrahah.   

 Abrahah   pun mengembalikan unta yang telah dirampasnya. Abdul Muthalib pergi menemui orang-orang       Quraisy    dan    menceritakan      apa    yang    dialaminya,     dan    ia memerintahkan        mereka    untuk    meninggalkan     Mekah    dan   berlindung    dibalik gua-gua di gunung. Akhirnya kota Mekah dikosongkan oleh pemiliknya. Aminah binti Wahab keluar ke gunung-gunung di dekat kota Mekah kemudian malaikat turun di bumi Jarzirah Arab. Abdul    Muthalib    berdiri   dan   memegangi     pintu   Ka'bah    dan  berdiri   bersama dengan sekelompok orang-orang Quraisy, mereka berdoa kepada Allah SWT dan meminta   perlindungan-Nya,   agar   para   malaikat   memerintahkan   gajah-gajah tidak   melangkahkan   kakinya   sehingga   gajah   itu   pun   tetap   di   tempatnya   dan mentaati perintah para malaikat, kemudian gajah-gajah itu menerima pukulan yang dahsyat namun gajah-gajah itu tetap berdiam di tempatnya, gajah-gajah itu   tampak   gementar   dan   berteriak   tetapi   lagi-lagi   gajah-gajah   itu   menolak untuk bergerak dan tidak bergerak selangkah pun. Abrahah bertanya: "Mengapa pasukan tidak bergerak?" Kemudian dikatakan kepadanya bahawa gajah-gajah menolak      untuk    bergerak.    Abrahah    mengangkat      cemetinya.     Dengan     muka emosi, ia ingin melihat apa yang sebenarnya terjadi dengan gajah-gajahnya. Matahari     saat  itu  bersinar   dan   ia  duduk   di  khemahnya.      Ketika   ia  keluar, matahari     bersembunyi      di  balik  segerombolan     burung.    Abrahah    mengangkat pandangannya ke arah langit. Mula-mula ia membayangkan bahawa ia melihat sekawanan   awan   yang   hitam.   Kemudian   ia   mengamat-   amati   awan   itu.   Dan ternyata   ia   bukan   awan   biasa.   Itu   adalah   sekelompok  burung   yang   menutupi cahaya matahari dan menyerupai awan yang tebal. Burung ababil, burung yang banyak. Gajah-gajah   semakin   berteriak   dengan   kencang   dan   tampak   ketakutan.   Dan rasa    takut   itu  kini  menghinggapi      seluruh   pasukan.     Abrahah    berteriak    di tengah-tengah   pasukannya   agar   gajah   diusahakan   untuk   maju   secara   paksa. Kemudian       terbukalah     salah    satu   jendela     dari   jendela    al-Jahim,     dan burung-burung itu menghujani pasukan dengan batu dari Sijil, yaitu batu yang sama   yang   pernah   dihujankan   kepada   kaum   Nabi   Luth.   Batu   itu   menyerupai bom-bom atom yang digunakan saat ini. Jika Anda membaca buku-buku kuno, maka Anda akan mengetahui bagaimana peristiwa yang menimpa pasukan Abrahah. Anda akan membayangkan bahawa Anda    berada    di  hadapan     suatu   kekuatan    yang   menghancurkan       yang   tidak diketahui asal muasalnya. Dunia mengenali sebahagian darinya setelah empat belas abad dari peristiwa tersebut. Buku-buku itu mengatakan bahawa pasukan itu dihancurkan dengan penghancuran yang dahsyat. Para tentera Abrahah kembali dalam keadaan binasa di mana daging- daging dari   tubuh   mereka   berciciran   di   jalan.   Abrahah   pun   mendapatkan   luka   dan mereka keluar dari tempat itu dalam keadaan dagingnya terpisah satu persatu. Abrahah   pun   terbelah   dadanya   dan   mati.   Kemudian   jasad   para   pasukannya tersebar dan berciciran di bumi, seperti tanaman yang dimakan oleh binatang. Setelah     mendekati     setengah     abad,    turunlah    suatu   surah    di  Mekah    yang menceritakan tentang peristiwa itu: "Apakah   kamu   tidak   memperhatikan   bagaimana   Tuhanmu   telah   bertindak terhadap tentera gajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk   menghancurkan   Ka   'bah)   itu   sia-sia?   Dan   Dia   mengirimkan   kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun yang dimakan (ulat)." (QS. al-Fil: 1-5) Pasukan gajah yang ingin memporak-porandakan Mekah dikalahkan. Kemudian mereka      dihancurkan     dan   Tuhan    pemilik   Ka'bah    berhasil   melindungi    rumah suci-Nya. Perlindungan tersebut bukan sebagai penghormatan bagi orang yang tinggal   di   rumah   itu   dan   bukan   sebagai   bentuk   pengkabulan   doa   kaum   yang menyembah berhala yang memenuhi tempat itu. Allah SWT sebagai Pelindung Ka'bah     memeliharanya        kerana     adanya    hikmah     yang    tinggi;   Allah    SWT menginginkan   sesuatu   bagi   rumah   itu;   Allah   SWT   ingin   melindunginya   agar tempat itu menjadi tempat yang damai bagi manusia dan supaya tempat itu menjadi   pusat   dari   akidah   yang   baru   dan   menjadi   tanah   bebas   yang   aman, yang tidak dikuasai oleh seseorang pun dari luar dan juga tidak didominasi oleh pemerintahan asing yang akan membatasi dakwah. Yang demikian itu kerana di sana   terdapat   rumah   dari   rumah-rumah   di   Mekah   yang   lahir   di   sana   seorang anak    di   mana    ibunya   bernama      Aminah    binti   Wahab    dan   ayahnya     adalah Abdullah,   salah   seorang   tokoh   Arab.   Anak   itu   belum   dilahirkan   dan   belum dapat   tugas   kenabian   dan   ia   belum   memikul   Islam   di   atas   pundaknya   dan belum menjadi rahmat bagi alam semesta. Kemudian datanglah Abrahah yang ingin menghancurkan semua ini tanpa ia mengetahui semua rahsia ini. Tragedi yang menimpa Abrahah adalah kerana bahawa ia berusaha menentang kehendak Ilahi sehingga kehendak Ilahi itu menghancurkannya dengan mukjizat yang mengagumkan. Datanglah banyak burung dengan membawa batu-batuan yang     tidak   didengar     suaranya.     Kemudian      burung-    burung     melemparkan batu-batu   itu   kepada   Abrahah   berserta   tenteranya.

Semua   ini rencana     Ilahi  terhadap    rumah-Nya     dan   agama-Nya      serta  nabi-Nya    sebelum orang   mengetahui   bahawa   Nabi   Islam   telah   bersiap-siap   untuk   meninggalkan tempat tidurnya di perut ibunya dan mulai memasuki kehidupan yang keras di muka bumi. Di   tengah-tengah   kegembiraan   Mekah   kerana   keselamatan   penghuninya   dan selamatnya Ka'bah, Aminah binti Wahab bermimpi: di tengah suatu malam ia menyaksikan dirinya berdiri sendirian di tengah-tengah gurun, dan telah keluar dari dirinya suatu cahaya besar yang menyinari timur dan barat dan terbentang hingga     langit.  Aminah     tiba-tiba   terbangun     dari  tidurnya    namun     ia  tidak mengetahui tafsir dari mimpinya. Berlalulah hari demi hari dari tahun gajah. Dan pada waktu sahur dari malam Senin   hari   kedua   belas   dari   bulan   Rabiul   Awal,   Aminah   melahirkan   seorang anak    kecil   yang   yatim   yang    bernama     Muhammad       bin  Abdillah    bin  Abdul Muthalib, seorang cucu dari Ismail bin Ibrahim bin Adam. Sebelum ia dilahirkan, dunia mati kerana kehausan padanya. Kehausan dunia sangat besar kepada cinta, rahmat, dan keadilan. Sekarang teiah berlalu 600 tahun   dari   kelahiran   al-Masih   dan   orang-orang   Masehi   telah   menjauhi   ajaran cinta,     bahkan    keyakinan-keyakinan        berhalaisme      telah    meresap     kepada sebahagian   kelompok   mereka   dan   kejernihan   ajaran   tauhid   telah   ternodai. Sedangkan      orang-orang     Yahudi   telah   meninggalkan      wasiat-wasiat    Musa    dan mereka kembali menyembah lembu yang terbuat dari emas. Dan setiap orang dari    mereka     lebih   memilih     untuk    memiliki     lembu    emas    yang    khusus. Demikianlah,      berhalaisme      telah   menyerang     di  bumi.    Bumi    dipenuhi    oleh kegelapan.   Akal   disingkirkan   dan   Tuhan   dilupakan   dan   mereka   menyerahkan diri mereka kepada pembohong. Ketika jantung dunia telah terkena kekeringan, maka memancarlah dari timur suatu   mata   air   keimanan   yang   jernih   yang   menjadi   puas   dengannya   separa dunia. Dan mukjizat besar terjadi ketika mata air ini mengeluarkan air yang jernih   dari   jantung   gurun   yang   paling   besar   ketandusannya   di   dunia,   yaitu gurun   jazirah   Arab.   Berkenaan   dengan   penggambaran   masa   tersebut,   dalam hadis yang mulia dikatakan: "Sesungguhnya Allah melihat penduduk bumi lalu Dia murka kepada mereka, baik orang-orang Arab mahupun orang-orang Ajam kecuali sebahagian kecil dari Ahlul kitab." Di    tenda     yang    kasar,    lahirlah    seorang     anak    yatim    yang   bertanggungjawab   untuk   memberikan   minum   kepada   dunia   yang   haus   pada cinta, keadilan, kebebasan, serta kebenaran. Sementara itu, beberapa langkah dari    tempat    kelahirannya     terdapat    berhala-berhala      yang    memenuhi      Baitul 'Athiq dan sekitar Ka'bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail agar menjadi rumah Allah SWT dan Dia disembah di dalamnya dan manusia merasa tenteram   di   dalamnya.   Di   rumah   yang   kuno   ini   -   yang   dibangun   sebelumnya oleh Adam - dipenuhi patung- patung tuhan yang terbuat dari batu dan kayu. Ini   menunjukkan       betapa    akal   orang-orang     Arab    saat   itu  mengalami      titik terendah. Sementara   itu   nun   jauh   di   sana,   tepatnya   di   Yatsrib   atau   Madinah   dipenuhi oleh orang-orang Yahudi yang mereka datang di sana kerana melarikan diri dari penindasan        orang-orang       Romawi.      Mereka      tinggal     di    situ   bagaikan serigala-serigala     di  atas   tanah    yang   tersubur    di  mana    mereka     melakukan monopoli   dalam   perdagangan.   Mereka   membangun   kejayaan   mereka   dengan memanfaatkan orang-orang Arab dan kehairanan mereka terhadap diri mereka sendiri. Para cendekiawan Yahudi memperdagangkan segala sesuatu, dimulai dari emas sampai       Taurat.     Mereka      menyembunyikan          kertas-kertas      darinya     dan menampakkan         sebahagiannya;       mereka     mengubah      kertas-kertas     Taurat    itu untuk   memperkaya   diri   mereka.   Pada   saat   orang-orang   Yahudi   menyembah emas   dan   sangat   lihai   melakukan   persekongkolan,   orang-   orang   Arab   justru menyembah        batu   dan   mereka     pandai    berperang.     Mereka    juga   lihai  dalam membuat syair lalu menggantungkannya di atas tirai-tirai Ka'bah. Orang-orang Arab   hidup   di   bawah   naungan   sistem   kesukuan   di   mana   kepala   suku   adalah pemimpin       dan   nilainya   sebanding     dengan    anak    buahnya,    dan   kemampuan mereka      dalam     berperang.     Dan    keutamaan      seseorang     di   lihat  dari   asal muasalnya serta nilainya juga di lihat dari kefanatikannya serta kebanggaannya kepada   nasab   yang   merupakan   kemuliaannya,   juga   kefanatikannya   terhadap berhala   tertentu   yang   merupakan   agamanya.   Jadi,   segala   bentuk   kemuliaan dan   kewibawaan   tidak   terbentuk   kecuali   dalam   ruang   lingkup   yang   sempit dalam kabilah atau kesukuan. Sedangkan       di  tempat    yang   jauh    dari  Mekah,    Romawi      menyerupai      burung rajawali      yang    lemah,     namun      belum     sampai     kehilangan      kekuatannya. Orang-orang Romawi sangat menyanjung kekuatan. Sedangkan di belahan timur dari utara negeri Arab, orang-orang Persia menyembah api dan air. Api tetap menyala di tempat peribadatan mereka di mana manusia rukuk untuknya. Dan di sana terdapat danau Sawah yang dianggap suci oleh mereka.

Sementara      itu,  Kisra,   raja  kaum    Persia   duduk   di  atas   singgahsananya      dan memberikan keputusan terhadap manusia. Keputusan Kisra selalu didengar dan dilaksanakan.       Tidak    ada   seorang     pun    yang    berani    menentangnya        dan menolaknya.   Orang-orang   Persia   berhasil   mengalahkan   Romawi   dan   Yunani, sehingga     mereka    menjadi     kekuatan    yang   dahsyat    di  muka    bumi.   Meskipun mereka   memiliki   kekuatan   yang   sangat   luar   biasa,   namun   penyembahan   api jelas-jelas    menunjukkan       betapa     bodohnya     mereka     dan    betapa    kekuatan mereka   diliputi   oleh   kebodohan   sehingga   akal   mereka   tercabut   dan   mereka terhalangi untuk  mencapai   kebenaran. Alhasil, kegelapan   semakin  meningkat di   setiap   penjuru   bumi   dan   kehidupan   berubah   menjadi   hutan   yang   lebat   di mana di dalamnya seorang yang kuat akan menyingkirkan seorang yang lemah dan di dalamnya yang menang adalah kebatilan. Di tengah-tengah suasana yang demikian kelam, lahirlah seorang anak di tenda Mekah.   Ketika   anak   tersebut   lahir,   maka   padamlah   api   yang   disembah   oleh kaum Persia dan keringlah danau Sawah yang disucikan oleh manusia, bahkan robohlah   empat   belas   loteng   dari   istana   Kisra.   Dan   syaitan   merasa   bahawa penderitaan yang besar telah merobek-robek hatinya. Ini semua sebagai simbol dimulainya       kehancuran      kejahatan     atau    keburukan      di  muka     bumi     dan terbebasnya   akal   manusia   dari   penyembahan   terhadap   sesama   manusia   atau terhadap      hal-hal    yang    bersifat    khurafat.    Manusia     diajak    hanya    untuk menyembah         kepada    Allah   SWT.    Kelahiran    Rasul    sebagai    bukti   hilangnya kelaliman,   sebagaimana   kelahiran         Nabi   Musa   yang   menunjukkan       kebebasan Bani Israil dari kelaliman Fir'aun. Ajaran     Muhammad        bin  Abdillah    merupakan       ajaran    revolusi   yang    paling meyakinkan dan yang paling penting yang pernah dikenal di dunia; ajaran yang bertugas   untuk   menyelamatkan   dan   membebaskan   akal   dan   materi.   tentera Al-Quran      adalah     tentera    yang     paling    adil   dan    paling    berani    untuk menghancurkan orang-orang yang lalim. Kita akan melihat dalam sejarah Nabi bahawa      kejadian-kejadian       luar   biasa   telah    mengelilingi    Ka'bah    sebelum kelahirannya. Kemudian terjadilah peristiwa luar biasa setelah kelahirannya di mana   terjadilah   peristiwa   pembelahan   dada   pada   saat   beliau   masih   kecil, begitu juga beliau dinaungi oleh awan di waktu kecil, bahkan beliau terkenal pada      saat    masih     kecil    dengan      kecenderungan        untuk     meninggalkan permainan-permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak kecil seusia beliau. Allah   SWT   memberikan   penjagaan   khusus   kepadanya   sehingga   Jibril   as   turun kepadanya dengan membawa wahyu.

Selanjutnya,   mukjizatnya   yang   pertama   adalah   mukjizat   yang   terdapat   pada keperibadiannya         dan     pemikiran-pemikirannya.           Itulah    yang     menjadi mukjizatnya yang terbesar setelah Al-Quran; itu adalah bangunan rohani yang tinggi   di   mana   beliau   mampu   menahan   penderitaan   di   jalan   Allah   SWT.   Dan dalam   menegakkan   kebenaran,   beliau   memikul   berbagai            macam   rintangan. Beliau     melaksanakan      amanat     yang    dikembangnya       secara    sempurna      dan sebaik-baik   mungkin.   Hal   yang   indah   yang   dikatakan   tentang   mukjizat   Nabi setelah    diutusnya    beliau   adalah   bahawa     beliau   tidak  mempunyai       mukjizat selain   usaha   membebaskan   akal:   tanpa   memiliki   kekuatan   luar   biasa   selain membebaskan fikiran, tanpa dalil selain kalimat Allah SWT. Sedangkan      Isa  bin  Maryam     telah   berdakwah     dan   mengajak     manusia    untuk menciptakan       kesamaan,     persaudaraan,      dan   cinta  kasih   di  antara   mereka, namun       Muhammad        saw    diberi   kurnia    untuk     mewujudkan       persamaan, persaudaraan, dan cinta kasih di antara orang-orang mukmin di tengah- tengah kehidupannya dan setelah kehidupannya. Ketika      Nabi    Isa   mampu      menghidupkan        orang-orang      yang    mati     dan mengeluarkan   mereka   dari   kuburan,   Muhammad   bin   Abdillah   menghidupkan orang-orang hidup dari kematian mereka yang tidak pernah mereka sedari. Itu adalah bentuk kematian yang paling berat. Beliau juga mengeluarkan mereka dari kegelapan dan kebodohan menuju cahaya ilmu, dan dari belenggu syirik dan kekufuran menuju dunia tauhid. Sulaiman   sebagai   seorang   Nabi   dan   raja   mampu   memperkerjakan   jin   untuk mengabdi      padanya,     bahkan    mereka    mampu     terbang    beribu-ribu    mil  untuk menghadirkan       singgasana     musuh-musuhnya       agar   mereka     semua    tercengang terhadap   kemampuannya,   sehingga   mereka   masuk   Islam.   Namun   Muhammad saw    justru   mengabdi      kepada    Islam   hanya    sebagai    seorang    tentera   yang sederhana.      Beliau   mengetahui     bahawa     ketika  beliau   lalai  sesaat   saja  dari dakwah di jalan Allah SWT, maka kesempatannya dalam menyebarkan agama Islam akan hilang. Di    saat  terjadi    peristiwa   besar    dalam    peperangan,      tiba-tiba   azan   solat dikumandangkan,   sehingga   para   pasukan   yang   berperang   mengerjakan   solat. Tidak   ada   malaikat   yang   turun   untuk   melindungi   mereka   ketika   solat   atau mencegah       datangnya     anak-anak    panah    dari   punggung     mereka    saat   sujud. kerana itu, hendaklah para pasukan melindungi dirinya sendiri. Para pasukan mukmin      berusaha     solat  secara    bergantian:     sebahagian    mereka     solat   dan sebahagian mereka bertugas untuk menjaga. Allah SWT berfirman: "Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak       mendirikan       solat    bersama-sama        mereka,      maka     hendaklah segolongan dari mereka berdiri (solat) bersertamu dan menyandang senjata, kemudian   apabila   mereka   sujud   (telah   menyempurnakan   serakaat),   maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah   datang   golongan   yang   kedua   yang   belum   bersembahyang,   lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan     menyandang       senjata.    Orang-orang      kafir   ingin   agar   kamu     lengah terhadap      senjatamu     dan   harta   bendamu,      lalu  mereka     menyerbu      kamu dengan sekaligus."(QS. an-Nisa': 102) Selesailah masalah itu dan tidak ada malaikat yang turun untuk melindunginya dan menolongnya. Ini adalah masa kematangan akal dan masa keletihan para nabi    dan   orang-orang    mukmin.     Dan   sesuai   kadar   keletihan    mereka    dalam menyampaikan        ajaran   Islam,   mereka    pun   akan   mendapatkan      balasan    yang besar. Pada   masa   para   nabi   sebelum   Nabi   Muhammad   saw,   mereka   menghadirkan mukjizat-mukjizat kepada kaum mereka saat memulai dakwah, sehingga kaum tersebut     mempercayai        apa   saja   yang    mereka     bawa,     sedangkan      Nabi Muhammad   bin   Abdillah   tidak   menghadirkan   kepada   kaumnya   selain   dirinya dan ketulusannya. Allah   SWT   telah   memutuskan   untuk   melindungi   Musa   dan   memerintahkannya untuk   mengangkat   gunung   di   atas   kaumnya   hingga   mereka   beriman   kepada Taurat,    atau   untuk   menjatuhkan      gunung    tersebut    di  atas  mereka.    Ketika mengetahui       hal   yang    Demikian     itu,  orang-orang      Yahudi    sujud    dengan meletakkan pipi mereka di atas tanah dan mereka mengamati bukit batu yang berada   di   atas   kepala   mereka   yang   diangkat   oleh   tangan   yang   tersembunyi. Sedangkan Nabi Muhammad bin Abdillah tak pernah memaksa seseorang pun. Berimanlah beberapa orang kepadanya dan puaslah beberapa orang kepadanya dan   matilah   bersamanya   orang-orang   yang   mati   dalam   keadaan   puas.   Beliau tidak   membawa   pedang   kecuali   saat   panah   yang   beracun   mendekati   jantung Islam dan mengancamnya.

Dakwah   para   nabi   menuntut   terjadinya   mukjizat   demi   mukjizat.   Ini   kerana masa   kekanak-kanakan   manusia   serta   kelemahan   akal   dan   hilangnya   panca indera menuntut rahmat Allah SWT untuk mendatangkan mukjizat yang sesuai dengan   masa   turunnya   mukjizat   tersebut   dan   budaya   masyarakat   setempat. Adalah   hal   yang   maklum   bahawa   di   tengah-tengah   penduduk   Mekah   saat   itu tidak    terdapat    orang-orang     yang    cerdas   atau   orang-orang     yang    bijak  yang mampu menyerap kata-kata yang baik. Dan kesulitan yang dihadapi oleh Islam adalah bahawa ia tidak diturunkan pada masa ini saja, tetapi Islam diturunkan untuk   setiap   masa.   Allah   SWT   mengetahui   bahawa   manusia   telah   memasuki masa   kematangan   berfikir   yang   mengagumkan,   maka   hikmah-Nya   menuntut bahawa   pernyataan   yang   pertama   kali   disebutkan   dalam   risalah-Nya   adalah "iqra'" (bacalah). Di samping itu, risalah tersebut mengandung pemikiran yang universal,     sistem    yang    membangun,       dan    hukum     yang   mempesona,        serta kebebasan yang diidamkan, dan manusia yang sempurna. Adalah tidak mengurangi kehormatan para nabi sebelum Nabi Muhammad saw di mana mereka tidak diutus di masa-masa kematangan pemikiran, tetapi yang menambah         kehormatan       Nabi   Muhammad         saw   bahawa      beliau    diutus    di tengah-tengah        masa     kematangan        berfikir,   dan     beliau    diutus    sebelum datangnya masa ini. Beliau memikul berbagai lipat cubaan yang pernah dipikul oleh para nabi; beliau berdakwah dengan menanggung berbagai lipat godaan dan cubaan; beliau mengalami seksaan yang pernah dialami oleh semua para nabi; beliau mencintai Allah SWT sebagaimana para nabi mencintai-Nya. Allah SWT memuliakannya ketika beliau mengimami mereka di saat solat pada saat beliau melakukan Isra' dan Mi'raj. Meskipun demikian, ketika beliau keluar pada suatu       hari    menemui        sahabat-sahabatnya           dan     mendapati        mereka mengutamakan   para   nabi   dan   mendahulukannya   atas   mereka,   maka   beliau justru    menampakkan         kemarahan      dan   wajahnya      berubah.     Beliau    berkata: "Janganlah kalian mengutamakan aku atas Yunus bin Mata." Melalui   pernyataan   itu, beliau   berusaha   meletakkan   suatu   pondasi pemikiran yang   harus   dilalui   oleh   kaum   Muslim   di   mana   para   nabi   memang   memiliki darjat   tertentu   di   sisi   Allah   SWT.   Boleh   jadi   ada   nabi   yang   lebih   afdal   atau yang lebih mulia daripada yang lain. Siapakah yang menetapkan hal itu? Tidak ada   seorang   pun   selain   Allah   SWT.   Ada   pun   kaum   Muslim   hendaklah   mereka berhenti     pada    batas    tertentu    yang   seharusnya     mereka     berikan    berkaitan dengan   sopan   santun   terhadap   para   nabi.   Selama   Allah   SWT   menyampaikan selawat     kepada     rasul   sebagai    bentuk     penghormatan       dan    memerintahkan mereka      untuk    menyampaikan        selawat     kepadanya,      dan   selama     Rasulullah seperti nabi-nabi yang lain, maka hendaklah mereka juga berselawat kepada semua nabi tanpa perbezaan, meskipun pada bentuk selawat itu sendiri. Sementara itu, bayi yang mungil itu yang lahir di Mekah bergerak setelah tahun gajah.    Kemudian     berita   tersebar    di  sana   sini  dan   Sampailah    ke   telinga datuknya bahawa cucunya telah dilahirkan. Abdul Muthalib segera menuju ke tempat   itu   dan   membawa   cucunya   yang   yatim   lalu   berkeliling   dengannya   di Ka'bah   sambil   memikirkan   namanya.   Abdul   Muthalib   tidak   merasa   terpukau dengan     nama-nama      yang   mulai   beredar    di  benaknya.     Ia  tampak    bingung menentukan nama yang paling tepat buat cucunya, bahkan kebingungannya itu berlanjutan   sampai   enam   hari,   sehingga   sang   Nabi   di   sunat.   Ketika   malam telah menyelimuti kawasan Mekah, datanglah kepadanya suara yang sama yang dulu    pernah    dilihatnya    dan   didengarnya      yang   memerintahkannya        untuk menggali      zamzam.      Di   tengah-tengah      tidurnya,    suara   itu   membisikkan kepadanya bahawa nama cucunya berasal dari al-Ham, yang berarti Muhammad atau Ahmad. Orang-orang Quraisy bertanya kepada Abdul Muthalib: "Nama apa yang engkau berikan kepada cucumu?" Abdul Muthalib menjawab sambil mengingat bisikan suara yang didengarnya saat mimpi, "Muhammad." Nama tersebut sebenamya tidak   umum   di   kalangan   orang-orang   Jahilliyah.   Mereka   bertanya,   "Mengapa Abdul   Muthalib   tidak   memakai   nama-nama   datuk-datuknya   dan   nama-nama yang biasa dipakai di kalangan mereka." Abdul Muthalib menjawab: "Aku ingin Allah SWT memujinya di langit dan manusia memujinya di bumi." Kami   tidak   mengetahui   dorongan   apa   yang   membuat   Abdul   Muthalib   untuk menyatakan       kalimat   tersebut.    Apakah    kalimat    itu  bersumber     dari  realiti kebanggaan       orang-orang      Arab   yang    popular    atau    berasal    dari   realiti kebanggaan tradisional? Atau, apakah berangkat dari realiti kegembiraan yang dalam dengan kelahiran si cucu, ataukah kalimat itu bersumber dari suasana rohani yang jernih dan bisikan alam ghaib? Tentu kami tidak bisa menjawab. Yang     dapat    kami   ketahui    adalah    bahawa     seseorang     tidak   akan    layak menyandang predikat manusia yang dipuji di bumi dan dipuji oleh Allah SWT di langit seperti predikat yang disandang oleh Muhammad bin Abdillah. Nabi   Muhammad   saw   muncul   ke   alam   wujud   dalam   keadaan   yatim.   Beliau ditinggalkan oleh ayahnya saat beliau masih janin di dalam perut ibunya. Allah SWT berfirman: "Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?" (QS. adh-Dhuha: 6) Allah SWT melindunginya. Orang-orang sufi mengatakan bahawa sebab- sebab kemanusiaan       seperti    adanya    datuknya     Abdul    Muthalib    dan   bagaimana      ia mengasuhnya   dan   melindunginya   tidak   lain   hanya   bentuk   lahiriah   yang   tidak begitu penting, sedangkan bentuk batiniah yang sebenarnya adalah kita berada di   hadapan   manusia   yang   dilindungi   dan   diasuh   oleh   Tuhannya   sejak   masih kecil. Allah SWT mendidiknya saat beliau masih kecil, dan mengujinya dengan keyatiman   saat   beliau   masih   janin   serta   mengujinya   dengan   kelaparan   sejak masih     kecil,  dan   dewasa    dengan    kematian     si  ibu,  saat  beliau   masih   kecil dengan     keterasingan     di  tengah-tengah      keramaian,      dan   dengan    terjaga    di tengah-tengah   tidur   serta   dengan   penderitaan   demi   penderitaan.   Allah   SWT telah menyiapkannya sejak usia dini untuk memikul beban risalah terakhir. Selanjutnya, ibunya seringkali memeluknya lebih dari sebelumnya. Ia melihat bahawa      banyak    dari   wanita-wanita      yang   menyusui     tidak   berkenan     untuk mengasuhnya.   Adalah   sudah   menjadi   tradisi   yang   berkembang   di   Mekah   di mana keluarga-keluarga yang mulia mengirim anaknya ke kawasan dusun agar anak tersebut menyerap dan menghirup udara segar serta memperoleh mainan yang   memadai.   Dan   biasanya   wanita-wanita   yang   menyusui   anak-anak   lebih tertarik menyusui anak- anak dari orang-orang kaya. Namun ketika pemimpin manusia   seorang   yang   fakir,   maka   wanita-wanita   yang   biasa   menyusui   tidak berminat kepadanya. Marilah kita telusuri bagaimana Halimah binti Abi Duaib menceritakan kisahnya bersama anak kecil yang disusuinya: "Saat itu terjadi musim tandus dan kami tidak memiliki sesuatu sehingga aku dan suamiku mengalami kemiskinan yang luar    biasa.    Lalu    kami    menetapkan       keluar    ke    Mekah     dan    menemani wanita-wanita   dari   Bani   Sa'ad.   Kami   semua   mencari   anak-anak   yang   masih menyusu      agar   orang    tua  mereka     dapat   membantu       kami   untuk    memenuhi kebutuhan hidup. Binatang   yang   aku   tunggangi   sangat   lemah   dan   sangat   kurus   yang   itu   semua disebabkan   oleh   kekurangan   makanan.   Bahkan   kami   khawatir   kalau-kalau   ia berhenti   di   tengah   perjalanan   dan   mati.   Dan   kami   tidak   tidur   semalaman kerana melihat kondisi anak kecil yang bersama kami. Ia menangis kerana tidak menemukan   makanan   yang   dapat   dimakannya. Ia   menangis  kerana   kelaparan dan tidak mendapat air susu, baik dari air susuku mahupun air susu unta yang dibawa   oleh   suamiku,   sehingga   kami   tidak   dapat   memuaskan   dahaganya.   Di tengah-tengah       malam,     aku    merasakan     keputusasaan.     

Aku    bertanya-tanya bagaimana aku dapat melakukan sesuatu dalam keadaan yang demikian. Akhirnya,   kami   sampai   di   Mekah.   Sementara   itu,   wanita-wanita   yang   ingin mencari   anak-anak   yang   dapat   mereka   susui   telah   mendahului   kami.   Mereka mengambil       anak-anak    kecil  yang   mereka     sukai,  kecuali   satu   anak,   yaitu Muhammad di mana ayahnya telah meninggal dan ia berasal dari keluarga yang miskin meskipun sebenarnya kedudukannya sangat mulia di antara tokoh-tokoh Quraisy.   Oleh   kerana   itu,   wanita-wanita   enggan   untuk   mengasuhnya.   Namun aku dan suamiku tidak sefaham dengan mereka kerana aku tidak peduli dengan keyatiman   dan   kefakirannya.   Kemudian   aku   malu   untuk   kembali   dan   tidak mengambil bayi yang dapat aku susui kemudian. Di samping itu, aku malu jika mendapat   cercaan   dari   wanita-wanita   itu.   Lalu   aku   merasakan   adanya   kasih sayang yang memenuhi hatiku terhadap anak kecil yang tampan itu yang akan diganggu oleh udara yang kotor." Kisah    tersebut    mengatakan       bahawa     saat   anak-anak     kecil  mendapatkan wanita-wanita yang menyusuinya, maka Muhammad bin Abdillah sedang tidur dalam keadaan lapar di ranjangnya yang kasar, tanpa disusui oleh siapa pun. Suatu   hikmah   yang   tinggi   berkehendak   agar   bayi   yang   masih   menyusui   itu menghadapi dunia dalam keadaan yatim dan dalam keadaan kelaparan agar ia dapat   merasakan   penderitaan   anak-anak   yatim   dan   orang-orang   yang   lapar sebelum ia menyelamatkan mereka. Halimah   mengatakan   bahawa   ia   meyakinkan   suaminya   bahawa   ia   merasakan keinginan     yang   kuat   untuk   mengambil     anak   yatim   ini,  sehingga   suaminya menyetujuinya.       Halimah    tidak  mengetahui     rahsia   keinginannya    yang   samar agar ia kembali untuk mengambil anak yatim yang masih menyusu ini. Ia tidak mengetahui bahawa Allah SWT telah menanamkan rasa cinta kepada anak kecil itu dalam hatinya seperti Allah SWT menanamkan cinta kepada Musa pada hati isteri Fir'aun. Jika Musa menolak wanita-wanita lain untuk menyusuinya kecuali ibunya   setelah   Allah   SWT   mencegahnya   dari   susuan   wanita-wanita   lain   agar ibunya   merasa   bahagia   dan   tidak   bersedih,   maka   Muhammad   bin   Abdillah   - seorang     anak   kecil  yang   masih   menyusu     dan  mulia   -  -justru  ditolak   oleh wanita-wanita      yang   menyusui,    sedangkan     ia  sendiri  tidak   pernah   menolak seseorang pun. Halimah      kembali     kepadanya       dan    ia   memberitahu       bahawa      ia   akan mengasuhnya.       Nabi   Muhammad       saw   adalah    seorang   yang   mulia.    Halimah meletakkan   tangannya   di   dadanya,   sehingga   anak   kecil   itu   tertawa.   Halimah mencium   di   antara   kedua   matanya.   la   meletakkannya   di   kamarnya.   Halimah mengetahui       bahawa     kedua    air  susunya    telah   kering,    namun    tiba-tiba    air susunya     memancar       dengan    keras   sebagai    bentuk    kasih   sayang    dan   tanda kebesaran   dari   Allah   SWT.   Kini   Halimah   pun   dapat   menyusuinya.   Apakah   itu merupakan   hikmah   yang   tinggi   di   mana   anak   kecil   tersebut   merasa   cukup dengan   sesuatu   yang   sedikit?   Ataukah   anak   kecil   itu   sudah   dapat   mendidik dirinya   untuk   zuhud   dan   qanaah      sebelum   ia   mendidik   orang-orang   dewasa tentang pengorbanan dan kesatriaan? Halimah kembali ke gurun Bani Sa'ad dan ia membawa Muhammad bin Abdillah. Belum lama ia menyaksikan tanahnya yang tandus sehingga tiba-tiba kebaikan dunia    terbuka    dan   mekar    di  hadapannya,      di  mana     bumi   dipenuhi    dengan kehijau-hijauan   setelah   mengalami   masa   tandus.   Pohon-pohon   berbuah   dan buah   kurma   tampak   berseri-seri   setelah   sebelumnya   layu,   bahkan   susu-susu binatang pun mulai tampak banyak. Allah SWT memberikan berkah-Nya kepada tempat      tersebut.    Halimah    mengetahui      bahawa     kebaikan     ini  telah   datang bersama kedatangan anak kecil yang diberkahi, sehingga cintanya kepada anak itu semakin bertambah. Bahkan suaminya pun menjadi tawanan cinta yang lain kepada Muhammad saw. Pada suatu hari ia berkata kepada isterinya: "Apakah engkau mengetahui wahai Halimah bahawa engkau telah mengambil seorang anak yang mulia?" Halimah berkata: "Anak kecil itu tidak menangis dan tidak berteriak kecuali ketika ia telanjang." Ketika anak kecil itu gelisah di tengah malam dan tidak tidur, maka Halimah      membawanya        keluar   dari  khemah     dan   ia  berhenti    bersamanya      di bawah sinar bintang. Saat itu anak itu tampak bergembira ketika menyaksikan langit. Setelah kedua   matanya   terpuaskan   oleh   pandangan   ke   arah   langit,   ia pun mulai tidur. Ketika anak itu mencapai tahun yang kedua, maka ia telah disapih, sehingga ibunya     ingin   mengambilnya,        tetapi   Halimah     tidak    kuat   untuk    menahan perpisahan ini. Halimah menjatuhkan dirinya di hadapan kedua kaki sang ibu dan    ia  mulai   menciuminya       dan   ia  meminta     agar   membiarkannya        bersama anaknya   sehingga   anak   itu   benar-benar   kuat   dan   dapat   kembali   menghirup udara     segar   gurun.   Akhirnya,    Rasulullah    saw   tinggal   di  tempat    Bani   Sa'ad sampai   lima   tahun.   Dan   pada   masa   lima   tahun   ini   terjadi   peristiwa   penting yang     terkenal    dengan    peristiwa    pembelahan       dada.    Kehendak     Ilahi   telah menetapkan   kepada   Ruhul   Amin,   yaitu   Jibril   untuk   menemui   Muhammad   bin Abdillah dan membelah dadanya dengan perintah Ilahi serta menyuci hatinya dengan      rahmat     dan   mengeringkannya        dengan     cahaya    dan    mengeluarkan bahagian dunia darinya. Seperti    biasanya    Rasulullah    saw   keluar    pada   suatu   hari   bersama     saudara susuannya       dengan      menunggangi        sekawanan        domba      menuju      tempat penggembalaan.   Di   tengah   hari, saudaranya   berlari-lari dalam   keadaan   takut dan menangis sambil berteriak bahawa Muhammad telah terbunuh. Muhammad diambil   oleh   dua   orang   laki-laki   yang   memakai   baju   yang   putih   lalu   kedua orang itu menelentangkannya dan membelah dadanya. Mendengar hal itu, Halimah sangat kejut dan terpukul. Ia segera pergi sambil berlari mencari Muhammad dan diikuti oleh suaminya yang mengikuti petunjuk anak kecil dari saudara Muhammad. Akhirnya, mereka menemukan Muhammad sedang     duduk    di  atas  tanah    di  mana    wajahnya     tampak    pucat    dan   kedua matanya menyala. Halimah dan suaminya mencium dengan lembut dan mulai menampakkan kasih sayangnya.      Kemudian      mereka     bertanya,     "apa   yang    terjadi?"   Muhammad menjawab:   "Ketika   aku   memperhatikan   domba-domba   yang   sedang   bermain aku   dikejutkan   dengan   kedatangan   dua   orang   yang   memakai   pakaian   yang putih.   Mula-mula   aku   menyangka   bahawa   mereka   adalah   burung   yang   besar, namun ternyata aku salah. Mereka adalah dua orang yang tidak aku kenal yang memakai   pakaian   warna   putih.   Salah   seorang   dari   mereka   berkata   kepada temannya       dengan    menunjuk      ke  arahku,    "Apakah     ini  anaknya?"    Yang    lain menjawab,   "benar."   Aku   merasakan   ketakutan   yang   luar   biasa.   Lalu   mereka mengambilku        dan   menidurkan      aku    serta   membelah      dadaku     dan   mereka mengambil   sesuatu   darinya   hingga   mereka   mendapatinya   dan   membuangnya jauh-jauh. Setelah itu, mereka bersembunyi laksana bayangan." Hadis tersebut diriwayatkan oleh Anas dan juga diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad.   Para   mufasir   berbeza   pendapat   tentang   simbolisme   yang   dalam   ini. Sebahagian   besar   ulama   menakwilkan   peristiwa   tersebut.   Pakar-pakar   klasik, seperti     Qurthubi     berpendapat       bahawa     peristiwa     itu   diisyaratkan     oleh firman-Nya:  "Bukankah   Kami   telah   melapangkan   untukmu   dadamu?.   "   (QS. Alam Nasyrah: 1) Sedangkan   tokoh-tokoh   hadis,   seperti   Ghazali   berpendapat   bahawa   manusia istimewa seperti Muhammad saw tidak mungkin terlepas dari bimbingan Ilahi dan    tidak   mungkin     terkena   waswas     sekecil   apa   pun   yang   biasa   menimpa manusia biasa. Jika suatu kejahatan menjadi suatu gelombang yang memenuhi cakerawala,

maka    di  sana    terdapat    hati  yang    segera   memungutnya        dan terpengaruh dengannya, namun hati para nabi dengan adanya bimbingan Allah SWT tidak akan terpanggil dan tidak terkena arus kejahatan tersebut. Dengan demikian, usaha para nabi terfokus pada peningkatan kemajuan atau ketinggian,     bukan    memerangi      kerendahan.     Diriwayatkan     oleh   Abdillah   bin Mas'ud bahawa Rasulullah saw bersabda: "Tidak ada seseorang di antara kalian kecuali   ia   diawasi   oleh   temannya   dari   kalangan   jin   dan   temannya   dan   dari kalangan     malaikat."    Para   sahabat    berkata:    "Apakah     hal  itu  juga   berlaku kepadamu       wahai     Rasulullah?"    Beliau   menjawab:       "Ya,  tetapi    Allah   SWT membantuku,   sehingga   ia   berserah   diri   dan   tidak   memerintahkan   kepadaku kecuali dalam kebaikan." Begitulah sikap orang-orang yang dahulu dan para ahli hadis berkaitan dengan peristiwa     pembelahan      dada.   Kami    kira  bahawa     kejadian    yang   luar   biasa tersebut berhubungan dengan persiapan Nabi untuk melalui Isra' dan Mi'raj. Ia merupakan perjalanan di mana Rasulullah saw akan menebus alam angkasa dan akan    mencapai      alam   langit.   Kemudian     beliau   akan    melampaui     alam    ini, sehingga sampai di Sidratul Muntaha yang di sana terdapat Janatul Ma'wah. Pandangan tersebut kembali kepada pendapat kami yang mengatakan bahawa peristiwa pembelahan dada berulang lebih dari sekali saat Rasul saw mencapai usia lima puluh tahun. Dan peristiwa pembelahan dada terjadi kedua kalinya pada malam Isra' dan Mi'raj. Bukhari     meriwayatkan       dari   Malik    bin   Sh'asha'a   bahawa     Rasulullah     saw menceritakan kepada mereka peristiwa malam Isra' di mana beliau bersabda: "Ketika aku berada di Hathim - atau beliau berkata di Hijr - saat aku dalam keadaan      antara   tidur  dan   bangun,    maka    seorang   datang    kepadaku     lalu  ia membelah antara ini dan ini. Yaitu antara kerongkongan dan perutnya. Beliau melanjutkan: Lalu ia mengeluarkan hatiku dan membawa mangkok dari emas yang penuh dengan keimanan lalu ia menyuci hatiku. Kemudian diulanginya." Kami     kira   bahawa     pembelahan       dada    merupakan      bentuk     simbolis    yang menunjukkan        kesucian   Rasul   saw   dan   sebagai    bentuk   penyiapannya      untuk melalui Isra' dan Mi'raj. Itu merupakan pemberitahuan dari Ilahi bahawa anak ini akan mencapai suatu kedudukan yang belum pernah dicapai oleh manusia dan   tidak   akan   dicapai   manusia   sesudahnya.   Setelah   peristiwa   pembelahan dada, berubahlah kehidupan anak kecil itu di mana sebahagian besar waktunya digunakan      untuk   merenung     dan   menyendiri.     Dari  roman    wajahnya     tampak keseriusan yang biasanya menghiasi wajah orang-orang dewasa. Berlalulah hari demi hari, tahun demi tahun dan Selesailah masa menetapnya bersama   Halimah   di   dusun   Bani   Sa'ad.   Beliau   sangat   terpengaruh   dan   sangat terkesan     dengan     keadaan     di  sana.    Diriwayatkan     bahawa     beliau    pernah mengingat   masa   kecilnya   di Bani   Sa'ad   dan   beliau   membanggakannya.   Beliau menyebutkan        pengorbanan      mereka     dan   sikap   mereka     yang    baik.   Beliau berkata: "Aku termasuk dari Bani Sa'ad, tanpa bermaksud menyombongkan diri. Jika mereka berhadapan atau menyaksikan salah seorang mereka lapar, maka mereka akan membagi makanan di antara mereka." Kemudian Muhammad bin Abdillah kembali ke Mekah saat usianya lima tahun. Beliau    hidup    beberapa     hari   bersama     ibunya   di   mana    si  ibu  merasakan kesedihan   yang   dalam   atas   kepergian   ayahnya.   Sesuai   janji   untuk   mengingat ayahnya yang telah pergi, Aminah menetapkan untuk mengunjungi kuburannya di Yatsrib. Jarak antara Mekah dan Yatsrib lebih dari lima ratus kilo meter di gurun yang kering yang jauh dari tanda- tanda kehidupan. Anak itu menempuh perjalanan     yang   berat.   Setelah    perjalanan    yang   berat   ini,  Muhammad      bin Abdillah tinggal di tempat paman-paman dari ibunya di Madinah selama satu bulan. Muhammad melihat rumah yang di situ ayahnya meninggal sebelum ia dilahirkan.    Ia  berziarah    bersama     ibunya   ke   kuburan    yang   sederhana     yang ayahnya dikuburkan di dalamnya. Mula-mula fikirannya terfokus pada keadaan yatim sambil ia mulai memperhatikan linangan air mata ibunya yang diam. Selesailah masa satu bulan keberadaannya di sisi paman-pamannya. Kemudian ibunya menemaninya untuk kembali ke Mekah. Kedua anak manusia itu sampai di   pertengahan      jalan.   Muhammad        bin  Abdillah    tidak   mengetahui      rahsia kepucatan      wajah    ibunya.   Lalu  malaikat    maut    turun   di  suatu  tempat     yang bernama       Abwa.    Di   situlah   Aminah    binti   Wahab     telah   bertemu     dengan kekasihnya, Allah SWT. Sang    ibu  meninggal     dan   meninggalkan      anak   satu-satunya    bersama     seorang pembantu. Pembantu itu menampakkan rasa kasihnya terhadap anak kecil yang kehilangan ayahnya saat masih janin dan kehilangan ibunya saat berusia enam tahun.   Muhammad   bin   Abdillah   kini   menjadi   sendiri   dan   ia   dalam   keadaan menangis. Ia mencapai kematangan setelah ia melewati kesedihan kehidupan dan kerasnya kehidupan sebagai anak yatim.

Rasulullah      saw    pernah     ditanya     setelah    masa     diutusnya:     "Bagaimana pandanganmu?" Beliau menjawab: "Pengetahuan adalah modalku. Akal adalah dasar   agamaku.   Cinta   adalah   pondasiku.   Zikrullah   adalah   kesenanganku.   Dan kesedihan adalah temanku." Allah   SWT    telah   menyiramkan      kepadanya     sungai-sungai    kesedihan     sehingga beliau     dapat   memberikan       kepada     manusia     buah    dari  kegembiraan       dan ketulusan. Anak kecil itu kembali ke Mekah dalam keadaan sedih dan ia tampak terpaku. Lalu    Abdul    Muthalib,    datuknya    menampakkan        cinta   yang   luar   biasa   dan penghormatan        padanya.    Setelah   dua   tahun   ketika   Muhammad       bin  Abdillah berusia   delapan   tahun,   maka   meninggallah   salah   satu   benteng   yang   terbaik yang menjaganya, yaitu datuknya Abdul Muthalib. Kemudian anak kecil itu kini merenungi datuknya laksana orang dewasa. Ia tampak tegar seperti layaknya orang dewasa. Kita tidak mengetahui mengapa terjadi demikian. Mengapa hikmah Allah SWT mencegah Nabi yang terakhir untuk mendapatkan kasih sayang seorang ayah, kasih   sayang   seorang   ibu,   dan   bimbingan   seorang   datuk?   Apakah   Allah   SWT ingin    memberi      Nabi   yang    terakhir   suatu    kasih   sayang    dan   cinta    yang semata-mata   bersumber   dari   sisi-Nya?   Apakah   Allah   SWT   ingin   mendidiknya dengan     kesedihan     dan   memberinya      perasaan-perasaan      yang    penuh   dengan penderitaan?   Apakah   Allah   SWT   ingin   membuat   hati   Rasul-Nya   hanya   tertuju kepadanya? Dahulu Allah SWT berkata kepada Musa: "Dan Aku telah memilihmu untuk diri-Ku." (QS. Thaha: 41) Dahulu     Allah  SWT   memberi      khabar   gembira    kepada   Musa   di   dalam   Taurat sebagaimana   Isa   memberi   khabar   gembira   di   dalam   Injil   dengan   kedatangan seorang Nabi setelahnya yang bernama Ahmad. Dan Nabi Musa meminta kepada Tuhannya   agar   memberinya   dan   memberi   umatnya   puncak   keutamaan,   lalu Allah SWT menjawab bahawa Dia telah menetapkan keutamaan ini kepada Nabi yang terakhir Ahmad dan umatnya. Allah   SWT   telah   memilih   Musa   untuk   diri-Nya.   Meskipun   Demikian,   Dia   tidak mencegahnya untuk mendapatkan kasih sayang seorang ibu dan mendidiknya di tengah-tengah   keluarganya.   Namun   Dia   berkehendak   untuk   menjadikan   Nabi yang   terakhir   tercegah   dari   mendapatkan   kasih   sayang   seorang   manusia   dan cinta    seorang    manusia,    sehingga    Nabi   tersebut    hanya   mendapatkan       kasih sayang Ilahi dan cinta Ilahi. Allah SWT berfirman menceritakan tentang keadaan Rasul terakhir: "Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu. Dan   Dia mendapatimu  sebagai   seorang   yang   bingung,   lalu   Dia  memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan        kecukupan.      Adapun     terhadap     anak   yatim,    maka    janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta, maka janganlah kamu mengherdiknya. Dan terhadap nikmat Tuhanmu maha hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur). " (QS. ad-Dhuha: 6- 11) Makna ayat tersebut secara harfiah adalah bahawa beliau dalam keadaan yatim lalu   Allah SWT   melindunginya; beliau   dalam   keadaan   tersesat   lalu   Allah   SWT memberinya         petunjuk;     beliau    dalam     keadaan      fakir   lalu   Allah    SWT memampukannya.            Allah     SWT      melindunginya        dengan      mengasuhnya, membimbingnya, dan mencukupinya. Itu adalah darjat keutamaan yang tidak pernah dicapai oleh seseorang pun di dunia. Setelah   kematian   datuknya,   maka   pamannya   Abu   Thalib   mengasuhnya.   Allah SWT   telah    meletakkan   kecintaan   pada   hati   pamannya,   sehingga         pamannya mengutamakan   Muhammad   saw   daripada   anak-anaknya   dan   memuliakannya serta    menghormatinya,       bahkan    Abu   Thalib   mendudukkannya        di  ranjangnya yang biasa dibentangkannya di hadapan Ka'bah di mana tidak ada seorang pun yang duduk selainnya. Muhammad   bin   Abdillah   hidup   di   jantung   gurun   Mekah   sebagai   seorang   yang memiliki   kesedaran   yang   tinggi   di   antara   kaum   yang   sedang   lalai   dan   kaum yang    mabuk-mabukan        dan    para   penyembah      berhala    serta  para    pedagang minuman       keras    dan    para   syair   dan    orang-orang     yang    berperang      dan tokoh-tokoh kabilah. Muhammad bin Abdillah seorang yang banyak diam dan ketika usianya semakin dewasa, maka ia bertambah banyak diam. Beliau tidak berbicara kecuali jika diajak   seseorang   berbicara;   beliau   tidak   terlibat   dalam   permainan   hura-hura anak-anak      muda;    beliau   merasakan     kesedihan    yang   dalam;    beliau   sering menyendiri dan membuka matanya di hamparan pasir-pasir. Mulutnya terdiam dan    akalnya    berfikir.   Beliau   merenungkan       di  masa    kecilnya    bagaimana kaumnya      bersujud    terhadap    berhala    dan  terpukau     dengannya;     bagaimana orang-orang   berakal   mau   bersujud   kepada   batu-batu   yang   tidak   memberikan mudarat      dan   manfaat    dan   tidak   berbicara    serta  tidak   dapat    melakukan apa-apa. Beliau mewarisi dari datuknya Ibrahim kebencian yang fitri terhadap dunia berhala dan patung. Di    dalam    dirinya   terdapat    penghinaan     yang    besar   terhadap     sembahan- sembahan      dari  batu   ini,  suatu  penghinaan     yang   menjadikannya      tidak  mau mendekat      selama-lamanya      terhadap    patung    tersebut.   Namun     hatinya   yang besar   dipenuhi   dengan   kesedihan   yang   lebih   hebat   dari   kesedihan   datuknya Ibrahim.     Beliau   sedih   kerana   akal   manusia    menyembah       batu   dan   emas, kesombongan serta kekuasaan penguasa; beliau mendengar apa yang dikatakan manusia     dan   mengamat-amati       urusan   kehidupan     dan   keadaan    masyarakat; beliau    juga   menyaksikan     betapa    banyak   pertentangan      dan   perkelahian    di antara   manusia   yang   justru   disebabkan   oleh   masalah-masalah   yang   sepele, sehingga     kehairanan     beliau   semakin    bertambah     dan   sudah    barang    tentu kesedihannya      pun    semakin    dalam.   Tidakkah     manusia    mengetahui     bahawa mereka   akan   mati   seperti   ayahnya,   ibunya,   dan   datuknya?   Mengapa   mereka menimbulkan       pertentangan     ini,  hingga   mereka    mendapatkan       lebih  banyak kejahatan? Ketika usianya semakin bertambah, maka bertambahlah kezuhudannya dalam hidup, dan sepak terjangnya terus bersinar memenuhi penjuru Mekah. Beliau tidak   sama   dengan   seseorang   pun   dari   kalangan   pemuda   saat   itu.   Meskipun kami   kira   bahawa   kesedihannya   disebabkan   oleh   hal-   hal   yang   umum, tetapi beliau   tidak   mengungkapkan   kegelisahan   hatinya   pada   seseorang   pun.   Beliau belum     bertujuan    untuk   memperbaiki      masyarakat    atau   kemanusiaan.     Benar bahawa pertanyaan-pertanyaan kritis timbul dalam benaknya dan ingin segera menemukan jawapan, tetapi akalnya sendiri tidak dapat menemukan jawapan atau jalan keluar. Inilah yang dimaksud dengan makna ayat: "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk." (QS. adh-Dhuha: 7) Yang   dimaksud   ad-Dhalal   (kesesatan)      di   sini  ialah   kebingungan   akal   dalam menafsirkan   kejahatan   dan   usaha   melawannya   kerana   ketiadaan   senjata   dan kecilnya   usia.

Semua    itu  justru   menambah        sikap   diam   anak    kecil   itu  dan menjauhkannya          dari   dunia   yang    akan    mencemari       akal,   sehingga    akalnya selamat dari segala noda dan tetap di bawah naungan kejernihannya. Anak   kecil   itu   tetap   jauh   dari   dosa-dosa   yang   dilakukan   oleh   kaumnya   yang berupa   kecenderungan   untuk   menyembah   berhala   dan   cinta   kekuasaan   dan kebanggaan. Ia selalu mendekat dan lebih mendekat kepada hakikatnya yang suci;   ia   mampu   mempengaruhi   orang   lain   dengan   jiwanya   yang   bersih   dan rahmatnya       atau    kasih   sayangnya     tertuju    kepada    manusia,     bahkan     kepada binatang   dan   burung.   Ketika   ia   duduk   akan   makan   lalu   ada   burung   merpati berkeliling   di   seputar   makanannya   maka   ia   meninggalkan   makanannya   untuk burung   itu.   Pada   saat   orang-orang   memukul   anjing   yang   mendekat   kepada makanan mereka, maka ia justru mencabut suapan yang ada di mulutnya dan memberikannya   pada   anjing,   kucing, anak-anak  kecil, dan   orang-orang   fakir. Bahkan   seringkali   di   waktu   malam   ia   tidur   dalam   keadaan   lapar   kerana   ia memberikan makanannya ke orang lain. Muhammad   saw   adalah   seorang   fakir   yang   harus   bekerja   agar   dapat   makan, maka   beliau   bekerja   sebagai penggembala   kambing, seperti   Nabi   Daud,   Nabi Musa,   dan   nabi-nabi   yang   lain   yang   diutus   oleh   Allah   SWT.   Kemudian   beliau melakukan perjalanan bersama kafilah pamannya Abu Thalib menuju Syam saat beliau berusia tiga belas tahun. Beliau menyaksikan keadaan umat-umat yang lain,   maka   kehairanannya   semakin   bertambah   terhadap   masa   Jahilliyah   ini. Ketika beliau menyaksikan orang-orang tersesat, maka kesedihannya semakin bertambah dan hatinya semakin tersentuh dan fikirannya semakin dalam. Pada   saat   perjalanan   menuju   ke   Syam   ini   terjadi   suatu   peristiwa   terhadap anak     kecil  itu.   Kemungkinan       besar   itu   justru   menambah       kebingungannya. Seorang pendeta yang bernama Buhaira berdiri di jendela rumah yang menjadi tempat peribadatannya di Suria. Tiba-tiba ia memperhatikan suatu awan putih -   tidak   seperti   biasanya   -   yang   menghiasi   langit   yang   biru.   Saat   itu   udara sangat     terang,    sehingga    munculnya       awan    tersebut    sangat    menghairankan. Kemudian   pandangan   Buhaira   yang   tertuju   ke   langit,   kini tertuju   ke   bumi di mana   ia   mendapati   awan   itu   menyerupai   burung   yang   putih   yang   menaungi kafilah kecil yang menuju ke arah utara. Buhaira memperhatikan bahawa awan tersebut mengikuti kafilah. Jantung      Buhaira     berdebar     dengan      keras   kerana     ia   mengetahui       melalui buku-buku   peninggalan   kaum   Masehi   yang   otentik   bahawa   seorang   nabi   akan muncul ke dunia setelah Isa. Sifat dan khabar nabi tersebut diceritakan dalam buku-buku       kuno.   Buhaira    segera    meninggalkan      tempatnya,      lalu  ia  segera memerintahkan untuk menyiapkan makanan yang besar. Kemudian ia mengutus seseorang   untuk   menemui   kafilah   tersebut   dan   mengundang   mereka   untuk jamuan makan. Salah seorang mereka berkata dengan nada bercanda kepada Buhaira:   "Demi   Lata   dan   'Uzza,   engkau   hari   ini   tampak   lain   wahai   Buhaira. Engkau   tidak   pernah   melakukan   demikian   kepada   kami,   padahal   kami   telah melewati      dan   singgah    di  tempat    ini  lebih   dari  sekali.   Ada   peristiwa    apa gerangan wahai Buhaira?" Buhaira   menjawab:   "Hari   ini   kalian   adalah   tamu-tamuku."   Pertanyaan   orang tersebut   tidak   dijawab   dengan   terang-terangan.   Ia   sengaja   menghindarinya dan    tidak   menyingkapkan        rahsia   kemuliaan     yang   datangnya     tiba-tiba    ini. Buhaira memberi makan mereka dan mulai memperhatikan di antara mereka adanya      seseorang     yang    memiliki     tanda-     tanda    yang    dibacanya      dalam kitab-kitabnya yang kuno tentang seorang rasul yang ditunggu. Namun ia tidak menemukannya,   hingga   ia   bertanya   kepada   mereka:   "Wahai   kaum   Quraisy, apakah      ada   seseorang     yang   tidak   hadir   bersama      jamuanku     ini?"  Mereka menjawab:        "Benar,   ada    seseorang     yang   tidak   ikut   bersama     kami.    Kami meninggalkannya kerana ia masih kecil." Buhaira berkata: "Sungguh aku telah mengundang        kamu    semua.     Panggillah    ia  supaya    hadir   bersama     kami    dan memakan makanan ini." Salah seorang lelaki dari kaum Quraisy berkata: "Demi Lata dan 'Uzza, sungguh tercela bagi kami untuk meninggalkan Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muthalib dari jamuan yang kami diundang di dalamnya. Pamannya meminta maaf kerana Muhammad masih kecil, kemudian sebahagian mereka      berdiri   dan    menghadirkannya.        Belum     lama   Buhaira     memandangi kejernihan   dua   mata   Muhammad,   sehingga   ia   mengetahui   bahawa   ia   telah mendekati   tujuannya.   Buhairah   terpaku   ketika   memandangi   Muhammad   bin Abdillah sehingga kaum selesai makan dan mereka berpisah. Muhammad         bin   Abdillah    duduk     sendirian.    Buhaira    menghampirinya        dan berkata: "Wahai anak kecil, demi kedudukan Lata dan 'Uzza, sudikah kiranya engkau memberitahu aku terhadap apa yang aku tanyakan kepadamu?" Buhaira ingin   mengetahui   sikap   anak   ini   terhadap   berhala   kaumnya.   Anak   kecil   itu menjawab: "Jangan engkau bertanya kepadaku tentang Lata dan 'Uzza. Demi Allah,   tidak   ada   sesuatu   yang   lebih   aku   benci   daripada   keduanya."   Buhaira berkata:     "Dengan    izin  Allah   aku   ingin  bertanya    kepadamu."   Anak      kecil   itu menjawab: "Tanyalah apa saja yang terlintas di benakmu."

Buhaira bertanya kepada anak kecil itu tentang keluarganya, kedudukannya di tengah-tengah        kaumnya,      mimpinya      dan   pendapat-      pendapatnya.       Dialog tersebut   terjadi   jauh   dari   pantauan   kaum   kerana   mereka   tidak   akan   diam ketika    mendengar      bahawa     Muhammad       membenci      berhala-berhala      mereka. Kemudian Muhammad menjawab pertanyaan-pertanyaan Buhaira dengan yakin, hingga membuat Buhaira mantap bahawa ia sekarang duduk bersama seorang Nabi   yang   khabar   berita   gembiranya   disampaikan   oleh   Nabi   Isa   sebagaimana disampaikan oleh nabi-nabi dari kaum Israil dari kaum Nabi Musa. Setelah itu, ia bangkit meninggalkan anak kecil itu dan menuju ke Abu Thalib ia bertanya tentang kedudukan anak kecil itu di sisinya. Abu Thalib menjawab: "Ia adalah anakku."   Buhaira   berkata:   "Tidak   mungkin   ayahnya   masih   hidup."   Abu   Thalib berkata:   "Benar.   Ia   anak   saudaraku.   Ayahnya   dan   ibunya   telah   meninggal." Buhaira berkata: "Engkau benar, kembalilah kamu ke negerimu dan hati-hatilah dari kaum Yahudi." Abu Thalib bertanya tentang rahsia dari apa yang dikatakan oleh   pendeta   itu.   Pendeta   itu   mulai   mengetahui   bahawa   ia   telah   berbicara lebih    dari  yang   semestinya.     Lalu  ia  berkata:    "Ia  akan  memiliki    kedudukan tertentu."  Buhaira   tidak   menjelaskan   lebih dari itu   dan   ia   tidak   menentukan kedudukan yang dimaksud. Lalu   berlalulah   peristiwa   tersebut   tanpa   terlintas   dari   benak   seseorang   atau tanpa menggugah kesedaran di antara mereka. Kisah tersebut tidak membawa pengaruh   berarti   bagi   kafilah   atau   kepada   Nabi   sendiri.   Kafilah   menganggap bahawa       penghormatan        pendeta     kepada      Muhammad        bin   Abdillah     dan memberitahunya akan kedudukan yang akan disandangnya adalah semata-mata basa-basi yang biasa diucapkan di atas meja makan ketika para tamu memuji kedermawanan tuan rumah. Dan sebagai balasannya, orang yang mengundang akan   memuji   akhlak   para   pemuda   mereka.   Alhasil,   peristiwa   tersebut   tidak membawa         pengaruh      apa    pun,    baik    bagi    Muhammad        mahupun       bagi sahabat-sahabat   yang   ikut   dalam   kafilah,   sehingga   mereka   tidak   mengetahui rahsia   perkataan   pendeta   dan   mereka   tidak   menyebarkan   pembicaraan   yang mereka dengar darinya. Peristiwa itu tersembunyi meskipun ia sungguh sangat membingungkan Muhammad. Apa   gerangan   yang   terjadi   antara   dirinya   dan   orang-orang   Yahudi,   sehingga pendeta perlu mengingatkan pamannya dari ancaman mereka? Apa kedudukan yang akan dikembangnya seperti yang diceritakan oleh pendeta itu? Dan apa hubungan       semua    ini  dengan     kesedihan-     kesedihannya      yang    dalam    serta kebingungannya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sedikit demi sedikit berputar di   benaknya.   Kemudian   seperti   biasanya   kafilah   tersebut   kembali   ke   Mekah. Muhammad kembali menuju keterasingannya. Ia memperhatikan keadaan alam di sekitarnya. Kemudian ia melihat kembali penderitaannya; ia berusaha untuk mendapatkan kehidupannya; ia mengabdi kepada manusia dan mengorbankan apa saja demi kemuliaan mereka. Hari demi hari berlalu. Muhammad saw tampil dengan pakaian ketulusan kasih sayang,   dan   amanah   serat   cinta,   sebagaimana   pelita   dipenuhi   oleh   cahaya, sehingga kejujurannya terkenal di tengah-tengah kaumnya. Bahkan kejujuran dan    amanatnya      tidak   bakal   diragukan     oleh   seseorang    pun    dari  penduduk Mekah.     Dan   ketika   beliau    datang   dengan     membawa       risalahnya   dan   beliau ditentang      majoriti    masyarakatnya,       namun     tak   seorang    pun    yang   berani meragukan kejujurannya. Mereka hanya menuduh bahawa ia terkena sihir atau kesedarannya telah hilang. Pada   tahun   ketiga   belas   dari   masa   kenabian,   ketika   semua   kabilah   sepakat untuk   membunuhnya   dan   mengucurkan   darahnya   di   antara   para   kabilah   dan mereka      mengepung      rumahnya,      maka    di  saat   situasi  yang    sulit  ini  beliau menetapkan   untuk   berhijrah.   Tetapi   sebelumnya   beliau   mewasiatkan   kepada Ali   bin   Abi   Thalib,   anak   pamannya   untuk   tetap   tinggal   di   rumahnya   agar   ia dapat mengembalikan amanat yang dititipkan oleh semua musuhnya dan para sahabatnya. Ini beliau maksudkan agar Ali dapat menyerahkan amanat tersebut di   waktu    pagi   kepada    para   pemiliknya.     Anda    dapat   melihat    betapa     para musuhnya merasa aman terhadap harta mereka ketika dijaga oleh Muhammad saw. Hari    demi   hari   berlalu   dan   tahun    demi   tahun    pun   lewat.   Sementara      itu, kesucian   dan   kejujuran   Muhammad   saw   semakin   meningkat.   Dan   di   tengah lautan      keheningan      yang     mencekam,        ketika    Muhammad         bin   Abdillah menyebarkan   layar   perahunya   yang   putih,   maka   ia   harus   menemui   hakikat azali yang bertemu dengan-nya semua nabi dan rasul. Muhammad bin Abdillah mengetahui       bahawa     alam   yang    besar   ini  mempunyai      Tuhan    Pengatur     dan Pencipta; Tuhan yang Maha Satu dan yang tiada tuhan selain-Nya. Muhammad        dijauhkan     dari   suasana    kenikmatan      dan   foya-foya    yang    biasa dilakukan      oleh    para     pemuda      seusianya.     Dan     ketika    pemuda      Mekah berbangga-bangga dengan banyaknya minuman keras yang mereka minum dan banyaknya       bait-bait    syair   yang    mereka     katakan     tentang    wanita,     maka Muhammad bin Abdillah telah menemukan jati dirinya di suatu gua yang tenang di   gunung   yang   besar.   Ia   memilih   untuk   menghabiskan   waktunya   di   dalam keheningan gua tersebut. Ia merenung dengan hatinya tentang keadaan alam; ia   memikirkan      keagungan      rahsia-rahsianya     dan    rahmat    Penciptanya      serta kebesaran-Nya.

Pada tahun yang kedua puluh lima, beliau mengenal Ummul Mu'minin, isterinya yang   pertama,   yaitu   Khadijah   binti   Khuwailid   yang   saat   itu   berusia   empat puluh tahun. Khadijah adalah wanita yang mulia dan mempunyai cukup harta. Ia berdagang dan suaminya telah meninggal. Banyak orang yang mendekatinya dengan alasan untuk mendapatkan kekayaannya. Khadijah mencari seseorang laki-laki yang dapat membawa harta dagangannya menuju Syam, lalu Khadijah mendengar berita yang cukup banyak berkenaan dengan kejujuran dan amanat serta     kesucian    Muhammad        bin   Abdilah.    Akhirnya,     Khadijah     mengutus Muhammad   saw   untuk   membawa   barang   dagangannya.   Muhammad   saw   pergi dalam perjalanannya yang kedua ke Syam saat beliau berusia dua puluh lima tahun. Allah SWT   memberkati   perjalanannya   di mana   beliau   kembali   dengan membawa        keuntungan      yang    berlipat   ganda    yang    diserahkannya      kepada Khadijah. Muhammad saw tidak peduli dengan harta Khadijah dan tidak peduli kepada     kecantikannya;     Muhammad       saw   hanya   memandang       kemuliaan     yang dipegangnya.        Kemudian      Khadijah     merasakan       getaran     cinta   terhadap Muhammad        saw.   Dan   Akhirnya,   ia  mengutarakan      keinginan    untuk   menikah dengannya, hingga Muhammad saw pun setuju. Paman   Muhammad saw, Abu   Thalib berdiri dan   menyampaikan   khutbah   pada saat    perayaan    perkawinannya:       Muhammad       saw   tidak   dapat   dibandingkan dengan seorang pun dari kaum Quraisy kerana ia adalah seorang yang mulia, baik dari sisi akal mahupun rohani. Meskipun ia seorang yang fakir namun harta adalah naungan yang akan hilang dan benda yang bersifat sementara. Setelah menikah, Muhammad saw justru mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk merenung dan menyendiri serta beribadah. Kemudian kehidupan yang   dijalaninya   justru   meningkatkan   kemuliaannya,   sehingga   keutamaannya tersebar di sana sini. Beliau tidak pernah terlibat dalam pergelutan yang keras untuk   memperebutkan   materi-materi   dunia.   Beliau   selalu   menggunakan   akal sehatnya   daripada   terlibat   dalam   kesesatan   mereka   dan   kegelapan   berhala yang     menyelimuti     banyak     orang   pada    saat   itu.  Kemudian      usianya    kini mendekati empat puluh tahun. Setelah     merasakan     kesunyian     di  tengah-tengah      masyarakat,     beliau   lebih memilih   untuk   menjauh   dari   mereka.   Beliau   mencari-cari   hakikat,   sehingga Allah   SWT   membimbingnya   untuk   menyendiri   di   gua   Hira.  

0 comments:

Posting Komentar